Motif Lantai untuk Carport


lantai carport
Carport biasanya terletak di luar garasi dan digunakan untuk memarkir mobil . Ada juga sih rumah yang tidak memiliki garasi..jadi hanya carport yang tersedia. Rumah tanpa garasi menurut saya sudah cukup memadai kok, kecuali anda memiliki luas lahan berlebih ya..itu lain cerita.
 
Carport pun kadang akhirnya tampil seperti garasi, ditutup atau dan diberi pembatas. Gunanya tiada lain untuk melindungi mobil dari terik matahari dan hujan supaya mobil tidak cepat kusam . Bila anda melakukan dua hal ini , pertimbangkan keselarasannya dengan tampak rumah ya? Sayang kan rumahnya sudah bagus, carportnnya dibuat asal-asalan...:) Banyak loh kejadian seperti ini..

Yang harus anda ingat pastikan tanah dibawahnya sudah dipadatkan dengan seksama. Carport akan 'memikul' beban mobil setiap hari, bila tanah tidak padat lama-kelamaan permukaannya akan turun dan bergelombang . Lalu apa sih yang biasanya digunakan untuk lantai carport? Material apa yang biasa dipakai? Di bawah ini adalah beberapa pilihannya:

1. Keramik
                                                                                                           
Keramik merupakan bahan untuk pelapis lantai yang populer saat ini . Disamping harga yang terjangkau , keramik tersedia dalam berbagai motif dan desain . Ada sedikit perbedaan penggunaan keramik untuk interior dan eksterior . Pada eksterior rumah , khususnya pada lantai carport sebaiknya gunakan keramik khusus untuk menanggung beban berat. Biasanya produsen keramik punya koleksi dengan seri tersendiri .


Selain itu keramik dengan pemakaian khusus untuk carport biasanya bertekstur , itu bertujuan agar lantai tidak licin dan ban kendaraan anda tidak mengalami slip . Untuk masalah tektur dan motif keramik anda bisa langsung memperoleh dengan mudah di toko - toko material kesayangan anda . 

lantai carport

2. Granit Bakar
                                                                                                              
Pada dasarnya granit merupakan batuan alam jadi cocok digunakan untuk carport, tapi ya harganya mahal dan rasanya sayang ya? Mending buat ruang dalam aja. Bila menggunakan granit pilih yang bertekstur supaya tidak licin,granit yang bertekstur bisa di sebut granit bakar setelah melalui proses pembakaran.


lantai granit


3. Batu Alam
                                                                                                         
Batu alam potong atau batu alam pecah sama-sama bagus untuk digunakan pada carport. Anda bisa menggunakan batu yang mempunyai ukuran seperti keramik. Motif dan jenis dari batu alam juga semakin mengalami peningkatan dari waktu ke waktu .




4. Taburan batu sikat
                                                                                            
Batu kerikil berukuran kecil dan aneka warna, biasanya berbentuk bundar atau lonjong disebut batu sikat. Batu ini bisa dikombinasikan dengan material lain seperti keramik atau batu alam atau dibuat pola tertentu agar kelihatan lebih artistik. Proses pemasangan batu sikat memang agak sedikit rumit , pertama anda harus membuat pola dengan pembatas dengan menggunakan bahan pilihan anda . Setelah itu taburkan batu sikat di tengah pola tersebut hingga merata . 

Setelah agak mengering anda bisa membersihkan batu dengan menggunakan sikat kawat . Taburkan sedikit semen kering atau pasir halus untuk membantu mempercepat proses pengeringan dan jangan lupa untuk menyikat batu sampai bersih . Oleh karenanya batu ini di sebut batu sikat .

lantai batu sikat


5. Plesteran
                                                                                                           
Bahan yang paling murah dan hemat dari berbagai bahan di atas tentunya adalah lantai plaster. Untuk menghemat dana kadang carport cukup dibuat dengan lapisan semen saja lalu dibuat kasar atau plesteran tadi dibentuk jadi pola atau bentuk tertentu agar lebih menarik. Di samping harga yang sangat terjangkau lantai seperti ini akan menghasilkan pola yang benar - benar sesuai selera anda .

lantai carport

Lihat Juga : Lantai Dekoratif 

6. Grass Block dan Paving Block
                                                                                            
Gunakan grass block bila ingin carport Anda hijau dan masih bisa mengalirkan air ke dalam tanah. Sebelum menggunakan kedua material ini, pastikan tanah dibawahnya sudah dipadatkan dengan seksama.Bisa dibilang kedua material ini adalah material yang ramah lingkungan. Namun bila Anda sering mencuci mobil menggunakan sabun pembersih di atas carport ada baiknya pilihan ini dipertimbangkan lagi ya. Alih-alih ikut menyumbang kandungan air tanah, Anda malah mengirim 'racun' ke dalam tanah.



Silahkan anda tentukan pilihan sesuai selera dan desain rumah idaman anda ./

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...