Arsitektur Perspektif di Dunia


Seni rancang bangun modern di berbagai kota besar dunia hadir dengan bentuk-bentuk yang spektakuler.Keindahan seni dapat di interprestasikan dalam bentuk apa saja ; rancangan gedung salah satunya.Seiring gaya hidup modern dan industri seni rupa yang makin dinamis,para arsitek pun ikut berlomba -lomba menghadirkan karya arsitektur yang tak hanya fungsional, namun juga memiliki nilai estetis yang mengagumkan.Berikut adalah beberapa bangunan di dunia yang unik dan memiliki nilai seni yang tinggi:

1. Metropol Parasol

Jika paris memiliki menara eiffel,Seville Metropol Parasol.Bangunan yang menjadi bangunan berstruktur kayu terbesar di dunia yang telah di akui sebagai salah satu city landmark di spanyol . Metropol Parasol yang berstruktur layaknya waffle ini di bangun pada 2011 lalu,berlokasi di plaza de la encarnacion .Di desain oleh arsirek jerman J.Mayer-Hermann . Metropol Parasol menjadi ikon baru kota seville . Berkat bangunan ini juga , seville semakin di apresiasi publik sebagai destinasi kebudayaan yang multi-kultural.

Metropol Parasol di rancang dengan panel kayu yang seling terjalin dan di perkuat dengan baja, membentuk kanopi (parasol) berbentuk jamur sebanyak 6 buah.Metropol Parasol bisa memanjakan mata dengan panorama yang fantastis dan kreatif.

Metropol Parasol di fungsikan sebagai pusat kegiatan sosial ,kebudayaan,musium arkeologi,pusat perbelanjaan,juga plaza . Pada malam hari para pengunjung dapat menikmati indahnya panorama tatanan lampu yang strategis kota seville.
 
Metropol Parasol


2. Garden By The Bay

Singapura juga menghadirkan city landmark yang memukau dari Esplanade Theatres on the Bay, berupa bangunan parabolik yang di fungsikan sebagai konservatorium botani , dengan nama Garden by the Bay.Terletak di distrik marina bay seluas 101 hektar , bukan saja menikmati aneka flora yang ada di dalamnya , tapi juga desain bangunan yang istimewa.

karena di fungsikan sebagai rumah kaca terbesar di dunia , struktur bangunan ini di rancang berbentuk kurvalinier dengan memperhatikan faktor sustainability sebagai fokus utama.Kerangka atapnya di susun sedemikian rupa sehingga banyaknya sinar matahari yang masuk dapat di serap secara optimal.

Di nobatkan sebagai building of the year pada tahun 2012oleh world Architectural Festival struktur Garden by the Bay yang di rancang oleh arsitek inggris , Wilkinson Eye, dengan menggunakan kaca dan baja ini sekaligus dapat mereplikasi iklim yang di perlukan oleh flora yang ada di dalamnya.Karena itulah sebanyak 250 ribu lebih tanaman langka dari penjuru dunia dapat tumbuh dalam konservatorium ini.

Garden by the BayGarden by the Bay


 3. Cloud Gate

Chicago merupakan satu kota metropolitan amerika serikat yang menarik turis untuk datang mengunjunginya tiap tahun. Chicago adalah kota yang unik, khususnya dari segi arsitektur. Keunikan tersebut timbul dari bangunan bangunan modern yang berpadu dengan gaya arsitektur klasik. Di Chicago, terdapat begitu banyak landmark yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Cloud gate yang terletak di dalam Millenium Park.

Strutur Cloud Gate terbuat dari ratusan pasang stainless steel yang di gabung menjadi satu ,dan di rancang oleh arsitek inggris , Anish Kapoor.Keunikannya terletak pada bentunya yang menyerupai kacang.Keunikan lainnya adalah refleksi panorama kota chicago pada Cloud Gate.

Cloud Gate


4. Absolute World
 
Kanada boleh berbangga hati dengan banguna peancakar langit yang di dirikan di Mssissauga,Ontario tahun 2012.Kondo kembar Absolute World atau di kenal dengan Tower Marilyn Monrow merupakan bangunan residensial dengan profil yang unik.

Bukan karena ketinggiannya saja yang membuat bagunan ini menakjubkan,namun juga kesan sensual , dari bentuk dan materialyang di gunakannya.Absolute Word di desain berbentuk kurva dan lengkungan dengan material serba kaca.

Adalah MAD Architect,tim arsitek dari beijing yang menjadi pihak yang paling punya andil dalam konsep kondominium ini.

Absolute WorldAbsolute World

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...