Masjid Bawah Tanah di Dunia

Masjid merupakan bangunan yang di jadikan tempat ibadah umat muslim . Berbagai desain arsitektur di perlihatkan pada ribuan masjid di dunia bahkan benyak yang menjadi inspirasi bangunan lainya . Keindahan sebuah masjid memang tergolong khas dan unik , dengan bentuk kubah di atasnya dan juga menara yang menjulang tinggi menjadikan bangunan tersebut sangat bersahaja .

Sebuah bangunan pasti pada umumnya pasti berada di atas permukaan tanah sehingga mudah terlihat keindahannya . Namun di sini Rumah Idamanku akan memberikan keindahan arsitektur islam melalui masjid bawah tanah di dunia .

Sudah pasti masjid yang di bangun di bawah tanah akan menghasilkan desain unik dan juga menakjubkan . Konstruksi harus benar- benar kuat dan sistimatis . Ok ... mari kita simak bersama - sama beberapa masjid bawah tanah di dunia yang luar biasa .

Masjid Bawah Tanah di Turki 


Merupakan masjid bawah tanah pertama yang di bangun di turki yang terletak di buyukcekmece , istanbul , turki . Masjid tersebut tercipta dari inspirasi gua hira dan di beri nama Sancaklar . Di bangun oleh arsitek turki Emre Arolat berada 7 meter di bawah permukaan tanah dan telah memenangkan penghargaan dalam kompetisi arsitektur dunia kategori tempat ibadah .

Untuk melihat keindahan dari masjid bawah tanah turki silahkan anda lihat di sini .

Masjid Ashabul Kahfi - Tuban - Jawa Timur


Bukan hanya turki yang memiliki masjid bawah tanah , di indonesia , tepatnya di daerah tuban - jawa timur terdapat sebuah masjid yang berada di dalam perut bumi . Masjid tersebut di beri nama Masjid Ashabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi . Masjid tersebut hanya terlihat kubah yang berada di atas tanah seperti gambar di atas dan juga dari papan nama yang dapat di lihat dengan jelas oleh siapapun yang melintasi tempat tersebut .

Di bangun oleh KH . Subhan yang sekaligus desainer dan arsitek dari masjid tersebut , bangunan ini terlihat sangat unik ketika anda masuk ke dalamnya . Mulai dari luar anda akan melihat sebuah gapura unik dengan ornamen kaligrafi arab yang di kolaborasikan dengan aksara jawa . Lalu anda akan melalui sebuah tangga untuk memasuki area masjid yang megah tersebut .

Setelah sampai ke dalam masjid ashabul kahfi , anda akan di suguhi pemandangan arsitektur yang menakjubkan layaknya bangunan masjid di daerah arab . Dengan dominasi kaligrafi arab dan juga pilar - pilar berbentuk lingkaran dan juga lengkungan - lengkungan yang sangat indah .

Masjid Bawah Laut - Arab


Masjid ini merupakan bangunan masjid bawah laut pertama di dunia . Bangunan masjid tersebut tergolong sangat sederhan dan tidak seperti bangunan masjid pada umumnya . Masjid bawah laut yang di ciptakan oleh sekelompok penyelam arab saudi tersebut di bangun dengan rangkaian pipa yang di isi dengan pasir .

Masjid bawah laut tersebut berada di daerah barat laut pesisir kota tabuk , dekat dengan perbatasan yordania .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...