Macam-Macam Lantai Untuk Rumah



lantai untuk rumah


   Di dalam Rumah Idaman , lantai merupakan salah satu unsur pembentuk rumah dan menentukan identitas suatu rumah. Jenisnya pun sangat beragam dengan harga yang beragam pula sesuai dengan desain dan kebutuhan. Memilih warna untuk lantai rumah jauh lebih mudah dibandingkan memilih warna untuk interior dan eksterior rumah. Hal ini disebabkan karena warna dinding dapat memberikan suasana yang lebih ekstrim dibandingkan jenis atau corak lantai.
 
   Bahan lantai yang banyak digunakan sekarang ini adalah bahan keramik.Selain keramik, ada bahan lantai yang menggunakan batu alam seperti granit atau marmer. Dengan menggunakan batu alam lantai rumah akan terkesan lebih mewah. Sedangkan untuk membuat suasana ruangan terasa lebih hangat, bahan yang bisa digunakan adalah kayu dan parket. Selain dari bahan – bahan tersebut, ada bahan lain yang bisa digunakan diantaranya adalah vinyl, batu kali, bata sampai lantai yang berbahan semen.

1 . Lantai Keramik

  Keramik adalah jenis penutup lantai yang paling popular digunakan di Indonesia. Ini disebabkan karena harganya yang sangat variatif, dari yang murah sekitar Rp. 25.000 / m2 sampai yang harganya diatas Rp. 100.000 / m2. Motif warna dan ukuran keramik pun sangat beragam dari motif marmer, polos, serat kayu dan masih banyak lagi.Bahan keramik memiliki fleksibilitas, kuat dan dapat digunakan hampir diseluruh bagian rumah Anda. Lantai bahan keramik lebih mudah perawatanya dan tidak membutuhkan pemolesan.

Lihatlah contoh di bawah ini:

lantai keramiklantai keramik
 
2. Lantai parket / parquet
  Lantai kayu sering disebut dengan lantai parket (parquet), yang berasal dari kata parquetry. Parquetry merupakan seni memasang atau menata bilah-bilah kayu tipis dengan pola geometri pada sebidang lantai. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :
 
- Parket yang terbuat dari kayu solid atau dikenal dengan Solid Parquet
- Parket yang terbuat dari kayu asli dengan teknologi layer untuk mencapai tingkat kestabilan yang sempurna dikenal dengan engineer parquet - Parket yang bahannya terbuat dari bubuk kayu ( MDF ) dan diberi lapisan bertekstur kayu pada permukaannya.
Selain dari kayu solid, bahan parket bisa juga berasal dari bahan non kayu seperti bambu.

Lihatlah contoh di bawah ini:
 

lantai kayu (parket)lantai parket



3. Lantai Marmer

   Marmer adalah jenis batu Kristalin  kasar berasal dari batu gamping atau disebut dolomit. Marmer yang murni berwarna putih dan terutama disusun oleh mineral yang disebut kalsit.

Marmer disebut juga dengan batu Pualam, merupakan batuan yang dihasilakan dari  proses metamorfosa atau malihan (bahasa Jawa Red )  dari batu gamping. Pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen menyebabkan terjadi rekristalisasi pada batuan tersebut membentuk berbagai foliasi maupun non foliasi.Makanya sebuah tambang marmer biasanya berdampingan dengan tambang batuan untuk Batu Gamping.
   Gamping merupakan marmer yang masuh sangat muda,sehingga masih kurang baik jika dibuat untuk jenis kerajinan.Akibat rekristalisasi struktur asal batuan membentuk tekstur baru dan keteraturan butir. Marmer Indonesia diperkirakan berumur sekitar 30–60 juta tahun atau berumur Kuarter hingga Tersier.

Suhu yang  panas dan tekanan juga bekerja dalam proses metamorfosa gamping menjadi marmer, terjadinya metamorfosa ini dalam waktu beribu-ribu tahun. Kotoran yang mengendap dariproses metamorfosa inilah yang menjadikan marmer memiliki corak –corak yang indah.
Lihatlah contoh di bawah ini:
lantai marmer


4. Lantai Granit


   Granit adalah batuan jenis  intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan. Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi bangunan . Kepadatan rata-rata granit adalah 2,75 gr/cm³ dengan jangkauan antara 1,74 dan 2,80. Kata granit berasal dari bahasa Latin granum.

   Granit juga ada yang berasal dari batuan beku yang menyiratkan bahwa ia terbentuk dari magma cair yang didinginkan perlahan-lahan selama periode waktu. Ini terdiri dari berbagai mineral seperti kuarsa, feldspar mika dan dll Selain menurunkan suhu, magma juga tahan ribuan tahun tekanan berat yang menghasilkan bahan yang sangat keras, tahan gores dan sangat tahan lama. Batu ini disebut batu granit. Ada variasi dalam persentase mineral yang terkandung dalam berbagai jenis granit memberikan berbagai warna. Ini adalah mengapa granit ditemukan dalam warna hitam tapi juga tersedia dalam jenis berbutir dengan adanya garis-garis warna lainnya.
Lihatlah contoh di bawah ini:

lantai granitlantai granit


  Pilihan untuk lantai rumah sekarang ini sangat beragam tetapi lantai yang masih mendominasi masyarakat Indonesia sekarang ini adalah lantai keramik, dikarenakan motifnya dan warnanya yang beragam dengan harga yang masih terjangkau. Tetapi jika Anda menginginkan lantai yang sejuk dengan kesan mewah serta perawatan yang mudah, Anda bisa mengaplikasikan lantai marmer atau granit pada rumah Anda.
 

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...