Belajar 3-D Tingkat 8

                                                          Revolved Object / Perputaran Objek

Di bawah ini adalah gambar sampel menunjukkan 2 benda berbeda yang Revolved / Di putar (lampu dan kap lampu). Ini juga akan menjadi tujuan anda dalam pelajaran ini untuk menduplikasi objek serupa .


Sejauh ini anda telah bekerja dengan blok yang sangat dasar , misalkan anda ingin menarik sesuatu yang lain dari sebuah kubus persegi panjang . Anda telah melakukan sesuatu yang baru pada pembahasan sebelumnya , Extruding dan Lofting yang terdapat pada AutoCad untuk menggambar silinder . Satu ( revsurf ) akan memberikan model yang kompleks yang terdiri dari permukaan 3-D dan terdiri dari banyak sisi. Yang lain ( berputar / Revolve ) akan memberikan objel yang solid . Metode yang anda gunakan sekali lagi akan tergantung pada apa yang anda butuhkan .

Lihatlah lampu di atas. Ini adalah contoh dari dua jenis objek yang membutuhkan dua jenis konstruksi objek. Kap lampu adalah obyek berongga '. Pada dasarnya itu hanya permukaan. Basis lampu adalah objek solid. Perintah Revsurf digunakan untuk membuat kap lampu, sementara perintah Revolved yang digunakan untuk membuat dasar. Anda akan merancang basis lampu dan kap lampu. Anda akan mulai dengan mendefinisikan setengah profil dari setiap objek, kemudian membuatnya bergulir . Ini juga akan menjadi latihan yang bagus untuk melihat model 3-D Anda.

Mulai Gambar baru menggunakan template acad.dwt . Kemudian buat dua layer dengan nama Shade dan Base lalu beri warna yang berbeda pada keduanya .

Saat ini layer anda adalah Base .

  1. Mulai perintah polyline
  2. Mulailah profil untuk basis lampu anda. 
  3. Gunakan mode Ortho menggambar mundur  a-a ... bentuk dengan garis vertikal 10 unit dan garis horizontal dapat menjadi apa pun yang anda suka (Anda desainer sekarang). 
  4. Kemudian lanjutkan dengan menggambar spline untuk menghubungkan kedua ujung polyline menggunakan osnap .

Gambar garis vertikal seperti yang di tunjukan pada langkah ke tiga dan pastikan mode Ortho = On . Buatlah layer Shade sebagai layer anda saat membuat garis miring pendek seperti yang di tunjukan pada langkah ke empat . Sekarang pada layer Base , Mulailah perintah REGION dan buatlah sebuah garis region dari makeup bahwa pangkalan itu. Jangan menyertakan garis vertikal di bagian atas.


Anda telah membuat gambar yang anda butuhkan untuk pelajaran ini dan akan menggunakan memodifikasi perintah untuk menyelesaikan pelajaran .

Pertama anda akan membuat kap lampu. Sebelum anda melakukan ini , Anda harus mengatur dua variabel sistem AutoCAD ( SURFTAB1 & SURFTAB2 ). Variabel-variabel ini mengatur berapa banyak segi yang akan anda miliki di permukaan anda. Standarnya adalah 6, yang akan memberi anda warna yang sangat tebal (seperti segi enam bukannya lingkaran). Jumlah yang anda pilih juga akan mempengaruhi seberapa cepat komputer anda dapat menampilkan objek serta keliling yang akan muncul. Sampel pada halaman sebelumnya telah di set SURFTAB1 variabel untuk 24 memberikan lampu 24 sisi .

Untuk mengubah ini, ketik SURFTAB1 pada prompt perintah masukkan 24. AutoCAD akan menampilkan pengaturan saat ini dan memberikan anda kesempatan untuk me-reset. Set variabel dan kemudian menetapkan SURFTAB2 masukkan 2 untuk variabel ini. Karena bentuknya vertikal adalah garis lurus, Anda hanya perlu pengaturan dari 2 (minimum).

Sekarang anda siap membuat sebuah kap lampu , Mulai perintah Revsurf ( Revolve Surface ) dan anda akan di minta untuk memutar objek . Ini garis yang mewakili kap lampu dan anda akan di minta memilih sumbu putaran ( revoved )  . Pilih garis vertikal yang menyusun profil dasar , Terima default 0 untuk sudut awal dan 360 untuk selanjutnya . Hal tersebut akan membuat objek berputar 360 derajat .

Perntah : Revsurf
Current Wire Frame Density : Surftab 1 = 24 Srurftab 2 = 2
Select Object to Revolved : < pilih garis kap lampu >
Select Object That Define The Axis of Revolution : < pilih garis vertikal > 
Specify Start Angle : <0 > = < enter >
Specify Included Angle ( +=ccw , -=cw ) < 360 > : < enter >

Anda akan membuat garis anda mirip dengan kap lampu sekarang . Selanjutnya anda akan membuat dasar. Mulai Perintah Revolve . Anda akan diminta untuk memilih objek. Pilih bagian badan lampu. Berikutnya anda diminta untuk memilih sumbu rotasi. Dengan Osnap dalam keadan On , pilih bagian atas dan bawah dari garis vertikal. Terima default <lingkaran penuh> untuk sudut revolusi. Hal ini akan berputar di sekitar profil vertikal garis 360 derajat dan membuat benda solid .

Perintah : Rev Revolved
Current Wire Frame Density : isoline = 4
Select objek: < Select Region > 1 ditemukan
Select objek: < enter >
Specfy Start Point For Axis of Revolution atau
Difine Object By [Object / X (axis) / Y (axis)] < object >: < enter >
Select objek: < Pilih garis vertikal di bawah layer Base >
Specify Angle of Revolution < 360 > : < enter >




Pratinjau Hasilnya

Selama beberapa pelajaran berikutnya, Anda harus beralih ke ruang kerja pemodelan 3D. Carilah ikon di kanan bawah layar AutoCAD .


Gunakan perintah HIDE (HI) untuk melihat bahwa anda benar-benar memiliki objek 3D dan bahwa blok warna bagian atas dasar .

Jika anda beralih ke SW isometrik pandangan anda, Anda akan melihat bahwa lampu menyala 'pada sisinya'. Untuk mengaturnya untuk duduk di dasarnya, Anda harus menggunakan perintah ROTATE3D. Mulailah perintah dengan mengetik ROTATE3D dan memilih objek yang ingin anda memodifikasi dan tekan enter. Dengan menerima default dari 2points, Anda akan memberitahu AutoCAD berapa anda ingin lampu diputar . Pilih poin seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah. Pastikan anda memiliki Osnaps anda (Quadrant) .

Perintah : ROTATE3D
Current Positif Angle : ANGDIR = berlawanan ANGBASE = 0
Select objek: Tentukan sudut yang berlawanan: 2 ditemukan

Select objek: <ENTER>
Specify First Point on Axis or Define Axis By [Object / Last / View / Xaxis / Yaxis / Zaxis / 2points]: <Pilih Point 1>
Specify Second Point on Axis : <Pilih Point 2>
Specify Rotation Angle or [ Reference ] : 90 < enter >



Sekarang anda telah memiliki model 3D anda sendiri, mencoba beberapa pilihan tampilan yang dijelaskan dalam Pelajaran 3-4.

Simpan gambar anda sebagai cool_3d_lamp.dwg karena anda akan membutuhkannya dalam pelajaran berikutnya. Anda akan menambahkan bahan untuk itu dan rendering visualisasi segera.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...