Mempercantik Dinding Belakang Dapur

Mungkin anda telah merasa bosan dengan tampilan dapur anda terutama pada dinding belakang dapur / backspalsh yang tampil monoton bahkan bisa di bilang sudah usang . Pada jaman dulu mungkin anda masih menggunakan keramik dengan warna yang putih polos karena memang belum seperti sekarang yang menampilkan banyaknya motif dan desain dari sebuah keramik . Di sini Rumah Idamanku akan memberikan beberapa tips untuk mempercantik dinding belakang dapur anda .

Kita akan membuat tampilan dinding belakang dapur menjadi lebih cantik dengan pola geometris yang indah . Berikut langkah yang harus anda lakukan ;

- Siapkan bahan dan juga alat yang di perlukan seperti ; cat minyak , pita dengan lebar 1 inchi , pisau potong , serta kuas .


- Untuk memulainya terlebih dulu bersihkan permukaan ubin / keramik dengan spons dengan sabun dan air lalu keringkan hingga benar - benar kering . Selanjutnya gunakan pita yang anda persiapkan sebelumnya untuk membuat pola yang anda inginkan . Di sini kita akan membuat pola berbentuk segi tiga untuk memudahkan dalam menyesuikan bentuk ubin lama . 


- Setelah pola yang anda inginkan terbentuk , potong ujung pita menggunakan pisau potong atau gunting yang telah anda persiapkan . Yang harus anda perhatikan di sini adalah pada ujung dan sudut pola harus terpotong dengan rapi agar pola nampak indah dan cantik .


- Setelah pola anda tercipta dan terpotong dengan rapi , langkah selanjutnya adalah melapisi garis potongan dengan bahan pelindung ( coating ) . Pemilihan coating sangat menentukan pada tahap ini , jadi harus memilih bahan yang mengandung zat adhesi yang baik . Tunggu hingga benar - benar mengerig untuk hasil yang maksimal .


- Setelah langkah di atas selesai dan coating benar - benar kering , selanjutnya adalah pengecatan . Gunakan kuas dengan ukuran kecil ( ukuran kuas dapat anda sesuaikan dengan kerumitan pola yang anda ciptakan ) . Pergunakan cat dalam dua lapisan cat yang tipis agar nampak lebih merata dan lebih halus .


- Setelah cat mengering , terapkan lapisan tipis berbasis minyak seperti politur untuk melidungi dari kelembapan dan goresan . Tunggu hingga benar - benar mengering ( butuh waktu lebih lama untuk tahapan ini ) . Setelah itu anda dapat membuka pita yang anda gunakan untuk membuat pola dan anda dapat melihat hasil dari karya anda .

 

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...