Desain Pergola


desain pergola

Pergola adalah satu tempat yang sengaja di bikin di luar rumah , Baik itu di depan,samping ataupun di belakang rumah . Dalam mendesain pergola hatus di sesuaikan dengan karakter rumah anda . Pada umumnya pergola banyak di gunakan untuk area carport . Namun Pergola sendiri sebenarnya bisa di jadikan satu ruang di luar rumah untuk bersantai layaknya outdoor living . Pada kebanyakan orang , pergola sering sama artikan dengan kanopi , namun sebenarnya ada perbedaan mendasar yang membedakan pergola dengan kanopi .

Di sini Rumah Idamanku akan memberikan sedikit uraian tentang pergola dan kanopi .

- Konsep

Di lihat dari konsep , antara pergola dan kanopi sudah sangat berbeda . Pergola merupakan sebuah ruang yang berdiri sendiri dengan konsep sebagai pelengkap suatu rumah yang di jadikan peneduh dan pelindung dari sinar matahari , namun tidak dari hujan . Pergola sering di tempatkan pada area taman dengan di lengkapi tanaman rambat . Sedangkan kanopi merupakan satu bentuk desain yang menyatu dengan bangunan suatu rumah yang di fungsikan sebagi pelindung dari sinar matahari dan hujan . Namun seiring perkembangan zaman , pergola sering di sebut sebagai slah satu bagian dari desain kanopi . Perbedaan yang paling mencolok adalah pergola tidak mempunyai atap , hanya menggunakan bilah - bilah kayu dsb .

desain pergola

- Desain 

Desain pergola merupakan strutur rangka terbuka tanpa atap sebagai peneduh ruangan di luar rumah . Pergola sering di gunakan pada daerah - daerah tropis untuk lebih memberikan nilai estetika pada sebuah rumah tropis . Sedangkan kanopi khusus di desain dengan menggunakan atap penuh sebagai peneduh yang menyatu dengan bangunan rumah . Kanopi merupakan bagian desain suatu rumah yang sangat penting , sedangkan pergola hanya sebagai pelengkap saja .

desain pergola

-  Fungsi

Seperti di jelaskan di atas , bahwa fungsi utama sebuah pergola untuk memberikan kesjukan pada ruangan sekitar rumah , Sebagai peneduh area berjalan / koridor luar rumah atau area taman . Pergola selalu memberikan nuansa alami melalui bahan material yang di gunakan serta tanaman yang sering menyertai pergola . Untuk kanopi di fungsikan sebagai pelindung bagian luar rumah dari matahari dan hujan , misal carport , teras , balkon , dan lainnya .

desain pergola

- Bahan 

Bahan yang di gunakan untuk menciptakan pergola maupun kanopi hampir sama seperti ; kayu , besi , atau beton . Untuk pergola jenis material kayu lebih sering di gunakan demi menampilkan sisi naturalnya . Namun harus anda pilih jenis kayu dengan kualitas yang baik ,seperti ; jati , mahoni , ulin dsn sebaginya . Untuk pemakaian bahan besi misal ; hollow , satinless steel dan lainnya untuk menampilkan desain yang ramping . dan bahan beton biasa di gunakan pada rangka struktur agar terlihat kokoh . Namun ada beberapa desain pergola yang menggunakan kombinasi bahan - bahan tersebut .

desain pergola


- Lokasi 

Baik pergola maupun kanopi memilik ciri dan desain khas yang berbeda . Begitu juga peletakan nya , pergola tidak harus berada terpisah dari rumah , namun bisa juga di buat sebagai perpanjangan teras , balkon , dan juga tempat duduk lainnya . Untuk kanopi penempatannya sering kepada area silkulasi udara pada sebuah rumah seperti , di atas pintu atau jendela , namun lebih sering pada area carport .

desain pergola


Itulah sedikit ulasan mengenai desain pergola dan kanopi yang bisa di berikan oleh Rumah Idamanku . Semoga bermanfaat bagi anda semua . Sebagai sedikit tambahan untuk acessories yang bisa di gunakan pada desain pergola bisa berupa batu tempel , lampu hias pada kolom , atau bahkan kolam ikan . Lengkapi Rumah Idaman anda dengan sebuah pergola cantik untuk anda bersantai menikmati kesejukan udara tropis.

   

1 comment:

  1. ohh untuk perbedaan pergola dan kanopi disini jelas ya, kanopi hanya sebagai pelindung sedangkan pergola sebagai satu ruangan outdoor tambahan yang bisa dibangun di sebuah taman. nice share gan :)

    oh iya gan mohon maaf nih, ane ada info tambahan untuk yang sedang mencari info properti ane ada beberapa pilihannya hehe

    situs properti indonesia
    website properti
    website property
    rumah murah bekasi timur

    thank you ...

    ReplyDelete

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...