Jenis Jenis Tanaman Untuk Vertical Garden



Pada postingan vertical garden jenis dan cara pengaplikasian vertical garden untuk menghiasi rumah idaman anda yang berada di lahan yang minim . Kali ini Rumah Idamanku akan memberikan contoh jenis-jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden . Karena berbeda dengan taman biasa yang bisa menggunakan tanaman yang bisa tumbuh besar/tinggi , vertical garden biasa menggunakan tanaman yang pada dasarnya berukuran kecil / mini .

Setiap tanaman yang di aplikasikan untuk vertical garden mempunyai karakter dan keunggulan sendiri - sendiri sesuai jenisnya . Dan pada dasarnya hampir semua jenis tanaman cocok untuk di gunakan pada taman vertical garden . Namun ada beberapa syarat khusus yang akan mempengaruhi keindahan vertical garden anda .  Untuk jenis - jenis tanaman untuk vertical garden ikuti beberapa tips dari Rumah Idamanku :
  • Pilih tamanan dengan bobot yang ringan dan tidak terlalu berat .
  • Pilih tanaman dengan pertumbuhan yang agak lambat , dan jangan memilih tanaman dengan pertumbuahan yang cepat .
  • Hindari penggunaan tanaman merambat untuk vertical garden . 
Setelah mengetahui kriteria dari jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden , tentunya memilih jenis tanaman yang sesuai . 

Berikut contoh jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden :

1. Kuping Gajah (Anthurium Crystalium)

Kuping Gajah(Anthurium Crystalium)
Ciri khas yang di miliki oleh tanaman ini adalah daun yang berbentuk hati dengan garis - garis atau urat daun berwarna putih ke perakan . Kuping gajah sendiri terbagi menjadi dua jenis , kuping gajah jenis yang lama mempunyai helai daun yang besar , sedangkan untuk varian yang lebih baru dari kuping gajah helai daun nya lebih kecil .

Untuk di aplikasikan pada vertical garden sebaiknya anda memilih jenis kuping gajah yang mempunyai helai yang kecil . Selain faktor bobot juga mempengaruhi keindahan dari tampilan vertical garden tersebut . Penggunaan kuping gajah dengan daun yang kecil akan membuat vertical garden anda tampak lebih indah dengan banyaknya daun berbentuk hati yang jelas terlihat keseluruhannya .







2. Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum)

Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum)
Bentuk dari tanaman ini tergolong unik yang menyerupai tanduk rusa jantan , oleh karenanya di namakan dengan sebutan tanduk rusa . Tanaman jenis ini di kembangkan biakan dengan spora  .

Jenis tanaman yang sangat menyukai tempat yang lembab dan teduh ini biasa tumbuh menempel pada batang kayu . Namun bisa juga di tanam dengan media tanam yang tepat dan sangat cocok untuk vertical garden di rumah anda .

Sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan jenis tanaman ini , walau perkembanganya tergolong lambat , lama kelamaan akan panjang menjuntai kebawah hingga menutupi jenis tanaman yang lainnya pada vertical garden anda .






3. Lili paris (Chlorophytum comosum)

Lili paris (Chlorophytum comosum)
Ciri khas dari tanaman jenis ini adalah daun yang kecil memanjang dengan garis putih kekuningan . Tanaman jenis ini sangat mudah dalam perawatan dan juga mempunyai kelebihan tahan terhadap sinar matahari langsung . Namun begitu lili paris akan tumbuh dengan optimal pada daerah atau tempat yang ternaungi dari sinar matahari .

Pengaplikasian lili paris sering di gunakan sebagai border atau pembatas tanaman yang lainnya . Jadi untuk membuat berbagai motif dengan tanaman , maka lili paris yang sering di gunakan untuk hal tersebut .

Kelebiahan lain dari tanaman ini dapat berkembang dengan mudah di tanah langsung atau dalam sebuah wadah seperti , pot dan lainnya .




4. Cryptanthus

Cryptanthus
Jenis tanaman ini memiliki kekayaan warna yang beraneka ragam , mulai dari merah , hijau , abu - abu dan juga garis - garis putih . Cryptanthus merupakan jenis tanaman yang tahan terhadap teriknya sinar matahari dan juga dapat hidup di bawah naungan tumbuhan lain .

Tanaman ini sering di jadikan sebagai aksen dari vertical garden karena warna - warna nya yang berfariatif . Juga dapat di gunakan membuat pola - pola unik dan menawan sesuai selera anda .





5. Kucai (sejenis bawang-bawangan terkecil)

Kucai(sejenis bawang-bawangan terkecil)
Kucai merupakan jenis bawang - bawangan terkeci dari keluarga alliaceae . Jenis tanaman umbi - umbian dengan ketinggian 30 - 50 cm dan dengan lebar 1 cm .

Keunikan dari tumbuahan ini terlihat dari daun berbentuk tabung kosong sekitar 50 cm dengan tekstur yang lembut . Bunga dari tanaman ini berwarna ungu pucat , berbentuk bintang dengan enam kelopak bunga yang lebar .




6. Neoregelia

Neoregelia
Tanaman ini kerap di namakan bromelia . Neoregelia yang umum di gunakan untuk vertical garden adalah jenis neoregelia olens . Ciri fisik yang di miliki tanaman ini daun yang berwarna merah polus dan berujung rata .

Selain itu ada neoregelia carolinae dengan corak daunyang bergaris . Berbeda dengan marga bromelia yang merupakan jenis keluarga dari banyak genus tanaman .



7. Lipstick (Aeschynantus Radicans)

Lipstick(Aeschynantus Radicans)
Tanaman ini tumbuh menjalar dengan batang yang memanjang . Daun yang berbentuk ginjal ( cordata ) yang berwarna merah hati dengan garis perak dan berbulu .

Keunikan dari tanaman ini terletak pada bunga yang berwarna merah menyala yang berbentuk menyerupai sebuah kantung . Apabila anda mengetahui jenis tanaman kantung semar yang biasa hidup di daerah pegunungan yang lembab wilayah kalimantan . Jenis ini hampir mirip dengannya .



8. Kadaka (Asplenium scolopendrium)

Kadaka (Asplenium scolopendrium)
Kadaka sangat mirip dengan tanaman paku sarang burung , hanya jenis daunnya yang lebih kecil . Pinggirnya bergelombang dan berwarna hijau muda .

Anda ingat dengan fenomena anthurium ? sekilas tanaman ini mirip dengannya , hanya saja ukuran daun yang jauh lebih kecil .





9. Sirih Merah

Sirih Merah
Sirih merah sangat menyukai daerah yang teduh , merupakan salah satu jenis tanaman menjalar dengan ciri fisik batang berbuku dan daun berwarna merah dengan urat garis berwarna perak .

Sebagai salah satu jenis tanaman untuk vertical garden , sirih merah tampil cantik dengan daun berwarna merahnya .






10. Singonium 

Singonium
Tumbuhan perdu yang satu ini hampir mirip dengan kuping gajah , mempunyai ciri khas dengan ketinggian tidak lebih dari 30 cm dan daun berbentuk hati berwarna percampuran antara hijau dan putih .

Pertumbuahan tanaman ini cukup mudah asalkan hidup di tempat yang berkecukupan air .








Itulah 10 contoh jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden , semua tanaman tersebut merupakan tanaman yang tahan terik dan sinar matahari.


1 comment:

  1. Berminat membuat taman vertikal? hubungi kami di (021) 7359730 atau kunjungi website kami di www.tamanvertikal.com

    ReplyDelete

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...