Belajar Auto Cad 05

              Membuat Set Selection(pengaturan pribadi) dan merubah pengaturan default

   AutoCAD menggunakan apa yang disebut pengaturan pilihan(selection set) untuk memungkinkan anda untuk membuat objek grup bersama dan kemudian memodifikasinya . Misalnya, jika anda ingin menghapus beberapa baris , anda bisa tekan E <ENTER> , pilih pada beberap garis lalu, tekan <ENTER> lagi dan ulangi sampai anda selesai . Cara lain adalah dengan menekan E <ENTER> , dan kemudian memilih baris satu per satu sampai mereka semua dipilih , dan tekan <ENTER> . Dengan memilih sekelompok objek , Anda telah menciptakan satu set seleksi . Setiap kali anda ingin memodifikasi sebuah objek , dan diminta oleh AutoCAD untuk " memilih objek " Anda dapat membuat satu set seleksi dan kemudian menerapkannya.

Ingat untuk selalu menekan ENTER ketika anda selesai memilih satu obyek

Ada juga beberapa cara lain untuk membuat satu set seleksi. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan jendela.

Ada dua jenis jendela dapat Anda gunakan:

- jendela persimpangan .

 Jika anda membuat pilihan dari kanan ke kiri , Anda membuat jendela persimpangan . Ini berarti bahwa setiap objek yang melintasi perbatasan atau dikelilingi oleh jendela ditambahkan ke set seleksi. Hal ini ditunjukkan sebagai persegi panjang hijau dengan garis putus-putus pada layar .

- jendela pilihan ' ( atau ' kotak ' ) .

 Jika anda membuat jendela dari kiri ke kanan , Anda membuat sebuah kotak . Dengan menggunakan metode ini anda hanya akan menambahkan item yang benar-benar dalam kotak . Hal ini ditunjukkan sebagai sebuah kotak biru di layar .

 Ada cara lain untuk memilih objek yang lebih umum dan juga dapat digunakan dalam kombinasi .

REMOVE - dengan mengetik "R" ketika diminta untuk memilih objek , AutoCAD akan memilih perubahan untuk memungkinkan anda untuk menghapus sesuatu dari set seleksi. Anda juga dapat menghapus objek individu dengan menekan "Shift" ketika memilih ( dikenal sebagai 'shift-select')

LAST - dengan mengetik "L" ketika diminta untuk memilih objek , AutoCAD akan memilih obyek terakhir yang anda buat . Hal ini berguna jika anda membuat sesuatu dan ingin memindahkan atau memodifikasinya segera.

PREVIOUS - dengan mengetik "P" ketika diminta untuk memilih objek , AutoCAD akan memilih set seleksi sebelumnya . Ini digunakan jika anda memilih beberapa objek , memodifikasi mereka dan kemudian ingin memodifikasi mereka lagi .

FENCE - dengan mengetik "F" ketika diminta untuk memilih objek , AutoCAD memungkinkan anda untuk menggambar serangkaian garis ( disebut pagar ) untuk memilih objek . Ini di gunakan jika anda ingin memilih sekelompok baris yang akan dipangkas bermata tunggal.

CROSSING POLYGON - dengan mengetik "CP" bila anda memilih objek dan memberikan kemampuan untuk membuat crossing poligon untuk seleksi objek . Hal ini mirip dengan kotak persimpangan ( terlihat seperti Pagar a) , tetapi anda dapat memilih titik pada layar untuk membuat poligon . Secara default , ini adalah persimpangan poligon , sehingga benda yang melintasi poligon akan ditambahkan ke set seleksi.

CROSSING WINDOW - dengan mengetik "WP" ( window polygon ) ketika anda memilih objek memberikan kemampuan untuk membuat jendela persimpangan untuk seleksi objek . Hal ini mirip dengan sebuah kotak persimpangan , tetapi anda dapat memilih titik pada layar untuk membuat poligon . Ini adalah Crossing Window , sehingga benda yang benar-benar dalam poligon akan ditambahkan ke set seleksi. Versi yang lebih baru dari AutoCAD memungkinkan anda untuk menggunakan kursor anda untuk membuat jendela persimpangan tanpa mengetik di ' CW ' .

CYCLING - Ketika siap untuk memilih objek , tahan tombol Shift pada keyboard anda dan kemudian tekan Space Bar ketika mouse anda di atas objek yang tumpang tindih . Berulang kali tekan Space Bar sampai objek yang anda ingin memodifikasi disorot. Kemudian pilih dengan mouse . Ini adalah pendekatan yang baik jika anda memiliki banyak obyek di area yang kecil .

Untuk membatalkan semua yang telah anda pilih , Anda hanya tekan tombol escape pada keyboard atau klik kanan dan pilih " Hapus Semua " dari menu .

TIP: Zoom dekat saat memilih di ruang rapat. Pastikan anda 100% yakin dengan memilih objek yang benar. Bayangkan perbedaan mengimbangi dinding interior dengan dinding eksterior - yang dihasilkan objek akan berkurang lebih dari 6 inci! Biasakan zooming, lalu perkecil cepat (dengan menggunakan mouse lebih baik).

Mengubah opsi pilihan Anda

Banyak orang yang senang dengan pengaturan default AutoCAD. Kadang-kadang anda mungkin ingin mengubah pengaturan anda untuk hal-hal seperti pegangan atau ukuran pickbox.Saya akan menunjukkan bagaimana untuk mengubah, tapi ingat di mana letak settingan anda jika anda ingin mengubahnya kembali.

Ketik OP untuk option dan mencari tab Selection. Anda akan melihat kotak dialog yang terlihat seperti di bawah.



Seperti yang anda lihat, Anda dapat menyesuaikan beberapa hal. Pikirkan tentang memiliki gambar yang memiliki banyak garis biru di dalamnya. Jika anda mau , Anda dapat mengubah warna pada satu garis sehingga terlihat lebih jelas. Pilihan lain yang banyak digunakan adalah "Aktifkan grip dalam blok" - Anda akan belajar tentang grip dan blok dalam postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...