Membersihkan Cipratan Cat


Tidak ada yang mencerahkan setiap ruangan selain dengan menggunakan cat , namun ternyata ada efek samping yang kurang menyenangkan dari usaha anda mewarnai rumah anda tersebut . Ya .. tumpahan atau cipratan dari pewarna anda yang dapat berada di setiap tempat . Bahkan seorang pelukis profesional dan hati - hati pun dapat menjatuhkan bekas cat di sekitar mereka bekerja .

Untungnya sebagian bercak - bercak noda dari cat warna tersebut dapat anda bersihkan menggunakan pembersih rumah yang sering di gunakan . Namun bagaimana jika anda kesulitan membersihkan bercak noda cat tersebut , karena mungkin telah meresap dan melekat ? Berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk membersihkan bercak - bercak pewarna ;

Pada Kaca Jendela atau Cermin

Mungkin anda akan menganggap mudah untuk membersihkan becak cat pada sebuah kaca , dan mungkin anda seing menggunakan alat pemggaruk . Memang alat tersebut mampu membersihkan noda tersebut , namun hal tersebut dapat melukai atau menggores kaca anda dan malah membuat kaca kurang menarik .

Solusi yang tepat untuk membersihkan bercak cat pada kaca jendela / cermin adalah dengan menggunakan pembersih piring lalu larutkan dalam air hangat hingga berbusa . Setelah itu gunakan pisau cukur pada posisi 45 derajat lalu garuk seperti sedang mencukur bulu kumis . Yang harus anda perhatikan adalah ; usahakan kaca dalam keadaan selalu basah untuk menghindari goresan .

Pada Meja Dapur / Countertops

Untuk membersihkan bercak noda cat pada cat merupakan sesuatu pekerjaan yang cukup sulit tanpa menyebabkab goresan atau kerusakan , untuk itu anda harus berhati - hati pada daerah tersebut . Untuk mengatasi hal tersebut , anda bisa menggunakan minyak zaitu lalu oleskan pada meja dapur yang terkena noda dan gosok perlahan secara memutar .

Untuk bercak noda yang membandel anda bisa menggunakan kain yang halus lalu lilitkan pada pisau dapur . Gosok perlahan dengan sedikit tekanan pada bagian yang telah anda olesi dengan minyak zaitun tersebut . Setelah bercak noda terlihat mengelupas , anda lanjutkan dengan membersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan kain yang kering hingga bersih .

Pada Karpet 

Bagaimana jika anda menumpahkan cat di atas karpet kesayangan anda ? tentu rasa menyesal akan menyelimuti perasaan anda . Hal yang paling mudah anda lakukan adalah membersihkan bercak / tumpahan cat tersebut sebelum mengering dengan menggunakan handuk kering atau kertas , atau bisa juga menggunakan kain tua yang sudah tidak terpakai lagi . Ingat jangan menggosok tumpahan cat tersebut , karena akibatnya bukannya bersih namun justru malah semakin meluas .

Anda cukup menaruh handuk atau kertas yang telah anda siapkan lalu taruh di lokasi agar noda terhisap sampai bersih . Namun bagimana jika noda telah mengering dan susah di bersihkan ? Anda bisa menggunakan larutan air cuka atau garam oleskan pada tempat noda , lalu diamkan beberapa saat . Setelah itu bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan kain yang bersih .

Pada Lantai Kayu

Untuk membersihkan bercak noda cat pada lantai kayu atau lenoleum , anda bisa menggunakan larutan sabun dan air hangat . Oleskan sebanyak mungkin hingga berbusa , lalu diamkan beberapa saat hingga noda terlihat meleleh . Setelah itu anda bisa menggunakan scraper yang terbuat dari bahan plastik untuk menghindari kerusakan pada permukaan vinil . \

Untuk noda yang membandel anda bisa menggunakan alkohol lalu oleskan pada bagian yang ternoda . Namun anda harus hati - hati dalam menggunakan bahan tersebut , jangan sampai berlebihan karena justru akan membuat permukaan menjadi kusam .

Pada Pemukaan Plastik

Jika anda memiliki perabot dari bakan plastik , seperti ; bangku taman , sofa , dan lain sebagaiman dan terkena bercak cat , pasti anda di repotkan dengan cara membersihkan nya . Hal tersebut karena plastik merupakan bahan yang mudah rusak . Namun anda tak perlu khawatir , anda bisa menggunakan polish remover atau alkohol didenaturasi .  Bahan tersebut akan mengangkat becak noda noda dengan mudah pada permukaan plastik .

Namun anda harus berhati - hati dalam jumlah pemakaian nya , lakukan uji coba terlebih dahulu pada permukaan yang kecil untuk mengetahui hasilnya .

Semoga sedikit uraian di atas dapat membantu anda menyelesaikan masalah anda jika anda di pusingkan dengan tumpahan atau bercak - bercak cat . Jangan anggap remeh noda cat walau sekecil apapun karena akan membuat rumah idaman anda telihat berantakan .

Terima Kasih dan Semoga Bermafaat ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...