Keindahan Arsitektur Islam Di Dunia

Arsitektur Islam sebagian besar di dominasi dengan bangunan masjid ,Ya .. karena masjid adalah sebagai tempat ibadah umat islam yang di sucikan . Namun di balik itu semua ada desain arsitektur yang menakjubkan pada sebuah masjid . Arsitektur islam sendiri menurut sejarah di mulai saat Rasullullah SAW , beserta para pengikutnya membangun masjid pertama di dunia yang berada di Quba-Madinah pada 1 H / 622 M yang sangat sederhana jika di bandigkan dengan yang terlihat sekarang ini .

Namun dalam perkembangan dan kemajuan jaman , arsitektur islam juga berkembang sangat pesat dari fungsi kemasyarakatan dan keagamaan . Bukan cuma masjid yang menonjolkan keindahan arsitektur islam di dunia namun selain itu ada juga Makam , Istana , dan juga Benteng . Arsitektur islam sendiri , menurut pandangan Rumah Idamanku di kategorikan menjadi lima gaya di lihat dari desain dan peradaban nya , yaitu :

1 . Gaya Moorish ( Spanyol ) 


Gaya Moorish adalah sebuah gaya arsitektur islam dari kaum bangsa moor yaitu kaum muslimin yang telah menguasai eropa ( dari spanyol hingga portugal ) pada abad ke 9 . Spanyol yang menjadi pusat dari gaya moorish tersebut masih memiliki sisa arsitektur yang menakjubkan seperti yang terlihat di Granada ( Alhambra ) , Cordoba ( Masjid Agung Cordoba ) sekarang menjadi "Katedral Masquita " , dan Sevilla ( Menara Giralda ) sekarang menjadi "Menara Lonceng katedral Giralda".

Selain itu masih banyak arsitektur islam yang tersebar di penjuru spanyol dengan keindahannya yang luar biasa dengan julukan "beauty behind the veil"  atau kecantikan di balik cadar , karena terlihat biasa dari luar namun sangat manakjubkan dari dalam .

Ciri Khas yang di miliki oleh Gaya Moorish adalah :
  • Desain minaret atau menara berbentuk persegi yang sekaligus mempengaruhi bentuk minaret gereja di spanyol . 
  •  Adanya lengkungan yang menyerupai tapal kuda di atas kedua pilar yang saling berhubungan . Di sebut juga "Horse Shoe Arch" .
  • Gaya Moorish jarang sekali menerapkan kubah pada desain bangunan nya . 
  • Dinding luar biasanya dari batu bata yang terlihat alami tanpa lapisan seperti keramik , marmer atau lainnya .

 2 . Gaya Persia / Safavid ( Iran )


Persia yang sekarang di kenal dengan nama Iran dulunya merupakan wilayah mesopotamia sebelum di taklukan oleh islam pada abad ke 7 . Namun dalam dunia arsitektur , Persia mengalami puncaknya pada abad 16 pada masa Dinasti Safavid . Dengan raja Shah Abbas yang membangun sebuah kota dengan nama Isfahan yang kemudian menjadi pusat arsitektur islam di dunia .  

Desain arsitektur Gaya Persia sampai kini masih terlihat indah pada Masjid Shah ( Isfahan-Iran ) , Masjid Syeik Luft- Allah ( Isfahan ) , dan  Mousoleum Gur-E- Amir ( Isfahan ) . Ciri khas yang di miliki gaya persia adalah :
  • Desain kubah yang berbentuk umbi bawang ( onion dome ) dengan di lapisi keramik warna - warni yang indah atau bahkan permata .
  • Pintu masuk utama berukuran tinggi dengan lengkungan di atasnya yang kemudian berujung lancip . 
  • Interior masjid di penuhi dengan kaligrafi dan dekorasi geometris .
  
3 . Gaya Ottoman ( Turki ) 


Gaya Ottomam berpusat di Turki saat kaum muslimin manguasai romawi timur pada abad ke 14 . Gaya Ottoman pada saat itu banyak di pengaruhi oleh gereja - gereja yang kemudian di sesuaikan dengan ajaran islam . Ciri khas dari gaya ottoman adalah :
  • Bentuk Minaret atau Menara yang berbentuk runcing di atasnya .
  • Bentuk Kubah juga lain dari pada umumnya , Lebih berbentuk bulat dan terlihat unik .
Contoh dari kejayaan Gaya Ottoman dapat anda lihat pada Masjid Fatih ( istanbul turki ) , Masjid Ortakoy ( Turki ) , Masjid Mohammad Ali ( Mesir ) , serta Masjid Biru ( Turki ) .

4 . Gaya Mughal ( India ) 


Gaya Mughal berpusat di india dan merupakan gaya arsitektur yang terakhir muncul dengan memadukan gaya arsitektur persia , ottoman , dan juga india , juga merupakan perpaduan gaya hindu dan islam . Arsitektur Gaya Mughal yang paling terkenal dan indah adalah Taj Mahal yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia . Di bangun pada abad 16 oleh raja shah jahan yang merupakan salah satu maha karya terbesar di dunia .

Ciri khas yang di milik Gaya Mughal hampir mirip dengan Gaya Persia , namun ada perbedaan yang mencolok :
  • Penggunaan batu marmer / batu pualam yang lebih banyak .
  • Hanya sedikit dalam penggunaan warna , sementara pada gaya persia lebih berwarna - warni .
  • Desain dengan bentuk kesimetrisannya yang luar biasa .
  • Adanya hiasan khas berbentuk bunga teratai pada puncak kubah yang membuktikan akulturasi antara hindu dan islam . 
Beberpa keindahan arsitektur gaya mughal dapat anda lihat pada Masjid Badshahi ( india ) , Masjid Jama' ( india ) , serta pada Mousoleum Humayun ( india ) .

5 . Gaya Mamluk ( Mesir ) 


Seperti yang terlihat di atas merupakan salah satu dari peninggalan arsitektur islam pada jama dinasti mamluk berkuasa di mesir dan syiria tahun 1250 - 1517 . Keindahan dari bangunan tersebut membuat kairo di kenal dengan nama kota 1000 menara . Ciri khas yang di miliki masjid mamluk tersebut adalah : 
  • Di lihat dari bentuk yang asimetris .
  • Di lihat dari desain menara atau minaret , masjid mamluk memiliki desain unik dengan tiga tingkat yang sangat unik . Di mana pada bagian pertama berbentuk persegi , pada bagian kedua berbentuk octagonal ( segi delapan ) , Sementara pada bagian ketiga berbentuk melingkar . Pada bagian paling atas di fungsikan sebagai balkon dengan beberapa tiang yang indah yang di sangga oleh Muqarnas .
  • Muqarnas merupakan bentuk struktur yang menyerupai sarang lebah pada langit - langit .
  • Desain kubah pada masjid mamluk berbentuk menyerupai silinder atau meruncing yang percantik dengan ukiran yang sangat indah . 
  • Dekorasi yang di gunakan pada masjid mamluk tersebut sangat unik dengan motif geometris berbentuk menyerupai bintang yang saling berhubungan yang di kenal dengan mamluk star .
  • Penggunaan Mashrabiyya , atau kisi - kisi pada jendela berbentuk geometris yang berfungsi untuk menghalangi panasnya terik matahari yang menyengat . 
  • Dekorasi berpusat pada daerah langit - langit dan kubah dengan maksud agar semua yang masuk ke dalam masjid teralih pandangannya ke atas / syurga . 
  • Penggunaan batu bata dengan warna yang berbeda dan di pasang berseling .    
Itulah beberapa keindahan arsitektur islam di dunia versi rumah idamanku . Anda bisa melihat keindahan lainnya pada Arsitektur Islam Paling Menakjubkan di Dunia .

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...