Belajar Auto Cad 06


Kali ini kita akan membahas tentang salah satu fitur yang akan sering anda gunakan dalam AutoCad
                                                    Move,Copy,Stretch,Mirror.

1.Move

 Inisial    =   Move/M
 Ikon      =move icon
 Lokasi   =  Home > modify >move.
 Fungsi   =  Memindahkan objek atau benda.

2.Copy

   Inisial   =  Copy/CP.
   Ikon      =   Copy Icon
   Lokasi  =    Home > modiffy > Copy. 
   Fungsi  =   Untuk copy objek.

3.stretch

   Inisial   =  S.
   Ikon     =  Stretch Icon
   Lokasi = Home > modify > stretch.
   Fungsi = Untuk peregangan/menarik objek yang telah anda pilih.

4.Mirror

   Inisial   =  MI.
   Ikon     =   Mirror Icon
   Lokasi =  Home > modify > mirror.
   Fungsi = Untuk menciptakan cermin satu objek atau selection set.

* Pertama tama aktifkan Endpoint osnap.

  Terlrbih dulu buat sebuah garis pembatas.Buatlah persegi panjang dengan ukuran L=10" T=7".dan ingat pojok kiri bawah harus 0,0.Buatlah juga persegi panjang ukuran L=2"  T=3" menggunakan fungsi Rectangle . Pojok kiri bawah harus di 0,0
Perhatikan bahwa persegi panjang kecil dan perbatasan yang tumpang tindih satu sama lain pada bagian kiri bawah gambar Anda .Yang harus anda lakukan adalah memindahkan kotak kecil yang anda buat agar tidak tumpang tindih satu sama lain dengan garis pembatas.
  Caranya,

jalankan fungsi MOVE dengan mengetikkan baik M atau MOVE <ENTER> . Pilih semua baris persegi panjang menggunakan salah satu metode seleksi yang dijelaskan sebelumnya . Tekan <ENTER> . Sekarang AutoCAD meminta " titik dasar atau perpindahan " .Yang di maksud adalah titik referensi . Klik di sudut kiri bawah persegi panjang . AutoCAD sekarang meminta 'titik kedua perpindahan ' . sekarang seberapa jauh Anda ingin memindahkannya . Ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan koordinat relatif. Dalam hal ini, Anda ingin memindahkannya 1 " di atas dan 1 " juga . Jadi ketik @ 1,1 <ENTER> untuk melakukannya . Persegi panjang secara otomatis akan pindah ke lokasi baru .

Sekarang anda ingin menyalin persegi panjang ini menjadi 3 ke kanan . fungsi copy sangat mirip dengan fungsi move.

Jalankan fungsi COPY . Anda akan diminta untuk memilih objek . Pilih persegi panjang yang baru saja anda pindah . AutoCAD sekarang membutuhkan " titik dasar atau perpindahan " seperti dalam fungsi move. Sekali lagi , pilih sudut kiri bawah persegi panjang . Setelah anda melakukan ini , Anda perlu memberitahu AutoCAD tentang titik kedua pemindahan . Karena anda ingin memindahkan persegi panjang lebih dari 3 " ke kanan , ketik @ 3,0 <ENTER> persegi ini sekarang telah disalin 3 " di atas .

PERHATIAN:Fungsi MOVE dan COPY adalah 2 perintah yang akan sering anda gunakan dalam AutoCAD. Pelajari dengan baik agar bisa membuat anda menjadi drafter yang baik.

Tapi persegi panjang tidak setinggi seperti di gambar contoh, persegi panjang pada gambar contoh merupakan persegi yang lebih tinggi . Untuk mengubah ini, Anda akan menggunakan fungsi STRETCH.

Ketik STRETCH/S <ENTER> . AutoCAD sekarang membuat anda memilih objek dengan menggunakan crossing window atau crossing polygon . Anda akan menggunakan fungsi crossing selection . Ingat dari Belajar AutoCad 5 bahwa anda membuat sebuah crossing selection dengan menciptakan dari kanan ke kiri .Hanya sedikit klik kiri di atas dan di sebelah kanan pojok dari persegi panjang baru ( P1 ) . Pindahkan bidikan anda ke bawah dan ke kiri sampai melintasi jendela ( titik-titik) mencakup bagian atas persegi panjang lengkap dan kemudian klik kiri lagi ( P2 ) . Anda akan melihat obyek yang disorot sekarang . Tekan <ENTER> untuk menerima ini . Berikutnya anda diminta untuk menentukan titik dasar. Memilih pada sudut kiri atas persegi panjang . Sekarang beri AutoCAD titik kedua perpindahan . Dalam hal ini , Anda ingin meregangkan/stretch persegi panjang 1 " ke atas , jadi ketik @ 0,1 <ENTER> untuk melakukan hal ini . Persegi panjang ini sekarang 1 " lebih tinggi .Lihat gambar di bawah:



Tujuan ketika memilih objek untuk menarik/stretch adalah untuk menarik jendela atas simpul atau titik yang ingin anda tarik. Jika anda melewatkan sudut, Anda akan mengubah bentuk persegi panjang. Jadi selalu ingat sesuatu yang perlu untuk di tarik .
Selanjutnya anda ingin menarik poligon di sisi kanan. Untuk melakukan ini, Anda akan menarik tiga baris di sisi kiri pertama dan kemudian MIRROR baris tersebut ke sisi kanan. Gambarkan 3 baris cara apapun yang anda suka (petunjuk:. Menggunakan koordinat absolut) .

Setelah mereka tertarik, mulai fungsi MIRROR. Pilih tiga baris (tekan <ENTER>) Sekarang Anda diminta untuk titik pertama dari garis mirror. Dengan menggunakan endpoint Osnap , memilih akhir baris pada 8,2. Sekarang anda diminta untuk titik kedua. Pilih titik pada garis di 8,5. Setelah anda melakukan ini, AutoCAD ingin tahu apakah Anda ingin menghapus objek lama. Dalam hal ini anda tidak, jadi menerima default dengan menekan <ENTER>. Garis mirror akan setengah jalan antara objek yang anda mirroring dan di mana anda ingin menempatkannya.Mencari tahu di mana garis cermin adalah bagian terberat dari hal ini.Lihat gambar:

Perintah : MI / MIRROR
Pilih objek: <SELECT THE 3 LINES> Tentukan sudut yang berlawanan: 3 ditemukan
Pilih objek: <ENTER>
Tentukan titik pertama dari garis cermin: <SELECT 8,5>
Tentukan titik kedua garis cermin: <SELECT 8,2>
Menghapus objek sumber? [Ya / Tidak] <N>: <ENTER>

Tugas telah selesai.Pratinjau apa yang telah anda lakukan dan praktek pada fungsi ini.Copy dan Move adalah perintah yang sangat umum. Sebagai contoh, Anda dapat membuat lampu langit-langit, kemudian harus pindah ke tempat, dan kemudian menyalinnya ke kamar lain. Untungnya, fungsi ini sangat mirip, dan setelah anda menguasai satu, Anda telah menguasai keduanya.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...