Mahir Auto Cad 12

                                                  Menyesuaikan Interface Pada Auto Cad

Salah satu hal besar yang terdapat dalam Auto Cad adalah ; bahwa hal tersebut dapat di sesuaikan dengan pengguna individu . Sekarang , anda telah mengetahui bagaimana anda dapat mengubah berbagai perintah , misal ;Osnaps . Namun sebenarnya anda dapat mengubah lebih banyak dari pada itu . Pada halaman ini Rumah Idamanku akan memperlihatkan bagimana anda bisa mendapatkan berbagai kustomisasi untuk anda .

Shortcut Pada Keyboard

Sejauh ini anda telah menggunakan shortcuts Auto Cad secara default . Di sini anda akan  mendapatkan pengetahuan lebih untuk menciptakan shortcuts yang anda inginkan untuk membantu produktifitas anda . Semua shortcuts tersebut di simpan pada file ; acad.pgp . File tersebut akan secara otomatis di muat dalam Auto Cad setiap kali anda memulai program . Sekarang anda dapat dengan mudah mengubah hal tersebut dengan menggunakan perintah AliasEdit .

Ketik perintah tersebut , maka anda melihat sebuah kotak dialog . Lalu tekan Add ;

Pada contoh di atas di perlihatkan sebuah contoh sortcuts untuk perintah Matchprop yang biasanya dengan menggunakan MA . Hal tersebut menunjukan bahwa dengan dua huruf yang tempatnya berlawanan pada keyboard tentu akan memperlambat kerja anda . Bagimana jika anda hanya menggunakan satu huruf 'N' , tentu akan dua kali lebih cepat . Ketik lalu tekan Ok ..

Setelah itu tekan Apply agar perubahan di terapkan . Anda akan melihat sebuah kotak dialog yang menunjukan bahwa anda akan menambah file acad.pgp anda . Tekan Yes jika anda yakin perubahan yang anda lakukan tersebut benar .


Tekan Yes dan anda meliha sebuah pesan pop up baru yang memberitahukan perubahan yang anda simpan dan bahwa sesi Auto Cad anda saat ini telah di perbarui . Hal tersebut berarti shortcuts yang baru saja anda tambahkan telah siap di gunakan .  

Menyesuaikan / Costomizing Interface

Quick Acces Toolbar

Dalam bahasa indonesisa bisa di sebut jalur cepat yang terdiri dari deretan ikon di bagian atas layar . Di sini anda akan menemukan tombol 'save' , 'print' dan perintah umum lainnya . Dan salah satu perintah yang tidak anda temukan adalah 'save as' dan di sini anda harus menambahkanya sendiri . Gunakan metode seperti ini setiap anda ingin menambahkan satu perintah .

Cukup tekan Mangement > Customization > User Interface . Maka anda melihat kotak dialog seperti di bawah ;


Pada bagian kiri atas , cari 1 folder quick access toolbar , lalu cari perintah' save as' dalam daftar di bagian kiri bawah . Tarik perintah pada posisi yang di inginkan pada toolbar , lalu tekan 'Apply' . Toolbar anda akan terlihat seperti di bawah ;


Jika anda telah membaca dan mempelajari semua tutorial , tentunya anda tahu bahwa tidak di sarankan menggunakan ikon . Namun mungkin anda ingin mencobanya dan ingin akses yang lebih mudah . Atau mungkin anda tidak mampu untuk membuat shortcuts untuk perintah , atau alasan lain . Namun di sini adalah bagaimana anda bisa membuat toolbar baru dengan ikon yang anda inginkan .

Dengan kotak dialog CUI yang terbuka , klik kanan pada toolbar dan pilih 'New Toolbar' ;

Setelah Toolbar anda di tambahkan ke daftar , seret perintah tersebut . Anda harus memutuskan bahwa anda ingin memiliki toolbar dengan dimensi pembaruan di atasnya untuk mengetik . Setelah anda menambahkan toolbar anda , tekan Apply untuk melihat toolbar baru anda .

Sekarang anda akan menambahkan ikon pada toolbar baru anda . Klik kanan pada toolbar dan pilih Customize lagi . Maka anda akan melihat semua perintah yang terdaftar . Sekarang anda dapat melakukan 'drag' atau 'drop' ikon dari daftar ke toolbar custom anda . Untuk latihan ini , lihat daftar perintah yang tidak anda kenal lalu anda bisa menambahkannya pada toolbar baru anda dan bisa anda coba .

Kustomisasi Klik Kanan

Selain yang telah di uraikan di atas , anda juga dapat melakukan kontrol bagaimana moust anda bekerja . Secara default , Auto Cad menampilkan menu ketika anda klik kanan di luar perintah . Untuk melakukannya , ketik OP untuk Option dan kemudian menuju pada tab ' User Preferences' . Pilih tombol  'Right-Klik Costumization' . Maka anda akan melihat kotak dialog seperti ini ;


Sebagai contoh , anda akan menemukan bahwa menggunakan klik kanan akan mempercepat . Kecuali anda terbiasa menggunakan menu tertentu , maka anda bisa beralih ke menu ini .

Contoh di atas merupakan cara yang dapat di sesuaikan dalam Auto Cad . Selain itu anda dapat membuat pola 'hatch' atau 'linetypes' bahkan 'font' sesuai dengan keinginan anda . 

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...