Mengatasi Polusi dalam Ruangan

Udara dalam rumah bisa lima kali lebih berpolusi dari pada di luar ruangan , terutama saat musim dingin / hujan . Adanya hujan dan cuaca yang dingin tentu akan memaksa anda untuk menutup rapat pintu dan jendela sehingga mempersulit terjadinya sirkulasi udara yang sehat . Terutama rumah - rumah yang di dalamnya terdapt tungku perapian yang memiliki potensi besar terjadi polusi udara dari asap pembakaran .

Bahkan lilin pun bisa mengakibatkan terjadinya polusi udara dalam ruangan. Polutan tersebut dapat memicu sejumlah penyakit, termasuk alergi, asma, dan sakit kepala kronis.  Berikut adalah beberapa strategi yang efektif untuk membersihkan udara, yang dapat memberikan kenyamanan dalam upaya anda untuk bernapas lebih segar .

Perhatikan Kelembaban

Air merupakan penyebab dari beberapa masalah pada rumah anda , termasuk juga untuk udara dalam ruangan yang kurang sehat . Terlalu banyaknya air akan meningkatkan kelembaban hingga 50% , titik di mana jamur , dan juga alergen lainnya akan berkembang . Untuk itu pastikan selokan / got di sekitar rumah anda berjalan lancar . Jaga kelembaban sekitar rumah anda dengan memperhatikan resapan air yang baik . 

Bersihkan Debu 

Semua partikel-partikel yang anda lihat pada siang hari berasal dari serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan polutan lainnya. Usahakan mencegah penumpukan debu pada karpet, furnitur, dan permukaan lainnya. Seminggu sekali sudah cukup, namun jika anda memiliki hewan peliharaan , Anda mungkin perlu membersihkan lebih sering. Gunakan vakum yang baik untuk hasil yang maksimal .

Sebelum anda menggunakan vakum ada baiknya anda membersihkan debu pada furniture , tirai , dan juga ambang jendela / pintu menggunakan kain yang lembab . Tempatkan keset di depan pintu untuk mnghindari penumpukan debu dari sepatu / sandal . 

Aktifkan Exhaust Fan 

Kipas merupakan alat yang baik untuk mendapatkan udara segar dan mencegah pencemaran . Selalu aktifkan kipas angin anda pada kamar mandi setelah anda gunakan untuk menghindari kelembaban dan menghilangkan jamur . Juga pada dapur anda untuk mengeluarkan asap dan juga bau tak sedap setelah beraktifitas .

Kandungan Bahan Kimia

Ingat bahwa bahwa banyak produk pembersih yang merupakan sumber potensial dari kontaminan . Jadi gunakan mereka pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik . Pakailah bahan dengan kandungan rendah VOC ( Senyawa organik yang mudah menguap ) , serta biarkan jendela terbuka untuk beberapa saat untuk mengeluarkan bahan kimia yang terdapat pada barang yang anda gunakan .

Hilangkan Asap dan Rokok 

Kita semua tahu bahwa merokok membunuh. Tapi banyak yang tidak mengetahui bahwa sekitar 3.000 perokok meninggal setiap tahun akibat kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok. Jadi larangan merokok di rumah anda . Tungku perapian juga dapat melepaskan asap berbahaya jika mereka tidak dipelihara dengan baik. Begitu juga dengan lilin wangi, dupa dapat mengirim partikel ke udara yang dapat menyebabkan serangan asma dan reaksi alergi .
Lalu ada karbon monoksida, polutan lebih mengancam yang mengklaim ratusan nyawa setiap tahun. Disebut sebagai silent killer, yang tidak berbau, tidak berwarna gas dapat membunuh tanpa peringatan jika ada kebocoran dari tungku , pengering pakaian, atau alat bahan bakar minyak lainnya. Pasang alarm CO pada setiap tingkat rumah anda , termasuk ruang bawah tanah .

Gunakan Alat Pembersih Udara

Alat tersebut dapat membantu membersihkan udara dalam rumah anda . Tanpa ventilasi yang tepat, menggunakan Pembersih Udara untuk mengurangi polusi di Rumah anda seperti bailing udara .

Itulah sedikit tips yang bisa kami uraikan , semoga bermanfaat bagi anda semua . Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...