Roof Garden




Siapa yang bilang sebuah taman hanya terbatas pada halaman rumah atau taman pada halaman depan.? Roof Garden sebuah solusi yang tepat untuk anda yang akan memberikan sentuhan dramatis pada rumah anda . Roof Garden adalah sebuah taman yang berada di atap rumah anda , tentu saja sebaiknya atap rumah anda berbentuk datar atau dari beton . Memiliki Roof Garden pasti akan menyenangkan karena akan membuat rumah anda lebih sejuk dan asri . Anda bisa menciptakan sebuah ruangan tersendiri di atas atap rumah untuk berkumpul dengan anggota keluarga untuk bersatu dengan alam .

Isu tentang fenomena Global warming (pemanasan global ) telah memacu dunia dan ilmu arsitektur untuk lebih memperhatikan fungsi suatu bangunan . Bahwasannya sebuah gedung merupakan pengkonsmsi energi terbesar kedua setelah transportasi . Hal tersebut yang kemudian menghasilkan suatu desain dari para arsitektur dengan istilah green building . Dan sekarang sudah banyak rumah atau apartemen yang mengaplikasikan roof garden yang hijau dan indah . Bahkan beberapa developer menjadikan ide green and nature sebagai bahan promosi mereka ,
Di kota - kota besar roof garden menjadi trend tersendiri dan solusi untuk menciptkan penghijauan kota tersebut . Hal ini di karenakan susahnya mendapatkan lahan yang luas di kota besar , bisa di karenakan harga yang melambung atau memang sempitnya lahan yang ada . Roof Garden juga sangat banyak sekali manfaatnya seperti , Mengurangi polusi udara , Menstabilkan gas rumah kaca (karbon dioksida) , Mengurangi efek radiasi sinar matahari , dan masih banyak lagi . Berikut sedikit uraian tentang manfaat dari roof garden .

- Mengurangi polusi udara 

Nitrogen oksida , karbon monoksida dan lainnya dari pencemaran udara dapat menyebabkan dampak yang serius bagi kelangsungan hidup semua warga , gas berbahaya lainnya juga dapat menciptakan partikel berbahaya di udara . Dengan adanya roof garden akan mengurangi 0,2 kg aerosol dan partikel asap per 1 m persegi , selain itu nitrat dan bahan lain di udara dan air hujan dapat di endapkan di media tanam dari roof garden tersebut .  


Roof Garden
- Mengurangi Efek Radiasi Sinar Matahari 

Roof garden dapat menurunkan suhu dan memberikan hawa sejuk ke dalam ruangan - ruangan pada sebuah gedung dengan iklim mikro yang tercipta oleh vegeasi dari roof garden . Oleh karenanya akan berdampak pada pengurangan penggunaan AC dan lebih menghemat energi . Karena roof garden merupakan AC alami yang dapat melembabkan udara yang kering . 


Roof Garden
- Mencegah Banjir 

Dengan media tenam yang ada pada roof garden , maka roof garden akan menyerap air hujan antara 50 % - 90 % . Air tersebut akan mengalami siklus air melalui proses transpirasi dan evaporasi tumbuhan yang akan mengubah air hujan menjadi uap di udara sedangkan kelebihannya akan di simpan oleh media tanam untuk sementara . Sebagai imbasnya pemilik gadung akan mengurangi pembuangan air melalui salauran dan selokan . 


Roof Garden
- Ruang Serbaguna 

Roof garden dapat di jadikan berbagai ruangan yang indah seperti Cafe atau Ruang Fitness dengan desain yang menawan . Pemilik Rumah atau gedung akan sedikit berhemat dengan tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat ruangan lain lagi .


Roof Garden
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang akan anda dapat dari roof garden . Silahkan anda searching di web - web internet untuk pengetahuan lebih banyak . Setelah mengetahui manfaat dari roof garden selanjtnya anda harus mengetahui struktur dan jenis tanaman untuk mewujudkan roof garden di rumah anda . Rumah Idamanku akan memberik sedikit uraian mengenai hal tersebut . 

- Dak atap yang memadai 

Untuk mewujudkan roof garden yang sempurna tentu tergantung pada atap suatu grdung atau rumah . Untuk itu atap harus memenuhi kriteria seperti : 
  • Kekuatan Struktur : Roof garden yang akan di buat tidak boleh melebihi kapasitas dari daya penahan beban dari atap tersebut . Untuk itu di perlukan perhitungan tehnik yang baik dan cermat . 
  • Anti Bocor : Anda bisa melapisi atap dengan water profing dan biarkan hingga benar - benar mengering hingga nantinya atap menjadi tahan air . 
  • Drainase yang tepat : Drainase adalah pengaturan kemiringan lantai pada suatu atap hingga air mengalir pada saluran yang tepat .  
 - Media Tanam 

Jenis media tanam yang akan di pakai pada roof garden haruslah ringan dan memiliki kemanpuan menyediakan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman . Campuaran antara pasir , tanah , dan kerikil serta pupuk yang cukup merupakan contoh yang terbaik untuk roof garden .Atau anda bisa menggunakan styrofoam untuk mengurangi sedikit beban media tanam . 

- Jenis Tanaman 

Jenis tanaman yang di gunakan pada roof garden harus anda perhatikan dengan seksama , yang paling baik adalah tanaman dengan karakter sbb :
  • Tahan terhadap sinar matahari seperti : Tanaman perdu dan lainnya .
  • Memiliki akar yang menjalar seperti : Pohon Pagoda .
  • Gunakan Tanaman yang sering berbunga seperti : Bunga Mawar , melati , kamboja dll .
  • Berbatang Lunak Seperti : Aracea , rulea , lili paris brasil dll .
- Perawatan 

Karena tanaman pada roof garden akan terkena matahari langsung dan suhu yang lebih panas maka anda melakukan perawatan dengan seksama seperti penyiraman yang teratur agar tanaman tidak kekurangan air . 

Demikian sedikit uraian dari Rumah Idamanku mengenai roof garden yang semoga bermanfaat bagi anda semua . Selanjutnya adalah contoh desain lanskap dari taman yang berada di atap rumah tersebut , Lihat beberapa contoh di bawah :


Roof Garden


Roof Garden


Roof Garden

Sangat indah bukan?

Sekali lagi ,Yang harus anda perhatikan dalam menciptakan Roof Garden adalah anda harus memperhatikan kekuatan atap , jenis tanaman , dan media tanam yang anda gunakan.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...