Arsitektur Candi Borobudur

Arsitektur Candi Borobudur
Berbicara tentang Arsitektur Kuno,Bukan cuma cuma yunani atau mesir yang kaya dengan dengan arsitektur kuno atau banguna bersejarah.Di indonesia juga kaya dengan peninggalan banguna bersejarah dengan desain arsitektur unik dan sangat indah.
 
Salah satu contoh dari Arsitektur Kuno atau Bangunan bersejarah di indonesia adalah candi borobudur.Memang kalau di hitung dari usia candi borobudor masih kalah tua dengan Parthenon yang ada di yunani atau piramida mesir.Akan tetapi candi borobudur merupakan bangunan bersejarah yang ada di indonesia yang telah di akui dunia bahkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.
Di bangun pada masa raja samaratungga dari wangsa syailendra pada tahun 824 dengan 2672 relief dan 504 stupa candi borobudur masih berdiri kokoh sampai sekarang dan menjadi satu aset negara.Tetapi di sini kita akan melihat keindahan arsitektur candi borobudur tersebut.

1.Relief  Candi Borobudur

Relief  Candi Borobudur
Relief merupakan seni pahat ukir pada permukaan batu atau kayu . Pada candi bororbudur terdapat seni artistik yang fenomenal dan mahakarya agung sebagai monumen budha terbesar di dunia yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO .

Relief candi borobudur sendiri konon bisa mencapai 6 km apabila di bentangkan . relief tersebut bisa di baca dengan cara mengitari searah jarum jam atau di sebuat mapradaksina(bahasa jawa kuno) .

Menceritakan kisah kehidupan budha dan kehidupan manusia pada jaman itu relief candi borobudur terbagi beberapa kisah kehidupan seperti : Karmawibhanga , Lalitawistara , Jatakamala dan Awadana , Gandawyuha .

Berikut sedikit keterangan singkat mengenai relief pada candi borobudur , Simak ulasan berikut :

Relief Karmawibhanga Bercerita tentang kehidupan manusia pada jaman tersebut dan hukum sebab akibat ( hukum karma ) yang berjumlah 160 panil . Untuk lebih lengkap kunjungi musium karmawibhanga . Berikut beberapa contohnya ;

Arsitektur Candi Borobudur

Relief Lalitawistara berjumlah 120 panil dan bercerita tentang kehidupan sang budha gautama dari lahir hingga keluar istana .

Arsitektur Candi Borobudur

Relie Jatakamala dan Awadana menceritakan tentang kisah sang budha sebagai pangeran sidharta dan berbagai pengorbanan nya selama reinkarnasi . Lihat beberapa penggalan berikut :


Arsitektur Candi Borobudur

Relief  Candi Borobudur

Relief Gandawyuha berjumlah 460 panil yang menceritakan kisah sudhana (seorang putra saudagar kaya ) yang mencari kebenaran sejati , dan juga sumpah sudhana untuk menjadikan bodhisatwa samantabhadra sebagai panutan hidupnya .

Arsitektur Candi Borobudur

2.Stupa Candi Borobudur

Stupa Candi Borobudur
Dalam pengertian agama budha stupa merupakan tempat menyimpan abu suci dari sang budha . Stupa candi borobudur di buat bertingkat yang melambangkan filsafat dasabodhisatwabhumi , yang berarti selain sebagai tempat menyimpan abu sang budha juga sebagai makam raja-raja dinasti syailendra .

Pada candi borobudur, stupa di bagi menjadi tiga tingkat yaitu : stupa kecil , stupa berlubang , dan stupa induk .


Arsitektur Candi BorobudurStupa kecil merupakan stupa yang berukuran paling kecil pada candi borobudur . Berada pada sekeliling bangunan candi dan sebagai penghias candi borobudur .



Stupa Candi Borobudur
Stupa berlubang atau Terawang , berjumlah 72 stupa yang terdapat pada sekeliling teras tingkat I , II , dan III . Pada tingkat I terdapat 32 stupa , Pada tingkat II terdapat 24 stupa , dan pada tingkat III terdapat 16 stupa . Jadi total ada 72 stupa .

Arsitektur Candi BorobudurStupa Induk merupakan stupa paling besar di bandingkan yang lainnya . Dengan diameter hampir 10 meter stupa induk tertutup rapat hingga tidak ada orang yang bisa melihat isinya . Berada di puncak dan tengah-tengah candi sebagai penghias keajaiban dunai yang menakjubkan .



Itulah beberapa keindahan desain arsitektur relief dan stupa dari candi borobudur,untuk ketengan yang lebih anda bisa searching di internet atau bisa datang langsung ke situs bersejarah di yogayakarta tersebut.Di sini hanya memperlihatkan arsirektur Candi Borobudur karena di era modern sekarang banyak juga yang menghiasi rumah idaman mereka dengan relief dan stupa.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...