Keajaiban Arsitektur Piramida


piramida mesir
Misteri Piramida

Piramida Giza adalah monumen paling terkenal dari Mesir kuno. Struktur yang terbuat dari batu besar dibangun sekitar 4500 tahun yang lalu di padang pasir dataran tinggi berbatu dekat Sungai Nil. Tapi piramida mesir lebih menarik dari sekedar makam untuk raja. Misteri sekitar simbolisme mereka, desain dan tujuan telah menjadi perdebatan. Sangat mungkin bahwa banyak dari misteri ini tidak akan pernah terpecahkan ...

Kebangkitan dan Kehancuran Era Piramida
Piramida melambangkan Mesir kuno, namun yang terbesar dibangun selama kurun waktu singkat di awal sebuah peradaban yang berlangsung hampir tiga ribu tahun. Pertama piramida Mesir yang besar adalah Step Pyramid di Saqqara, yang dibangun selama dinasti ketiga dari Kerajaan Lama untuk melindungi tubuh dari raja Djoser yang meninggal sekitar 2649 SM. Itu adalah prestasi ini yang digembar-gemborkan usia pendek tapi luar biasa dari batu piramida raksasa Mesir kuno.

Prestasi terbesar dari pembangun piramida adalah Piramida Giza, dibangun di dekat ibu kota Memphis untuk raja-raja dinasti keempat Khufu, Khafre dan Menkaure yang memerintah 2589-2504 SM melalui. Namun bangunan piramida segera berkurang sebagai kekuatan dan kemakmuran raja-raja Mesir melemah dengan akhir Kerajaan Lama.

piramida giza
Piramida besar pertama di Mesir adalah Step Pyramid untuk raja Djoser. Pada dasarnya enam mastaba ditumpuk (struktur makam) dari penurunan ukuran, itu adalah prestasi besar dan dikenal susunan batu monumental tertua di dunia. Itu dibangun di Saqqara, sekitar 15 kilometer dari Giza.

piramida besar pertama
Puncak kejayaan  Kerajaan  Mesir.kuno. Piramida Menkaure perkasa, Khafre dan Khufu di Giza.

Apa Tujuan dari Piramida Mesir ?

Orang-orang Mesir kuno percaya bahwa kematian di bumi adalah awal dari sebuah perjalanan ke dunia berikutnya . Tubuh dibalsem raja dimakamkan di bawah atau di dalam piramida untuk melindunginya dan memungkinkan transformasi dan kenaikan ke alam baka , dan tempat di antara para dewa .

Masing-masing dari Piramida Giza merupakan bagian dari kompleks piramida yang termasuk sebuah kuil kamar mayat sebelah mana ritual untuk raja mati dan untuk para dewa Mesir mungkin telah dilakukan . Sebuah jalan lintas berlari ke sebuah kuil yang lebih rendah di dekat dataran banjir sungai Nil yang bertindak sebagai gerbang ke kompleks . Kompleks sekitar Piramida Besar Khufu juga termasuk tiga piramida kecil untuk ratu nya , lubang untuk kapal penguburan dan banyak makam mastaba untuk keluarga kerajaan dan pejabat .

Sayangnya , piramida menjadi target yang jelas untuk perampok makam . Piramida Giza dijarah lama tubuh dan apa pun dimakamkan dengan mereka , meskipun upaya hampir super orang Mesir untuk melindungi sisa-sisa raja-raja mereka .

patung spink
Patung Sphinx di depan Piramida Khafre. Usia dan tujuan Sphinx diperdebatkan, tapi itu mungkin bagian dari kompleks Piramida Khafre.

kapal kayu cedar
Salah satu dari beberapa kapal kayu cedar dimakamkan dekat dengan Great Pyramid of Khufu. Mereka mungkin telah digunakan selama pemakaman Khufu, atau dimaksudkan sebagai perahu surya untuk mengangkut raja di akhirat.

Utusan Para Dewa

Selama era Kerajaan Lama, raja-raja mesir mulai menekankan asosiasi ilahi mereka dan orang-orang mereka percaya mereka untuk menjadi manifestasi dari dewa Horus. Setelah waktu Khufu, raja juga menyatakan untuk menjadi anak-anak dewa matahari besar Re. Setelah kematiannya, raja menjadi terkait dengan Osiris, ayah dari Horus dan dewa dunia bawah. Kekuatan suci raja ditanggungkan kepada penguasa baru - biasanya anaknya.

dewa dewa yunani



Keajaibanu Ukuran dan Presisi Piramida

Piramida Besar di Giza adalah yang terbesar dari piramida Mesir kuno. Khufu (Cheops ke Yunani) memerintah sekitar 2589-2566 SM ketika Kerajaan Lama Mesir sudah mendekati puncak kemakmuran dan budaya. Piramida Nya mengherankan untuk kedua ukuran dan presisi matematis.

Hal ini sering mengatakan bahwa Piramida Besar Khufu berisi 2,3 juta blok batu, meskipun beberapa sekarang mempertanyakan angka ini. Keempat sisi piramida secara akurat berorientasi pada poin kardinal kompas. Dasar adalah persegi sempurna dekat dengan sisi panjang 230 meter dan perbedaan di antara mereka hanya beberapa sentimeter.

Piramida ini awalnya terbungkus dalam halus, batu kapur putih yang harus berkilau di bawah sinar matahari Mesir yang keras. Sayangnya, ini dijarah lama untuk menyediakan bahan bangunan untuk Kairo. Struktur kolosal ini awalnya 146 meter sampai kehilangan casing luar dan batu penjuru nya.

piramida besar khufu
Piramida Menkaure, Khafre dan Khufu menara ke langit di atas dataran tinggi Giza. Khufu Great Pyramid, yang paling jauh di gambar ini, adalah yang tertinggi. Ketika kita berdiri di hadapan monumen Kerajaan Lama ini, akan sulit untuk memahami ukuran besar atau usia besar mereka.

pramida giza
The Great Pyramid of Khufu di Giza dianggap sebagai bangunan yang paling besar yang pernah dibangun di dunia - statistik yang luar biasa untuk sebuah prestasi konstruksi mencapai 4500 tahun yang lalu!

patung spink
The Sphinx dan Great Pyramid of Khufu. The Great Sphinx misterius, dengan kepala manusia dan tubuh singa, adalah sebuah patung kolosal dipotong dari batuan dasar Giza. Tampaknya untuk memimpin necropolis Giza.


Bagaimana Piramida dibangun?

Tampaknya mungkin bahwa Piramida Giza tidak dibangun oleh para budak tetapi dengan buruh dibayar dimotivasi oleh iman dalam keilahian dan keabadian raja-raja mereka. Persis bagaimana piramida dibangun tidak jelas. Sangat mungkin bahwa tanggul miring dibangun hingga atau sekitar piramida. Blok besar mungkin kemudian telah diangkut di kereta luncur dengan bantuan rol, tali papirus dan tuas. Meskipun sebagian besar batu yang digali secara lokal di Giza, beberapa harus diangkut ke lokasi sepanjang Sungai Nil.


Isi Dalam Piramida.

Dari pintu masuk tepat di atas dasar Piramida Besar, sebuah tangga kecil dan sempit naik untuk 36 meter melalui inti batu padat ke Galeri Agung yang menjulang tinggi. Ini naik lagi 46 meter untuk mencapai Raja Chamber dan sarkofagus kosong di jantung piramida fenomenal ini. Berat besar yang dikenakan di atas Raja Chamber didisipasikan oleh serangkaian ruang menghilangkan stres dan balok granit besar dibangun di atasnya.

tangga dalam piramida giza
Gang Tangga Naik

tangga dalam piramida giza 



Sarkofagus di Raja Kamar itu dibuat dari satu bagian dari granit merah. Ruang dingin berdinding oleh blok besar batu yang sama. Kita tidak akan pernah tahu apakah Khufu atau orang lain benar-benar dimakamkan di sini. Meskipun upaya dari orang Mesir kuno untuk menutup ruang suci, itu mungkin dilanggar dan merampok bahkan sebelum akhir Kerajaan Lama.


sarkofagus
Raja Chamber di jantung Piramida Besar memegang sarkofagus batu kosong.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...