Arsitektur Islam Paling Menakjubkan di Dunia

msjidil haram
Dalam bidang arsitektur , islam juga mempunyai sejumlah peninggalan arsitektur yang megah dan menakjubkan . Bahkan sampai sekarang telah melewati beberapa pemugaran hingga menjadikannya makin indah . Berbagai bentuk desain yang di dominasi lengkungan dan kubah menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri .

Salah satu contoh kemegahan desain arsitektur islam paling menakjubkan di dunia seperti yang terlihat pada gambar diatas , adalah masjidil haram yang berada di mekah . Pusat dan sebagai qiblat umat islam dalam melakukan ibadah yang setiap tahunnya setiap tahunnya di datangi oleh umat muslim dunia untuk melakukan ibadah haji . 

Berikut bangunan bersejarah yang indah dan menawan sebagai perlambang kejayaan islam :

Masjid Agung Umayyad - Damaskus - Suriah

Di bangun sekitar tahun 634 M , Terletak di kota tua Damaskus dan merupakan salah satu masjid terbesar dan tertua di dunia . Pada awalnya masjid agung umayyad merupakan basilika kristen yang di dedikasikan untuk yohanes pembabtis ( yahya ) yang di yakini sebagai nabi oleh umat kristen dan umat muslim . Di dalam masjid tersebut terdapat beberapa makam yang di anggap suci di antaranya makam Yohanes Pembabtis ( Yahya ) , makam Husain bin Ali ( cucu dari Nabi Muhamad SAW ) , makam Salahuddin Al Ayyubi .


Registan Square - Samarkand - Uzbekistan

 
Registan Square merupakan sebuah peninggalan budaya dan arsitektur islam yang merupakan monumen spektakuler pada abad 15 - 17 . Monumen tersebut menampilkan desain mozaik yang menakjubkan dengan pola yang unik . Square tersebut terdiri dari tiga madrasah yang megah :
  • Ulugh Beg Madrasah
  • Sher Dor Madrasah
  • Tilya Kori Madrasah
Registan Square terletak di jantung kota samarkand dan merupakan salah satu bangunan terindah di Uzbekistan bahkan di seluruh asia .


Masjid Kalan - Bukhara - Uzbekistan 

Kemegahan Masjid kalan terlihat pada menara masjid tersebut yang memiliki memiliki 14 pita hias dengan bentuk yang masing - masing berbeda . Dan merupakan sebuah bangunan dengan menggunakan mozaik berwarna biru untuk pertama kalinya di seluruh asia tengah . Menara tersebut memiliki 105 anak tangga yang dapat di akses melalui masjid kalan yang berkapasitas 10.000 jama'ah . Bentuk atap terlihat datar namun sebenarnya memiliki 288 kubah yanh indah .

Di bangun pada abad 16 dulunya masjid kalan hanya di jadikan gudang di masa uni sofyet dan di baru di buka sebagai tempat peribadatan pada tahun 1991 .


Masjid Jami' New Delhi - India

Di bangun pada tanggal 19 oktober 1950 , masjid jami' new delhi mempunyai keindahan arsitektur islam yang menakjubkan . Diantaranya kaligrafi Al-Qur'an yang menghiasi masjid tersebut serta pembuatan mimbar di mahrab masjid yang posisinya lebih tinggi dari singgasana sultan yang berada di red fort .

Desain lantai masjid jami' new delhi berada di atas pondasi setinggi 1,5 m yang di lengkapi dengan 3 anak tangga berada di utara dan selatan masjid . Lantai masjid tersebut di hiasi dengan 899 ornamen bergaris menyerupai sajadah yang terbuat dari batu pualam . Masjid dengan tiga gerbang besar yang di lengkapi dengan menara , sedangkan menara utama berjumlah 2 buah dengan ketinggian mencapai 41 meter dengan 130 anak tangga . Masjid yang mampu menampung jama'ah hingga 100 rb jama'ah dengan ukurannya yang sangat luas dengan panjang 80 m dan lebar 27 m .


 Masjid Baiturrahman - Banda Aceh - Indonesia 

Terletak di jantung kota banda aceh , Masjid Baiturrahman Aceh merupakan masjid kesultanan aceh yang di bangun oleh sultan iskandar muda tahun 1612 M . Masjid tersebut di desain dengan megah dan menakjubkan dengan keindahan arsitekturnya . Masjid baiturrahman merupakan salah satu masjid terindah di indonesia dengan memiliki arsitektur yang memukau seperti ukiran yang menarik , halaman luas serta air mancur di depan masjid dan mirip dengan bangunan taj mahal di india .


Masjid Ibnu Tulun - Kairo - Mesir

Di bangun sekitar tahun 870 - 879 M oleh Ibnu Tulun dan merupakan salah satu masjid terbesar di dunia . Masjid Ibnu Tulun berada di kairo - mesir dan di bangun dengan keindahan yang menakjubkan seperti ukiran yang unik dan indah serta dominasi gaya mesopotamia . Pada menara masjid tersebut yang bergaya samarra terdapat sebuah tangga spiral sebagai akses menuju ke atas .

Ukuran masjid ibnu tulun tergolong sangat luas dengan luas 140 x 116 meter , sedangkan luas keseluruhan adalah 162 x 162 meter . Bentuk persegi empat yang di kelilingi dinding - dinding bertiang dan berserambi . Keunikan dari masjid ibnu tulun terdapat pada desain kubah yang berada di tengah pelataran sebagai air mancur dan tempat wudlu . Keindahan lain pada bangunan tersebut adalah adanya pilar -pilar yang kokoh berjumlah lebih dari 80 pilar yang saling menyambung dengan desain lengkungan yang unik .


Kubah Shakhrah - Yerussalem - Palestina

Kubah Shakhrah merupakan sebuah bangunan yang mirip dengan bangunan masjid yang berada di kota lama yerussalem . Di dirikan pada tahun 691 dan merupakan tempat suci bagi umat yahudi dan umat muslim . Bagi umat yahudi tempat tersebut di anggap paling suci karena di dalam bangunan tersebut terdapat batu ash-shakhrah . Sedangkan bagi umat islam terdapat sebuah batu yang menjadi tempat berdiri oleh Nabi Muhamad saat isra' mi'raj .

Desain dari bangunan tersebut sangat indah dengan kaligrafi Al-Qur'an dan juga motif keramik dengan pola dan warna yang indah di luarnya .


Jembatan Khaju - Isfahan - Iran

Sebuah desain jembatan yang memiliki arsitektur indah dan menawan . Terletak di kota isfahan - iran , Jembatan Khaju merupakan jembatan yang membentang dengan panjang di sungai zayandeh . Di bangun pada tahun 1650 pada masa pemerintahan yang mulia shah abbas dengan keunikan 24 gapura yang terdapat pada sepanjang jembatan tersebut . Pada setiap gapura terdapat acessories yang indah dan menawan serta merupakan tempat yang romantis di daerah  tersebut .


Masjid AMR - Kairo - Mesir

Masjid yang sekarang berdiri dengan indah seperti gambar di atas bukanlah bentuk asli dari Masjid AMR yang di bangun tahun 641 - 642 M oleh Amru Bin Ash tersebut . Masjid berbentuk empat persegi panjang dengan halamn tengah yang di biarkan tanpa atap dengan lantai marmer . Di tengah halaman tersebut terdapat sebuah kubah besar dengan delapan tiang sebagai tempat air siap minum bagi jama'ah .

Di dalam area masjid terdapat pilar - pilar dari batu pualam sebagai struktur penopang atap . Pada mihrab berbentuk setengah lingkaran dan terdapat ornamen ukiran berwarna emas . Sementara pada langit - langit terdapat lampu gantung antik dan unik menggantung dengan indahnya .


Al Hambra - Granada - Spain

Istana Alhambra berada di bukit La Sabica - Granada - Spanyol dan merupakan bukti sejarah kejayaan islam di spanyol yang dulu bernama andalusia . Terdapat keindahan desain arsitektur pada tempat tersebut seperti karya senia pada air mancur dengan air yang bergelombang menghasilkan suara yang sangat indah . Di namakan istana alhambra yang berarti istana merah karena di dominasi warna merah pada keramik dan batu bata merah serta ornamen pada dinidng yang kemerah - merahan.

Keindahan lain adanya kolam air mancur pada halaman istana di lengkapi dengan tanaman bunga yag harum dan semerbak serta taman singa yang di kelilingi dengan 128 tiang dari marmer . Pada dinding alhambra terdapat ukiran unik kaligrafi islam pada batu marmer dan juga hiasan kaligrafi tulisan kursif dan kufic .


Masjid Huajue Xiang - di Xi'an

Bangunan masjid yang satu ini tergolong paling unik di antara yang lain , berlokasi di xi'an sekitar 120 km sebelah barat gunung huashan . Masjid yang sudah berumur lebih dari 1000th tersebut di bangun pada tahun 742 dan merupakan masjid tertua di china . Masjid Agung Xi'an tersebut berada di atas lahan seluas 13.000 m2 dengan luas bangunan 6000m2 .

Desain unik di perlihatkan pada masjid ini yang menyerupai sebuah kelenteng ( tempat ibadah tradisional china ) yang di lengkapi dengan halaman dan pagoda . Bukan hanya itu Masjid Huajue Xiang memiliki kaligrafi Al-Qur'an yang bertebaran di setiap sudut interor masjid tersebut .  


Taj Mahal - India

Merupakan salah satu dari keajaiban dunia yang menakjubkan dari india . Taj Mahal di bangun pada tahun 1632 oleh maharaja dinasti moghul - shah jahan . Bangunan yang menyerupai sebuah masjid tersebut yang ternyata adalah sebuah makam paling cantik di dunia yang di dedikasikan untuk istri tercinta shah jahan yang meninggal saat melahirkan anak yang ke 14 .

Taj Mahal di kelilingi oleh batu marmer yang indah pada seluruh dindingnya dan juga di lengkapi dengan empat buah menara yang menakjubkan . Pada dindingnya juga terdapat kaligrafi Al-Qur'an yang terbuat dari marmer hitam .


Caravanserai - Turki

Caravanserai merupakan sebuah hotel goa yang berada di turki . Hotel tersebut memiliki tiga buah teras terbuka yang indah serta menyajikan indahnya pemandangan kota . Setiap kamar pada hotel tersebut terbuat dengan dinding batu serta langit - langit yang rendah . Untuk menikmati pemandangan kota gerome yang indah , caravanserai merupakan tempat yang tepat bagi para tamu .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...