Mempercantik Jalan Setapak di Taman



jalan setapak dan taman

Mempunyai rumah yang tidak terlalu besar tidak harus membuat anda resah .Yang paling penting adalah bagaimana menciptakan kesan pertama yang baik dengan jalan setapak di taman di depan pintu rumah anda untuk menyambut tamu atau kerabat anda . Pada dasarnya konsep utama sebuah jalan setapak di taman adalah untuk mencapai seluruh area taman di rumah anda agar tanaman anda tidak terinjak oleh kaki dan tetap terlihat indah .

Ada berbagai gaya dalam menciptakan jalan setapak di taman agar terlihat cantik , seperti :

- Jalan setapak yang permanen .
- Penambahan stepping stone ( Batu pijakan kaki ) .
- Pemasangan batu alam dengan tekstur yang alami .
- Jalan setapak dari kumpulan batu - batu kecil .

Namun semua tergantung pada keputusan anda sendiri , silahkan tentukan pilihan sesuai gaya dan selera anda . Setelah anda menetukan gaya untuk mempercantik jalan setapak di taman , ikuti langkah- langkah berikut :

- Perencanaan

Perencanaan di maksudkan untuk membuat sebuah layout tentang desain dan di mana saja material akan di tempatkan . Untuk mempercantik jalan setapak di taman berilah sentuhan rumput pada sela - sela bebatuan yang ada di jalan . Anda harus memberi tanda khusus di mana rumput dan bebatuan tersebut di tempatkan dengan membuat garis di tanah atau dengan menggunakan tali membentuk jalan yang akan di ciptakan .

- Pembersihan 

Bersihkan area yang akan di buat jalan setapak di taman . Setelah semua bersih dari sisa rumput dan kerikil - kerikil anda baru bisa melaksanakan pembuatan jalan setapak di taman .

Setelah semua persiapan di atas anda lakukan dan jalan setapak anda sudah siap di gunakan , langkah selanjutnya adalah mempercantik jalan setapak di taman . Karena posisi jalan ini berada di taman , tentunya harus kita percantik dengan aneka tanaman bunga yang undah dan menyegarkan . Berikut beberapa ide kreatif untuk memepercantik jalan setapak di taman anda :


  • Kombinasikan tanaman yang ada pada taman anda agar suasana selalu segar . Hal ini dalam artian tanamlah tanaman / bunga  yang berbeda waktu atau saatnya berbunga . Dengan bunga yang mekar bergantian , maka suasana taman anda akan selalu segar dan indah .Bayangkan kalau tanaman bunga anda mekar dalam waktu yang bersamaan , maka apabila waktu mekar telah habis , taman anda akan terlihat gersang . 
jalan setapak dan taman
  • Usahakan agar taman anda dapat di nikmati dari berbagai sudut . untuk itu dalam membuat layout jalan setapak anda harus memperhatikan hal itu . Jangan sampai anda membuat sebuah jalan setapak di taman yang cantik , namun anda tidak bisa menikmati keindahan dari taman anda secara maksimal . Untuk itu dalam pembuatan layout harus hati - hati dan tidak terburu - buru untuk hasil yang maksimal .
jalan setapak dan taman
  • Jalan setapak di taman harus anda buat satu titik atau satu garis dengan rumah anda . Dalam artian jarak antara rumah anda dengan jalan setapak di taman tidak berjauhan .Bayangkan kalau jalan setapak dan rumah mempunyai jarak , sudah pasti kita akan kesulitan menjangkau untuk lewat di atas jalan stapak tersebut . Selain itu dari tampilan desain juga kurang baik dan jauh dari kesan indah .
jalan setapak dan taman
  • Pilihlah tanaman yang tahan terhadat cuaca , baik sinar matahari atau perubahan iklim . Karena taman merupakan elemen untuk mempercantik eksterior rumah kita , makan di perlukan tanaman yang yang baik .Seindah apapun jalan setapak di taman anda kalau tanaman di taman anda kurang segar apalagi layu terkena sinar matahari maka suasana kesegaran akan sirna dan malah tercipta suasana hampa . Untuk itu anda harus jeli dalam memilih jenis tanaman .
jalan setapak dan taman
  • Kalau di atas ada kombinasi bunga atau waktu berkembangnya bunga . Di sini anda juga harus menggunakan kombinasi tanaman , semak , dan , pohon . Selain akan menghasilkan perpaduan warna bunga yang indah , Pohon yang anda pilih dengan tepat akan memberikan sedikit kesejukan bagi tanaman lain yang kurang tahan dengan cuaca .Untuk itu adanya kombinasi berbagai tanaman juga akan mempercantik jalan setapak di taman anda .
jalan setapak dan taman
  • Hal selanjutnya yang harus anda lakuka adalah pemilihan tanaman . hal ini lebih kepada ukuran tanaman yang akan anda implementasikan di taman rumah anda . Ukuran tanaman harus sesuai dengan rumah anda , jangan sampai anda menggunakan tanaman yang lebih tinggi dari rumah anda atau terlalu kecil dari rumah anda .Kreatifitas anda akan sangat teruji pada tahapan ini untuk menciptakan jalan setapak yang cantik . 
jalan setapak dan taman
  • Penempatan dari tanaman yang ada di taman anda juga sangat mempunyai pengaruh yang besar . Anda boleh saja mempunyai banyak jenis tanaman dan berbagai kombinasi , namun ingat untuk selalu menonjolkan desain rumah anda .Karena taman adalah elemen untuk mempercantik eksterior rumah , jadi jangan sampai terjadi hal yang sebaliknnya . Apalagi tanaman anda sampai menutupi jalan setapak yang telah anda buat . 
jalan setapak dan taman
  • Ingat fungsi utaman dari jalan setapak di taman adalah untuk menyusuri keindahan seluruh taman di rumah anda . Menciptakan kesan unik di depan pintu anda juga hal yang penting untuk anda terapkan . Karena di depan pintu pasti adalah teras , maka jalan setak di taman harus langsung menyatu dengan teras .
jalan setapak dan taman


Itulah beberapa ide untuk mempercantik jalan setapak di taman persembahan dari Rumah Idamanku . Semoga bermanfaat buat anda semua .

Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...