Tips Mengatasi Kebocoran Rumah

Kebocoran Rumah
Kebocoran...satu masalah yang sering timbul pada waktu musim penghujan tiba.Curah hujan yang deras menjasdi penyebab msuknya air hujan ke dalam rumah melalui celah-celah atap atau retakan-retakan yang terjadi pada atap.Mengatasi kebocoran pada rumah terbilang agak sulit.

penyebab Kebocoran pada rumah antara lain:

-Bentuk atap yang terlalu landai

 Atap yang terlalu landa menyebabkab air hujan sangat cepat turun,sehingga kalau pipa pembuangan tidak kuat maka air yang berda di atas talang akan mencari celah resapan damn akhirnya rumah anda mengalami kebocoran.

-Bentuk dan ukuran talang yang tidak sesuai

Talang merupakan saluran yang akan mengalirkan air dari atap ke bawah. Pastikan agar talang terpasang dengan baik juga jurai talang dan sambungan talang. Saat memilih talang, pilihlah talang dari bahan yang berkualitas agar talang tidak mudah rusak. Selain bentuk dan bahan talang, ukuran talang juga harus sesuai dengan kapasitas air yang akan dialirkan. Ukuran talang dengan kapasitas yang lebih kecil dari kebutuhannya akan menyebabkan tidak semua air dapat dengan cepat dialirkan sehingga dapat menyebabkan terjadinya kebocoran.

- Adanaya celah pada bubungan atap

Bagian tertinggi dari atap ini biasa terbuat dari campuran semen dan pasir. Jika perbandingan antara semen dan pasir tidak berimbang dapat menyebabkan campuran tidak menyatu sehingga dapat menimbulkan retak yang memungkinkan air masuk. Perubahan cuaca dapat pula menyebabkan campuran semen dan pasir ini menjadi rapuh. Hal lain lagi, celah dapat timbul karena teknik pengerjaan yang tidak rapi pada sambungan bubungan atau karpusan.

-Adanya sampah pada atap

 Menjaga kebersihan atap dari sampah membantu mengurangi resiko terjadinya bocor. Sampah yang biasanya berupa dedaunan dapat mengumpul di atap dan kemudian lama kelamaan dapat menumpuk pada lubang talang. Sampah ini akan menyumbat talang, sehingga saat hujan, talang tidak dapat menampung kapasitas air karena terhalang sampah.

Baca Juga : Rumah Anti Bocor

Cara mengatasi kebocoran

 Contoh-contoh di atas adalah penyebab kebocoran yang umum terjadi. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat melakukan langkah-langkah perbaikan. Melapisi dengan waterproof pada perbatasan, sambungan dapat menjadi perlindungan karena sifatnya yang kedap air dan mampu melapisi celah-celah yang kecil.
Pada talang beton anda bisa menggunakan ''Membran''.

Baca Juga : Mengatasi Dinding Rembes 

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...