Belajar Auto Cad 01

                                                              Sistim Koordinat X , Y 

Belajar Auto Cad - Dalam tutorial pertama anda akan belajar dasar-dasar CAD.Pelajaran ini dirancang agar perintah dan instruksi dapat bekerja pada hampir semua versi AutoCAD , meskipun versi ini dirancang khusus untuk Auto CAD 2010 dan akan bekerja besar untuk semua versi. Pada akhir level ini anda akan memiliki keterampilan untuk mengembangkan gambar 2D dasar dan mencetaknya untuk skala .

Mari kita mulai dari awal , hal-hal yang perlu anda ketahui , atau sisanya tidak akan masuk akal sama sekali. Pastikan anda memiliki pemahaman yang sangat baik dari pelajaran ini sebelum melanjutkan . Pelajaran ini lebih panjang daripada kebanyakan ( dan tidak terlalu menarik ) , tapi akan mencakup topik penting .

sistem koordinat X , Y

Segala sesuatu yang anda gambar di Auto CAD adalah tepat . Ini akan lebih akurat daripada yang pernah anda lakukan . Kita bicara 14 poin desimal secara akurat . Semua benda yang digambar di layar yang ditempatkan di sana didasarkan pada sistim koordinat X , Y sederhana . Dalam AutoCAD ini dikenal sebagai World Coordinate System ( WCS ) . Anda harus memahami ini untuk mengetahui bagaimana untuk menempatkan hal-hal di mana anda inginkan . 3 - D bekerja memiliki sumbu tambah , sumbu Z , tapi ini tidak tercakup dalam pelajaran ini . Berikut adalah diagram yang menunjukkan pada anda bagaimana sistem ini bekerja .

koordinat x ,y

Line dari -10 , -5 sampai 7,5
Berikut adalah cara kerjanya :

AutoCAD menggunakan poin untuk menentukan di mana obyek berada. Dari asal mana itu mulai menghitung . Titik ini adalah ( 0,0) . Setiap objek terletak dalam kaitannya dengan asal . Jika anda hendak menarik garis langsung keluar ke kanan dari titik asal , ini akan dianggap positif X - sumbu . Jika anda adalah untuk menarik garis lurus ke atas , ini akan menjadi positif sumbu Y . Gambar di atas menunjukkan titik yang terletak di ( 7,5 ) . Ini berarti bahwa intinya adalah 7 unit selesai dalam sumbu X dan 5 unit di sumbu Y . Ketika anda bekerja dengan poin, X selalu datang pertama . Titik lain yang ditampilkan adalah ( -10 , -5 ) . Ini berarti bahwa intinya adalah 10 unit pada sumbu X ( kiri) dan 5 unit negatif dalam negatif sumbu Y ( bawah ) .

Sebuah garis memiliki dua titik , titik awal dan titik akhir . AutoCAD bekerja dengan titik-titik untuk menampilkan garis pada layar . Pindahkan kursor di atas gambar di atas dan Anda akan melihat garis yang ditarik dari titik mutlak ( -10 , -5 ) ke ( 7,5 ) .

Sebagian besar waktu anda tidak akan memiliki indikasi dari mana asal adalah . Anda mungkin perlu untuk menarik garis dari titik akhir dari garis yang ada . Untuk melakukan ini, Anda menggunakan poin relatif. Ini bekerja dengan cara yang sama , tetapi anda harus menambahkan simbol @ (shift +2 ) untuk memberitahu AutoCAD bahwa titik ini selanjutnya adalah relatif dari titik terakhir dimasukkan.

Untuk meninjau :
POIN MUTLAK adalah poin yang sebenarnya di ruang gambar .
POIN RELATIF relatif ke OBJEK pada ruang gambar .

Sistem yang sederhana , tetapi menguasai itu adalah kunci untuk bekerja dengan AutoCAD dan dijelaskan secara lebih rinci lebih lanjut di bawah . Dalam rangka untuk bekerja efektif dengan AutoCAD , Anda harus bekerja dengan sistem ini . Sampai anda merasa nyaman dan akrab dengan itu , belajar AutoCAD akan lebih dari sebuah tugas .

Pengukuran sudut

AutoCAD mengukur sudut dengan cara tertentu juga . Lihatlah diagram di bawah ini dan kemudian menempatkan mouse anda di atasnya untuk melihat bagaimana hal ini dilakukan . Info lebih


Pengukuran kutub di AutoCAD

Ketika menggambar garis di sudut , Anda harus mulai mengukur sudut dari 0 derajat , yang berada pada posisi 03:00 . Jika anda menarik garis di 90 derajat , itu akan langsung naik . Contoh di atas ( ketika anda memindahkan mouse anda di atasnya ) menunjukkan garis yang ditarik di +300 derajat ( 270 +30 ) , atau -60 derajat .

Anda mungkin tidak selalu memiliki titik acuan yang jelas untuk 0 derajat . Lihatlah contoh di bawah ini dan tempatkan mouse pada gambar untuk mengetahui sudut yang bersangkutan .


Dalam contoh ini , Anda diberi informasi tentang garis , tetapi tidak AutoCAD sudut perlu untuk menarik garis dari titik awal . Apa yang anda diberikan meskipun, adalah ( a) pengetahuan bahwa 0 ° adalah pada posisi jam 3 ( b ) pengetahuan yang 180 ° berada pada posisi jam 9 dan ( c ) sudut antara 180 ° dan line anda ingin menarik adalah 150 ° . Dengan informasi ini , Anda dapat mengetahui apa sudut yang anda butuhkan . Berikut adalah cara bodoh-bukti untuk mendapatkan sudut yang anda butuhkan :

1 . Mulai dari posisi 0 ° dan mengukur berlawanan arah jarum jam ( +) untuk 180 ° .

2 . Dari 180 ° , mengukur searah jarum jam 150 ° ( - )

3 . Pertimbangkan bahwa  hanya pada 180-150 dan menggunakannya sebagai persamaan : 180-150 = 30

4 . Sekarang anda dapat menggambar garis menggunakan koordinat polar ( di bahas di posting selanjutnya )...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...