Mahir Auto Cad 5

                                                                 Grip Dalam Auto Cad

Sekarang anda akan membahas tentang grip dalam Auto Cad , Grip ( genggaman ) merupakan sebuah kotak biru yang bisa di sorot ketika anda memilih satu objek di luar satu perintah .


Grips merupakan pegangan yang memungkinkan bagi anda untuk memanipulasi objek tanpa menggunakan satu perintah secara langsung . Namun anda harus berhati - hati dalam menggunakan grips dan merubahnya , karena kesalahan kecil akan berakibat fatal .

Tampilan Grips anda dapat di rubah dengan memasukan perintah DDGRIPS . Anda akan melihat sebuah kotak dialog seperti di bawah ;


Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan grips serta dapat mengontrolnya sesuai keinginan anda . Anda dapat mengaktifkannya pada blok atau sebaliknya .

Anda dapat mengubah warna sehingga terlihat seperti mengikuti warna dari gambar atau background anda . Anda juga dpaat mengubag ukuran grips sesuai dengan keinginan anda . Ada dua warna yang berbeda untuk Grips , warna yang tidak dipilih ( namun masih terlihat ) dan warna yang di pilih .

Saat anda pertama kali bekerja dengan merubah grips , lebih baik anda menggunakan nya untuk memodifikasi dimensi anda . Itu adalah cara yang tepat untuk memulai karena tidak akan berpengarug pada geometri anda .

Saat anda telah terbiasa dengan perubahab grips dengan dimensi , coba untuk merubah geometri anda . Maka anda akan mengetahui bahwa banyak masalah yang dapat di selesaikan dengan perintah tersebut dari pada menggunakan perintah Auto Cad biasa . Ingat selalu membaca baris perintah saat anda menggunakan grips .

Perintah : ( select an object / pilih objek )
" Stretch " ( Stretch to point ) > Base Point > Copy > Undo > Exit .

Anda akan melihat beberapa pilihan , Namun abaikan dulu dan coba opsi stretch point / peregangan . Sekarang anda dapat memindahkan titik  tersebut di mana saja dan snaps untuk setiap perintah Osnaps anda yang aktif . Ini akan menjadi cara yang cepat dan mudah untuk menghubungkan garis daripada memperpanjangnya .

Setelah anda membuat satu modifikasi , tekan escape untuk mengakhiri opsi Grips dan tekan enter untuk mengulangi perintah . Opsi Stretch / peregangan merupakan salah satu perintah untuk mengubah Grips . Dengan menekan Space bar , anda akan mendapatkan siklus melalui semua pilihan yang tersedia untuk mengubah Grips .

Perintah : ( select an object / pilih objek )

" Stretch " : ( Stretch to point ) > Base Point > Copy > Undo > Exit : ( Space Bar ) .

" Move " : ( Move To Point ) > Base Point > Copy > Undo > Exit : ( Space Bar ) .

" Rotate " : ( Rotation Angle ) > Base Point > Copy > Undo > Reference > Exit : ( Space Bar ) .

" Scale " : ( Scale Factor ) > Base Point > Copy > Undo > Reference > Exit : ( Space Bar ) .

" Mirror " : ( Second Point ) > Base Point > Copy Undo > Exit


Anda akan melihat bahwa opsi - opsi lain akan bekerja sedikit berbeda dengan opsi stretch . Jika anda memilih beberapa objek , anda dapat melakukan stretch pada satu titik tetapi dapat memindahkan semua objek yang di sorot dengan mengubah Grips . Hal ini dapat di terapkan pada opsi Rotate , Scale , Dan juga Mirror .

Anda juga dapat menggunakan grips untuk menyesuaikan point dalam gambar 3-D . Seperti pada gambar 2-D , pilih objek tanpa menggunakan perintah yang sedang berjalan dan grips akan muncul. Anda kemudian dapat melakukan Stretch Grips pada point baru yang akan memberikan pada anda lebih banyak cara untuk mengedit objek .

Pada contoh di bawah di perlihatkan Grips pada pusat yang di gunakan untuk mempersingkat objek 3-D .


Bekerja Dengan Nodes dan Points

Salah satu area terakhir untuk menutup adalah Function dan Display Point atau bisa di sebut Nodes. Jika anda menggunakan perintah Divide ( membagi ) , maka anda telah menggunakan Nodes Osnaps . Jika belum , tarik sebuah garis lalu masukan perintah Divide .

Perintah : DIV - Divide
Select Object to Divide : ( Select The Line / Pilih Garis )
Enter The Number Of Segmen or ( Blok ) : 3 

Dengan pengaturan default , maka seperti tak ada perubahan apapun . Namun jika anda memulai membuat garis lagi , maka anda akan melihat 2 Osnaps telah di tambahkan . 


Jika anda membagi garis dan menambahkan 2 Nodes , itu akan mudah untuk di temukan . Jika anda membagi garis menjadi 20 segmen , anda akan menemui beberapa kesulitan untuk menemukannya . Namun jangan khawatir karena Auto Cad mempunyai cara untuk mengubah tampilan Osnaps Nodes . Untuk melakukannya gunakan Perintah DDPTYPE .


Di atas adalah kotak dialog untuk mencari tahu dengan mudah . Pada bagian pertama memungkinkan bagi anda untuk memilih titik seperti yang anda inginkan . Anda dapat memilih mana yang sesuai dengan selera anda .


Bagian berikutnya mendefinisikan ukuran titik / points yang anda inginkan .

Beri nilai 5 untuk saat ini , dan lihat pilihan pada tombol . Secara defaulut " Set Size Relative To Screen " maka akan muncul titik 5% dari tampilan anda . Ini akan membuat anda sangat mudah menemukan gambar apapun . Kekuranganya , jika anda memiliki gambar dengan ukuran besar , maka layar akan terlihat berantakan . Jadi gunakan pengaturan ini jika anda memiliki gambar dengan ukuran kecil dengan sedikit point .Zoom Out untuk melihat bahwa gambar anda masih pada ukuran yang sebenarnya .

Pilihan kedua adalah " Set Size In Absolute Units " yang akan membuat ukuran pada point anda pada ukuran secara konsisten . Jikan anda Zoom dan Refresh , maka ukuran titik tetap relatif pada gambar anda , bukan pada layar anda . Gunakan ini jika anda memiliki banyak point dan nodes .

Perintah Divide akan sangat berguna , jadi sesekali anda melakukan divide pada objek dan sunting gambar anda atau hapus node anda . Mempunyai node tambahan pada gambar tentu akan membingungkan anda .

Kesimpulan : Jika anda menguasai Grips , maka akan lebih bagi anda untuk mengubah gambar anda dan tentu akan menghemat banyak waktu anda . Jadi pelajari hal ini dengan benar untuk mempermudah kerja anda .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...