Ide Memanfaatkan Cahaya Matahari

Telah kita ketahui bersama bahwa penggunaan listrik secara berlebihan akan berdampak negatif pada alam kita . Untuk itu kita harus menggunakan nya dengan hemat dan efisien . Untuk lebih memaksimalkan efisiensi penggunaan energi listrik , cara yang terbaik adalah membawa cahaya matahari masuk ke dalam ruangan rumah kita . Selain ekonomis juga menyenangkan dan dapat lebih membuat diri kita lebih fresh dan sehat tentunya .

Namun bagaimana hal tersebut dapat kita wujudkan ? Anda tidak perlu khawatir , di sini anda akan menemukan cara yang tepat untuk memanfaatkan sinar matahari untuk penerangan pada rumah anda.

Penempatan Cermin

Dengan menempatkan cermin pada tempat yang tepat , maka anda akan mendapatkan pantulan sinar matahari yang cukup untuk menerangi ruangan anda . Lalu di mana anda dapat menempatkan barang tersebut ? tempat yang paling cocok dan strategis adalah di dekat jendela . Pada posisi tersebut , maka sinar matahari yang masuk akan langsung di pantukan ke seluruh ruangan anda . Selain itu cermin juga dapat memnciptakan visualisasi ruangan agar nampak lebih luas .

Pilihan Tirai Jendela

Jendela merupakan tempat utama yang di jadikan ventilasi atau keluar masuknya udara dan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dalam rumah anda . Untuk itu anda harus melakukan perawatan pada jendela rumah anda secara baik dan berkala . Dan untuk dapat memaksimalkan sinar matahri yang masuk ke dalam rumah anda , sebaiknya anda menggunakan tirai yang tipis berwarna seperti warna cahaya .

Anda dapat menambahkan tirai dari bahan linen atau kapas yang tipis di balik utama yang lebih tebal dan gelap yang anda tutupkan pada malam hari . Dengan begitu anda tidak harus membuka jendela pada rumah anda untuk menghasilkan sinar matahari pada ruangan anda .

Jaga Kebersihan Jendela

Hal di atas mungkin terdengan sepele , namun apabila anda membuat perbedaan yang besar . Dengan menjaga jendela anda agar selalu bersih akan memaksimalkan jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan anda . Yang juga harus anda perhatikan adalah jangan sampai menempatkan barang atau furniture yang dapat menghalangi masuknya sinar matahari tersebut , seperti ; tirai yang tebal dan juga kap lampu .

Pewarnaan

Warna selalu memegang peranan penting pada rumah anda , termasuk juga untuk menghasilkan visualisasi cahaya . Pilihlah warna cat yang dapat membuat ruangan anda menjadi lebih terang , seperti warna - warna alami lebih maksimal dalam memantulkan cahaya matahari di banding dengan warna - warna yang lebih gelap .

Namun jika anda lebih menyukai warna - warna yang gelap , maka jangan lupa untuk memadukannya dengan warna yang terang seperti putih pada langit - langi yang akan memantulkan cahaya ambient ke dalam ruangan . Anda juga dapat memasukan unsur satin atau high gloss pada ruangan anda untuk hasil yang lebih maksimal .

Tubular Skylight
 
Tentunhya anda sudah mengenal alat yang satu ini . Dengan ini anda dapat memaksimalkan sinar matahari untuk masuk ke dalam ruangan anda . Anda bisa menaplikasikan tubular skylight pada langit - langit dalam ruangan anda , seperti kamar mandi , ruang pakaian , dan lain sebagainya .

Pengguanan Pintu Kaca

Sebagian besar dari pintu pastinya berbahan kokoh dan kedap cahaya , seperti kayu dan sebagainya . Untuk itu coba ganti pintu anda dengan pintu dengan menambahkan unsur kaca pada pintu tersebut . Selain akan lebih memaksimalkan cahaya matahri yang masuk ke dalam ruangan anda , juga akan menghsilkan perpaduan pada pintu yang sangat menarik .  

Anda tidak harus menggunakan kaca yang transparant , namun anda dapat menggunakan kaca buram . Dengan begitu cahaya matahari akan tetap masuk ke dalam ruangan anda .

Perhatikan Luar Rumah

Untuk lebih memaksimalkan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah anda , yang harus menjadi perhatian anda selanjutnya adalah situasi di luar rumah anda . yang di maksud adalah tanaman atau pohon yang berada di luar rumah anda .

Pangkas batang atau ranting pohon yang menjuntai ke arah jendela anda . Perhatikan juga ayunan atau furniture yang berada di luar rumah anda jangan sampai menghalangi sinar matahari yang akan memancar ke dalam rumah anda . 

Semoga uraian di atas dapat membantu anda untuk lebih membuat suasana ruangan dalam rumah anda semakin sehat dan menyegarkan . Dengan curahan sinar matahari yang cukup masuk ke dlam rumah anda , pastinya selain anda melakukan efisiensi energi juga rumah anda akan terlihat lebih hidup .

Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...