Perawatan Rumah Saat Musim Hujan


Musim hujan telah datang , bahkan ada beberapa daerah yang terkena serangan banjir . Untuk itu anda semua harus lebih berhati - hati dalam beraktifitas pada musim hujan . Selain itu yang harus anda prioritaskan dan menjadi perhatian anda tentunya rumah idaman anda . Sudah pasti banyak sekali permasalahan yang timbul saat musim penghujan datang . Ganasnya air hujan pasti akan membuat kondisi rumah anda semakin memburuk dan harus segera anda benahi .

Mulai dari rembesan air atau bahkan mungkin kebocoran pada atap rumah anda , masuknya suhu udara dingin ke dalam ruangan anda pasti akan berdampak buruk bagi kenyamanan dan juga kesehatan seluruh anggota keluarga . Jika anda mengalami semua permasalahan tersebut , ikuti langkah berikut untuk merawat rumah anda saat musim hujan ;

Dempol sekitar pintu dan jendela 

Dengan menutup semua celah dan lubang pada area tersebut tentunya akan melindungi anda dari udara dingin dari luar . Selain itu akan menjaga binatang - binatang yang merugikan masuk ke dalam rumah anda untuk mencari perlindungan ( tikus mungkin ) .

Memasang Karpet

Lantai anda pastinya akan terasa dingin saat musim hujan datang , untuk itu ada baiknya anda meletakkan karpet di atas lantai anda untuk menjaga suhu tetap hangat . Selain itu juga membuat anda lebih nyaman saat berjalan tanpa alas kaki .

Memasang Pintu Kaca Pada Perapian

Jika rumah anda di lengkapi dengan tungku perapian jangan lupa memasang pintu dan menutupnya kembali jika selesai anda gunakan . Udara hangat yang anda ciptakan dengan tungku perapian anda bisa dengan mudah keluar melalui cerobong asap dan berganti dengan suhu dingin jika anda melakukan hal di atas . 

Tambahkan Penyekat atau Lapisan

Penyekat atau lapisan di maksudkan untuk lebih menghangatkan ruangan anda . Beberapa ruangan yang mungkin memerlukan hal tersebut seperti ; loteng , garasi serta basement . Hal ini sangat baik di lakukan pada dinding bagian luar atau semua bagian konstruksi yang terbuka . Dengan begitu rumah anda akan lebih tahan lama dan hangat pada waktu musim penghujan .

Membalikan Kipas

Mungkin ini terdengar aneh , tetapi dengan membalikan kipas angin dalam rumah anda akan menciptakan kehangatan tersendiri . Biarkan posisi kipas angin anda berada terbalik atau anda berada di belakangnya .

Mengganti Tungku Perapian 

Ganti tungku anda yang telah usang dengan yang lebih baru . Hal ini di karenakan tungku yang baru akan menghasilkan lebih banyak udara panas atau hangat namun lebih hemat energi . Jika anda melakukan hal tersebut , jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ukuran yang tepat dengan tempat dan ruangan anda .

Perhatikan Ambang Batas Pintu 

Memperbaiki atau jika perlu mengganti pintu adalah salah satu langah yang harus anda pertimbangkan selanjutnya . Jika tidak memungkinkan bagi anda untuk mengganti barang tersebut , maka segera perbaiki pintu terutama pada bagian ambang pintu . Jika pintu anda tertutup dengan rapat , sedah pasti udara dingin tidak akan masuk ke dalam ruangan anda .

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk merawat rumah saat musim hujan . Walaupun udara di luar sangat dingin , pastikan hal itu berbanding terbalik dengan keadaan di dalam rumah idaman anda .

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...