Menjaga Tanaman di Musim Hujan

Walaupun musim hujan merupakan musim yang banyak di tunggu oleh manusia , namun tak jarang musim hujan juga membawa dampak yang kurang baik seperti banjir , longsor dan sebagainya . Pada bagian rumah idaman anda juga akan dengan mudahnya terkena dampak negatif dari musim hujan tersebut . Khususnya pada taman anda , jika terlau banyak mengandung air juga akan berakibat kurang baik bagi tanaman itu sendiri .

Meskipun tanaman anda berada di dalam pot bunga dan berada dalam ruangan juga masih bisa terkena dampak dari musim hujan karena suhu udara yang dingin . Dengan suhu udara yang lebih dingin pastinya akan membutuhkan perawatan ekstra agar tanaman hias kesayangan anda dapat bertahan . Trik untuk membantu tanaman hias anda agar dapat bertahan pada kondisi yang ektrim hanya memperbarui rutinitas perawatan anda . Lihat tips - tips nya di bawah ini ;

Batasi Penyiraman

Pada tanaman hias , pertumbuhan mereka cenderung lebih lambat saat musim hujan , jadi mereka tidak memerlukan banyak air . Pereiksa keadaan media tanam untuk tanaman hias anda , seperti kondisi tanah . Masukan jari anda sekitar 1/2 jari - jari dan perhatikan apa kondisinya basah atau kering . Jika kondisinya kering , lakukan penyiraman secukupnya dan akan lebih baik menggunakan air hangat . Jika kondisinya lembab , maka tanaman tidak perlu di siram .

Pindahkan Dari Tempat Semula 

Perpindahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan juga terlihat dari perpindahan sudut matahari , sehingga anda perlu menempatkan tanaman anda di tempat yang berbeda . Lebih baik tempatkan tanaman pada sudut di mana cahaya yang masuk lebih banyak . Untuk itu anda bisa mencuci jendela pada bagian dalam dan luar untuk memaksimalkan sinar matahari . Usahakan tanaman menerima sinar matahari yang cukup pada semua sisinya .

Kurangi Pupuk Tanam

Seperti di jelaskan di atas bahwa pada musim hujan tanaman tumbuh lebih lambat , jadi mereka juga tidak memerlukan terlalu banyak pupuk . Mereka akan membutuhkan banyak pupuk hanya pada waktu musim kemarau . Untuk itu anda cukup memberi pupuk tanam satu minggu sekali atau bahkan dua minggu sekali yang cukup membuat mereka untuk bertahan . 

Jaga Kebersihannya

Debu dan percikan tanah dari dalam pot pada daun tanaman anda akan membuat pori - pori pada daun tersebut menjadi tersumbat . Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membersihkan daun pada tanaman hias anda menggunakan kain basah / lembah untuk menyingkirkan debu dan kotoran . Dengan keadaan yang bersih juga akan menyingkirkan hama yang tak di dinginkan .

Lakukan Pemangkasan

Untuk menghasilkan tanaman yang sehat dan menarik , maka tanaman memerlukan pemangkasan . Hal ini merupakan perawatan berkala yang membuat tanaman lebih segar dan menarik . Beberapa tanaman hias mungkin memiliki batang yang lembut dan membuat mereka tidak perlu di pangkas dan cukup menggunakan jari / tangan tanpa membutuhkan peralatan khusus .

Pada cuaca yang dingin bukan hanya manusia saja yang memerlukan perhatian dan perawatan khusus , tanaman hiasn kesayangan anda juga memerlukan hal tersebut . Dengan memperhatikan suhu dalam ruangan dan menerapkan tips - tips di atas semoga dapat membantu anda membuat rumah idaman menjadi lebih sehat dan menyegarkan .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...