Belajar 3-D Tingkat 14

                                                          Menciptakan Materials Baru

Setelah anda mulai bekerja dengan materails standar AutoCAD , Anda akan segera menyadari bahwa anda tidak benar-benar memiliki pilihan. Bagaimana jika anda membutuhkan bahan semen putih untuk dinding? Atau rumput untuk halaman, atau alumunium, atau ... baik, Anda mendapatkan gambar. Apa yang perlu anda lakukan adalah membuat bahan sendiri .

Langkah pertama adalah untuk menemukan gambar yang mewakili materi yang anda inginkan dalam gambar anda. Ada sejumlah sumber yang tersedia di internet. Di bawah ini adalah 3 sampel yang anda dapat coba untuk pelajaran ini .

                         Metal Sample                       Brick Sample                        Wood Sample

Pilih pada salah satu gambar di atas dan ketika jendela baru akan terbuka, klik kanan pada gambar besar dan pilih "Simpan gambar sebagai ..." dan menyimpannya dalam folder di mana anda dapat menemukannya dengan mudah .

Sekarang mulai dengan perintah Materials untuk membuka palet bahan . 

Pada pandangan pertama ini akan sangat berbeda jika anda gunakan pada versi Auto Cad sebelumnya . Jika anda menggunakan 3-D Max maka anda akan nampak lebih familiar . Palet yang di gunakan dalam Auto Cad terlihat sama dalam kotak dialog . Perbedaan besar adalah bahwa mereka dapat dibiarkan pada layar saat anda menggambar. Anda dapat membuka atau menutup palet dengan mengklik tombol di bagian kiri bawah. Tutup dengan mengklik X di sudut kiri atas .

Pada bagian atas palet adalah bahan yang di gunakan dalam gambar yang di tampilkan sebagai bola dalam tampilan default . Di bawah ini adalah tombol yang akan anda gunakan untuk bekerja dengan materials dan pada bagian bawah adalah untuk mengedit materials . Di sini anda akan di ajak melalui proses sederhana menciptakan materials dari file gambar dan menerapkanya pada sebuah objek dalam gambar anda . Kemudian anda akan belajar mengubah materials tersebut .

Kotak kecil berwarna merah menunjukan di mana ikon yang akan anda gunakan pada pembahasan ini . Sementara kotak merah besar di mana tombol yang akan anda gunakan untuk memodifikasi materi . Untuk membuat materi baru dari salah satu gambar dari atas (atau tekstur lain) , buka palet bahan dan klik menu New Material . Tombol ini akan membuka dialog untuk penamaan .



Berikan nama dan deskripsi yang baik dan tekan OK . Sekarang anda kembalai pada palet bahan .

Mengedit Materials Dasar

Gunakan slider pada Editor Materials . Pada bagian Global , coba pengaturan baru pada materi baru anda . Berikut beberapa pengaturan yang kami buat untuk materials :



Meskipun contoh di atas sangat dasar , namun menunjukan bagaimana anda dengan cepat membuat beberapa bahan untuk render secara cepat . Ingatlah hal ini ketika anda baru memulai rendering atau saat anda tidak mempunyai bahan yang .

Editing Custom Materials / Mengubah Sesuaian Bahan 

Buat materi baru lain seperti yang anda lakukan di atas. Alih-alih mengedit materi, kali ini anda akan menggunakan pada gambar anda simpan (dari atas) untuk membuat bahan yang lebih realistis.

Klik pada tombol Select di diffuse map :


Anda harus memperhatikan bola di atas yang memiliki materials yang di petakan . Kejelasan gambar akan sesuai dengan kontras dan ukuran gambar tersebut . Pada bagian timur , gambarlah solid objek dari beberapa jenis . Sorot material baru dengan mengklik pada bola , selanjutnya klik apply materials > add object > select object .

Jika semua berjalan dengan benar , maka akan terlihat bagus , jika tidak anda mungkin harus menggunakan alat-alat pemetaan yang anda pelajari dalam Belajar 3-D Tingkat 13 untuk menyesuaikan materi sesuai dengan keinginan anda . Pilihan lain untuk membuat bahan di atur dalam palet skala objek dengan menggunakan " scale to object " . Ini akan di temukan setelah anda membuat materi baru , tombol yang akan membuka dialog Sesuaikan Bitmap / Adjust Bitmap (secara resmi ditemukan dalam perintah SETUV) .


Ini akan membantu mendapatkan skala yangbesar dengan apa yang anda inginkan , tentu saja ini tergantung pada ukuran file gambar asli anda (sebagai aturan, file yang lebih besar lebih baik karena anda dapat memperkecil skala agar gambar lebih jelas) dan ukuran objek anda. Kotak dialog ini juga memungkinkan untuk pengaturan lebih lanjut, tetapi masing-masing akan berlaku untuk kebutuhan khusus anda sendiri dan file gambar. Coba pengaturan yang berbeda dan memeriksa hasilnya. Ada kemungkinan jumlah tak terbatas , sehingga lebih mengeksplorasi kemampuan anda .

Untuk membuat materi transparan atau tembus, pindahkan slider opacity pada Bahan Palette sampai sekitar 50 - membuat bahan 50% transparan. Anda dapat mengatur pilihan lain seperti yang ditunjukkan dalam kotak dialog ini.

Ini hanyalah sebuah pengantar dalam dunia menciptakan material baru. Jika anda memiliki program editing foto seperti Photoshop, GimpShop atau yang lain, Anda akan dapat menyesuaikan file gambar sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Untuk praktek, di sini adalah cara yang baik untuk mendapatkan grafis ke dalam rendering anda . Gambar oktagon (dengan perintah Polygon) dan mengubahnya menjadi sebuah Region. Kemudian membuat materi baru menggunakan gambar ini dari tanda berhenti dan menerapkannya ke region tersebut. Anda kemungkinan besar akan harus menyesuaikan pengaturan peta untuk membuatnya terlihat bagus (atau gunakan skala untuk objek opsi yang ditampilkan di atas). Untuk lebih menyenangkan, tambahkan tiang kayu dan gunakan 3-D Rotate untuk membuatnya berdiri dengan benar.
  • Untuk latihan lagi, coba download beberapa gambar atau menggunakan sesuatu yang sudah anda miliki dan menerapkannya pada objek. Gunakan alat pemetaan untuk menyesuaikan mereka.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...