Belajar Auto Cad 08

                                                            Layer,Text,Dimension,Skala   

Pelajaran ini akan memperkenalkan anda ke teks, dimensi dan konsep lapisan. Tanpa dimensi anda tidak dapat mengetahui ukuran benda anda. Apakah rumah nyata atau rumah boneka? Teks digunakan untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan selain ukuran - bahan, proses manufaktur, nomor bagian, dll
Yang harus anda lakukan adalah mengambil salah satu tugas anda sebelumnya, simpan ke nama baru dan kemudian menambahkan teks dan dimensi untuk itu.

1.Layer.

   Kode        =    Layer/LA.
   Icon         =     Layer Icon
   Lokasi     =    Home>Layer.
   Hasil       =    Mulai Lapisan dan kotak dialog properti Linetype.

2.Text.

   Kode       =    Text.
   Icon        =     Single Line Text Icon
   Lokasi    =     Home>annotate>Single line text.
   hasil       =     Menciptakan Satu baris text.

3.Dimension.

   Kode       =     Dim.

   Icon        =      Berfariasi.
   Lokasi    =      Home>annotate>Dimension
   Hasil      =       Dimensi Objek yang di gambar sebelunya.

4.Scale.

   Kode       =   Scale/Sc.
   Icon        =    Scale Icon.
   Lokasi    =    Home>modify>scale.
   Hasil      =     Mengubah ukuran(skala) objek secara proporsional.

Hal pertama yang anda lakukan adalah membuat tiga lapisan. Lapisan yang digunakan untuk mengatur gambar. Bayangkan sebuah proyek besar seperti menara bertingkat tinggi. Para desainer akan menciptakan lapisan untuk listrik, pipa, lansekap dan banyak lagi. Hal ini diperlukan untuk mengontrol gambar dan mengubah beberapa lapisan dan melihat hanya yang anda inginkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa lapisan diperlukan. Ketika anda pergi untuk menggunakan AutoCAD profesional, setiap gambar anda berurusan dengan lapisan yang anda miliki .

Anda akan menciptakan lapisan untuk dimensi, satu untuk objek (garis yang ditarik) dan satu lagi untuk teks. Jalankan perintah LAYER (LA). Ini akan memunculkan Layer Properties Manager Palette (ditampilkan di bawah). Kita akan bahas hal-hal yang digunakan dalam pelajaran ini.


  Dari Dialog box di atas Banyak informasi yang anda temukan sbb;

Keterangan:
-Status                   :   Kolom ini memiliki tanda centang hijau untuk menunjukkan lapisan saat ini ( semua objek baru akan ditarik pada lapisan itu ) . Double klik di sini untuk membuat lapisan arus .

-Name                   :    Berikan lapisan yang baik , nama deskriptif ( tapi tidak terlalu panjang).

-On                        :    Mengatur visibilitas lapisan itu pada (terlihat ) atau nonaktifkan ( tak terlihat ).

-Freeze                  :    Mirip seperti ' On' , tetapi dapat digunakan dalam Viewports .

-Lock                    :    Mempertahankan visibilitas , tetapi menonaktifkan memodifikasi objek pada lapisan terkunci.

-Color                   :    Digunakan untuk memilih warna untuk objek yang digambar pada setiap lapisan.

-Linetype              :    Digunakan untuk memilih linetype untuk setiap objek yang digambar pada setiap lapisan.

-Lineweight          :    Digunakan untuk memilih lineweight untuk objek yang digambar pada setiap lapisan.

-Plot Style            :    Gaya Plot digunakan untuk mendefinisikan bagaimana objek diplot - ini dapat berbeda dari sifat-sifat yang dijelaskan di atas .

-Plot                     :    Mengatur lapisan untuk baik plot ( on) atau tidak ( off ).

-New VP Freeze  :    Ketika , itu akan membekukan lapisan dipilih dalam viewports baru ketika mereka ( viewports ) diciptakan.

-Description       :    Gunakan ini untuk memberikan gambaran untuk sistem lapisan Anda - sangat penting ketika bekerja dengan pengguna lain .

Sekarang Anda memiliki kotak dialog pada layar Anda, klik 'New ' tombol Tombol New Layer . Ini akan membuat layer baru dan memberikan Anda kesempatan untuk nama itu . Nama lapisan ini TEKS . Klik pada kotak kecil ke arah kanan dan pilih kuning untuk warna . Buat lapisan lain dan menyebutnya satu meredup ( untuk dimensi ) , dan membuat warna merah nya . Akhirnya , membuat lapisan ketiga dan menyebutnya KEBERATAN dan membuat warna hijau . Anda baru saja membuat tiga lapisan baru di gambar Anda . Sorot layer TEXT dan kemudian tekan tombol ' Buat Lancar ' tombol Buat layer sekarang . Hal ini membuat TEKS saat layer dan apa pun yang Anda menggambar akan ditempatkan pada lapisan itu . Kotak dialog Anda akan terlihat seperti di atas . Jika tidak, tekan OK untuk menutup kotak dialog .

Sekarang bahwa Anda memiliki lapisan anda , pilih semua benda anda dan kemudian mencari panel alat lapisan . Ada droplist sana dengan semua nama lapisan anda . Dengan objek yang dipilih , mengubah lapisan untuk OBYEK . Jika semuanya berjalan lancar , garis dan lingkaran sekarang akan menjadi hijau dan pada lapisan objek .



PENAMBAHAN TEKS

Sebuah tutorial nantinya akan membahas teks secara lebih rinci , tapi untuk saat ini melihat apa yang terlibat dalam menambahkan teks . TEXT adalah lapisan gambar Anda saat ini sekarang , jadi apa yang Anda akan lakukan adalah membuat beberapa teks sekarang . Ketik TEXT pada baris perintah . Lihatlah baris perintah .

Command : TEXT
Justify / Style / <Start point> :

Hal pertama yang ingin AutoCAD adalah titik awal untuk teks . Jenis : 0,0 untuk menempatkannya di sudut kiri bawah gambar Anda . Perhatikan bahwa ada pilihan lain yang bisa membuat , tetapi mengabaikan mereka untuk saat ini .

Tinggi < 0,2000 > : <ENTER>

Selanjutnya, AutoCAD ingin tahu seberapa tinggi Anda ingin surat Anda untuk menjadi . Untuk tugas ini , Anda ingin mereka menjadi 1/4 "tinggi . Ketik .25 di Tinggi prompt.

Sudut rotasi < 0 > : <ENTER>

Satu hal lagi sebelum anda mulai mengetik dalam teks , katakan AutoCAD jika Anda ingin memiliki diputar teks Anda . Tidak kali ini , sehingga tekan <ENTER> untuk menerima default dari 0 derajat .

Teks : ( NAMA ANDA - TUGAS # 6 )

Akhirnya Anda dapat mengetikkan apa yang Anda ingin menempatkan pada gambar . Pada prompt, ketik NAMA dan TUGAS # 6 Teks Bantuan kemudian tekan <ENTER> .

Anda akan melihat bahwa AutoCAD telah menempatkan nama anda di pojok kiri bawah pada 1 /4 " tinggi dan warna kuning pada ' Text ' lapisan .

Anda tidak benar-benar ingin nama anda macet ke sudut seperti itu sehingga bergerak ke atas dan lebih dari 1 /8 " ( Ingat perintah MOVE dan relatif poin : @ 0,125 , 0,125 )


Sekarang saatnya untuk mulai dimensi gambar Anda. Membuka kotak dialog Layer dan membuat DIM lapisan anda saat ini.

Ini adalah salah satu saat ketika saya sarankan untuk menggunakan ikon. Dimensioning adalah BANYAK lebih mudah dengan cara ini. Jika Anda tidak melihat toolbar dimensioning Anda di layar, klik kanan pada salah satu ikon toolbar dan periksa kotak centang Dimensi. Anda akan melihat toolbar muncul. Tutup kotak dialog Toolbar.

Ada beberapa jenis dimensi, di sini adalah orang-orang Anda akan menggunakan dalam pelajaran ini (Setiap ikon dimensi memberikan petunjuk cepat untuk jenis dimensi itu akan menciptakan.) Gambar di bawah berisi dimensi standar ikon. Daftar di bawah ini menunjukkan anda yang jenis dimensi yang tersedia pada panel alat Dimensi.


Berikut adalah yang anda akan gunakan dalam pelajaran ini.

Dimensi linier/Linear digunakan untuk dimensioning baik jarak horizontal atau vertikal.

Dimensi Blok/Aligned akan mengukur panjang sebenarnya dari garis miring.

Radius dimensi/Radius akan memberikan radius baik busur atau lingkaran.

Diameter dimensi/Diameter digunakan pada lingkaran.

Dimensi sudut/Angular akan mengukur sudut antara dua garis yang Anda pilih.

Dimensi dasar/Baseline adalah jenis khusus yang secara otomatis akan stack dimensi sepanjang satu pesawat saat Anda mengambil poin.

Setelah anda memiliki objek anda tertarik, Anda perlu pergi ke menu di bagian atas layar dan klik pada anotasi. Ini akan menampilkan panel alat Dimensi serta panel teks dan lain-lain.



Jenis dimensi yang anda pilih akan tergantung sepenuhnya pada informasi apa yang ingin anda sampaikan kepada orang yang membaca gambar. Lihatlah gambar sampel dan memilih berbagai jenis dimensi dan di mana mereka digunakan.

Kita akan mulai dengan yang paling umum (dan termudah): Dimensi Linear. Anda akan menggunakan jenis ini untuk menambahkan dimensi ke persegi panjang di bagian kiri bawah gambar anda. Pilih pada icon dan kemudian melihat pada baris perintah.

Command: _dimlinear
Tentukan pertama perpanjangan asal line atau <select object>:

Itu meminta baik asal dari garis dimensi pertama (titik awal) atau Anda dapat menekan <ENTER> untuk memilih baris tertentu. Hidupkan Osnaps endpoint. Pilih sudut kiri atas persegi panjang. AutoCAD kemudian meminta perpanjangan kedua asal line. Pilih sudut kanan atas. Anda kemudian akan melihat dimensi muncul dan AutoCAD meminta lokasi garis Dimensi. Memilih tempat tepat di atas garis di mana Anda pikir itu cocok.

AutoCAD kemudian menunjukkan anda panjang yang ditemukan menjadi panjang garis anda hanya dimensioned. Baris berikut menunjukkan apa yang anda harus melihat pada baris perintah anda:

Tentukan ekstensi kedua asal line: <SELECT TOP KANAN CORNER>
Tentukan lokasi garis dimensi atau
[Mtext / Teks / Angle / Horizontal / Vertikal / Diputar]: <PICK ATAS LINE> THE
Dimensi text = 3.000

Sekarang dimensi garis di sisi kiri menggunakan metode yang sama .

Sekarang anda ingin dimensi jari-jari fillet pada objek di atas kotak pertama . Pilih ikon untuk dimensi radius . AutoCAD meminta anda untuk memilih busur atau lingkaran . Pilih busur di pojok kiri atas . Lagi AutoCAD kemudian ingin anda untuk memilih lokasi garis dimensi . Pilih mana saja di luar busur di mana dimensi cocok .

Melihat objek kiri atas pada lembar sampel , perhatikan bahwa ada beberapa cara untuk dimensi sudut . Mulai di bagian bawah kiri . Pilih ikon Dimensi Linear . Alih-alih memilih dua endpoint , tekan <ENTER> dan AutoCAD akan meminta anda untuk memilih objek yang ingin anda dimensi . Memilih pada garis miring di sudut kiri bawah . Ketika Anda memindahkan kursor Anda di sekitar , Anda akan melihat bahwa anda dapat menempatkan itu baik ke kiri atau di bawah garis . Pilih salah satu atau yang lain dan menempatkan dimensi anda . Ulangi langkah ini untuk menambahkan dimensi lain .

Di kiri atas , Anda ingin menambahkan dimensi Blok . Pilih ikon untuk ini . Seperti dengan dimensi linier , Anda dapat memilih endpoint atau tekan <ENTER> untuk memilih dan menolak . Ketika anda diminta untuk menempatkan dimensi , Anda akan melihat bahwa anda hanya bisa bergerak sejajar dengan garis yang anda pilih. Tempatkan garis dimensi suatu tempat di luar objek.

Sekarang anda akan dimensi sudut di sudut kanan bawah kotak atas. Pilih ikon dimensi sudut . Pilih garis bawah dan kemudian garis miring di sudut kanan bawah . Tempatkan dimensi sehingga tampak seperti yang ada di sampel .

Sekarang waktunya untuk dimensi lingkaran . Pilih ikon untuk dimensi Diameter . AutoCAD kemudian ingin anda untuk memilih busur atau lingkaran . Pilih mana saja di lingkaran . Maka anda harus menempatkan garis dimensi di suatu tempat . Pilihlah tempat yang bagus untuk itu .

Dimensi 1 " baris dalam lingkaran seperti yang ditunjukkan menggunakan dimensi linier .

Dimensi kotak kiri atas array seperti yang ditunjukkan menggunakan dimensi Linear .

Dimensi ruang ( 0,75 ) antara dua baris dengan memilih titik-titik ujung garis .

Dimensi ruang ( 0,75 ) antara kolom seperti yang ditunjukkan .

Sekarang untuk bagian yang sulit . Anda ingin menambahkan dimensi awal ke dimensi jarak kolom yang baru saja dibuat . Pilih ikon untuk dimensi dasar . Lihatlah pada baris perintah :

Anda mungkin akan diminta untuk memilih dimensi dasar. Jika begitu, pilih pada dimensi 0,75 untuk kolom . Kemudian anda akan diminta untuk Tentukan ekstensi asal baris kedua . Pilih mana P1 menunjukkan pada gambar sampel . AutoCAD maka akan membuat anda untuk terus mengulangi proses ini sampai anda menekan <ENTER> untuk mengakhiri perintah . Pilih dekat P2 untuk melanjutkan , kemudian tekan <ENTER> . Inilah yang baris perintah anda harus memiliki tampak seperti :

Perintah : _dimbaseline
Pilih dimensi dasar:
Tentukan ekstensi kedua asal line atau ( Undo / <select> ) : <pick P1>
Dimensi text = 1,50
Tentukan ekstensi kedua asal line atau ( Undo / <select> ) : <pick P2>
< Dimensi text = 2.00
Tentukan ekstensi kedua asal line atau ( Undo / <select> ) : <ENTER>

Gambar anda sekarang harus terlihat mirip dengan gambar sampel . Periksa untuk melihat apakah anda melewatkan dimensi .

Sekarang anda telah dimensioned gambar , menyimpan dan mencetaknya .

Selanjutnya anda ingin menyalin semua lebih dari 12 " ke kanan . Jalankan perintah COPY , dan ketika diminta untuk memilih objek , ketik SEMUA <ENTER> . Kemudian copy semuanya 12 " ke kanan .

Apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya adalah skala salinan segala sesuatu untuk melipatgandakan ukuran yang ada . Jalankan perintah SCALE . Ketika diminta untuk memilih objek , menggambar jendela sekitar set baru objek dan tekan <ENTER> . Ketika ditanya untuk titik dasar , memilih sudut kiri bawah perbatasan . Masukkan 2 untuk faktor skala . Baris perintah anda akan terlihat seperti ini :

Perintah : SC <ENTER>
SCALE
Pilih objek : sudut lain: 38 ditemukan
Pilih objek : <ENTER>
Titik dasar : <Pick Bawah Kiri Corner>
<Scale Factor> / Referensi : 2 <ENTER>

Lakukan Zoom Extent ( Z <ENTER> E <ENTER> ) pada baris perintah . Sekarang segala sesuatu yang dua kali lebih besar , Zoom in pada dimensi anda dan anda akan melihat bahwa mereka telah secara otomatis disesuaikan dengan ukuran baru ! Ini disebut asosiatif Info dimensioning.More

Ada banyak parameter yang berbeda anda dapat mengubah untuk mendapatkan tampilan yang tepat untuk dimensi dan teks ( menggunakan perintah DDIM ) . Ini tidak akan dibahas dalam kursus ini .

Untuk latihan, Anda dapat mencoba dimensioning beberapa tugas Anda yang lain .

Bahkan jika gambar Anda adalah 100 % akurat , itu masih hanya sebagai baik sebagai dimensi . Beberapa kesalahan umum ketika dimensi adalah:

    Tidak menggunakan Osnaps anda . Jika Anda tidak mendapatkan titik akhir yang tepat dari garis , maka dimensi anda salah .

    Gertakan ke titik yang salah . Dalam gambar rinci , ini dapat mudah untuk dilakukan jika anda tidak membayar perhatian.

    Dimensi lengkap . Jika anda melewatkan satu atau dua dimensi , Anda dapat menunda proyek sementara angka-angka ini berada, gambar baru dibuat , dikirim , dll .

    Dimensi membingungkan. Pastikan bahwa dimensi anda tidak tumpang tindih , atau tidak terlalu dekat , atau tidak jelas .
    Jika anda menggambar objek lain dan dimensi anda tidak ukuran yang tepat , memeriksa info tentang pengaturan DIMSCALE .


No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...