Peninggalan Arsitektur Kuno


arsitektur kuno

Arsitektur Kuno...Desain Arsitektur adalah satu karya seni yang unik dan indah.Dan ternyata sudah ada dari jaman dahulu kala bahkan ribuan tahun sebelum masehi.Semua itu bisa terlihat dari peninggalan bangunan bersejarah di dunia. Semua bangunan bersejarah itu mempunyai nilai seni arsitektur yang sangat tinggi.lihatlah contohnya di bawah ini:

memphis
Memphis - Mesir

Memphis adalah ibukota mesir kuno dan menjadi pusat administrasi dan peradaban selama ratusan tahun .Di dirikan leh menes  pada tahun sekitar 2925SM di tepi barat sungai nil .

Merupakan salah satu peradaban tertua di dunia , memphis sebagai ibuota mesir kuno sekitar tahun 3100-2613 SM . Kota memphis di bangun di atas dataran tinggi berupa sebuah benteng untuk membendung banjir dari sungai nil waktu itu dengan nama mesir kuno inebou-hedjou atau white wall dalam bahasa inggris .

lepcis magna
Lepcis Magna - Libya

Lepcis Magna kota utama pada masa kekaisaran romawi , sisa-sisa reruntuhan dari kota romawi ini merupakan peninggalan yang paling menakjubkan di laut tengah . Terletak di Al Khums-Libya .

Sebuah pusat kota dengan desain melingkar dan berundak yang di tengahnya terdapat bangunan utama berbentuk melingkar . Pada kolom-kolom bangunan ini sangat nirirp dengan kolom yang terdapat pada parthenon . 

Hypogeum
Hypogeum - Malta

Di bangun pada tahun 3500 SM dengan luas 500 meter persegi , Hypogeum merupakan sebuah kuil prasejarah yang di bangun di bawah tanah . Dengan 3 lantai bawah tanah terbuat dari batu granit murni hypogeum sebagai monumen megalitik malta yang tertua bahkan sebelum piramida di bangun .

Di dalam goa hypigeum juga terapat ruang-ruang khusus dan lorong-lorong yang tidak bisa di jelaskan bagaimana orang-orang pada 6rb tahun lalu bisa membuat desain yang menakjubkan ini .

pelengkung septimusPelengkung Septimus Severus

Septimus Severus adalah nama kaisar romawi tahun 200 M yang memutuskan untuk membangun sebuah pelengkung untuk mengabadikan kejayaannya dan kemenangannya atas parthia di timur romawi .

Sebuah desain pintu gerbang dengan pelengkung yang khas dengan ukiran di bagian depan dan belakang pelengkung .juga terdapat tulisan inskripsi dengan huruf dari perunggu . Ciri khas ornamen romawi terdapat pada kolom , kaki kolom ,serta kepala kolom .

parthenon
Parthenon - Yunani

Parthenon adalah kuil suci dewi athena yang di bangun di puncak bukit tertinggi kota athena . Di bangun sekitar tahun 1300 SM sebagai tempat tinggal para raja dan merupakan tempat pertahan terakhir ketika athena di serang musuh .

Lihat : Arsitektur Parthenon


petra
Petra - Yordania

Di bangun sekitar tahun 9 SM oleh raja aretas IV terletak di ma'an - yordania .Petra berasal dari bahasa yunani yang berarti "batu". Sebuah desain unik dengan tehnik pahat pada dinding bebatuan lengkap dengan sistim pengairannya di yordania dan juga merupakan simbol tehnik dan perlindungan .

 .
kuil horusKuil Horus di Edfu - Mesir

Di dedikasikan untuk dewa elang horus , di bangun pada tahun 237 SM pada masa ptolemy III namun baru selesai pada masa ptolemy XII pada tahun 57 SM . Kuil horus merupakan percampuran unsur tradisional dinasti mesir dengan unsur yunani


piramid giza

Piramida Giza - Mesir

Di bangun sekitar 4500 tahun yang lalu , piramida giza merupakan monumen paling terenal dari mesir kuno .

untuk lebih lengkap lanjutkan di sini :






Bagaimana..?menakjubkan bukan..Ternyata orang-orang jaman dulu walaupun dengan alat dan bahan seadanya mampu menciptan karya seni arsitektur yang menawan.Bagaimana dengan kita yang berada di jaman modern dan serba canggih...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...