Masjid Bawah Tanah di Turki

Masjid Bawah Tanah di Turki
Untuk pertama kalinya turki membangun sebuah masjid yang terletak di bawah tanah , Masjid bawah tanah tersebut terletak di Buyukcekmece , istanbul . Bangunan masjid tersebut merupakan implementasi sayembara Architecture fest competition yang di menangkan oleh arsitektur turki Emre Arolat untuk kategori tempat ibadah.

Masjid bawah tanah yang di desain tanpa menara tersebut terinspirasi dari Gua Hira,tempat nabi Muhamad SAW menerima wahyu pertama . Masjid tersebut memiliki luas 1200m2 dan berkapasitas 650 jamaah itu terletak di bawah tanah yang peneranganya terbantu oleh sinar matahari.

Baca juga : Pencahayaan dengan tabung surya

Masjid yang di bangun sejak tahun 2011 tersebut baru di resmikan sekitar bulan kemarin . Berikut detail masjid bawah tanah tersebut:

Sebuah desain unik dengan kanopi panjang yang terlihat dari luar . Itu berfungsi sebagai pelindung dari keramaian atau hiruk pikuk yang terjadi di luar , agar kegiatan ibadah menjadi semakin khusu' . Celah yang berada di sepanjang dinding arah qiblat di fungsikan untuk mengoptimalkan pencahayaan di dalam masjid goa tersebut .

Masjid Bawah Tanah di Turki

Dari jarak dekat terlihat mulut goa dengan dinding menggunakan ornamen batu alam yang menawan dan kanopi tipis yang mengelilingi masjid sebagai peneduh . Desain seperti ini tentu akan memerlukan perhitungan struktur bangunan yang tepat dan efisien .

Masjid Bawah Tanah di Turki

Sebuah eksotisme desain unik ruang ibadah yang besar pada masjid bawah tanah di turki yang mengusung desain modern dan tidak hanya fokus pada esensi ruang ibadah . Pola langit-langit dan desain lantai di tunjukkan sangat menakjubkan .

Masjid Bawah Tanah di Turki

Masih banyak desain unik yang bisa anda dapatkan pada masjid bawah tanah di turki tersebut yang tidak bisa di perlihatkan di sini . silahkan anda cari - cari pada web yang banyak di sebelah ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...