Elemen Dalam Arsitektur Islam

Setelah wafatnya Rasulullah SAW pada tahun 632 , islam telah menyebar ke berbagai penjuru dunia bahkan seluruh timur tengah , bagian afrika utara , spanyol , asia tengah , dan india . Dalam dunia arsitektur islam juga mengalami perkembangan yang luar biasa , selama berabad - abad ia memiliki budaya dan ciri khas tersendiri .

Gaya arsitektur islam yang paling menonjol dan memiliki ciri khas yang kuat adalah bangunan masjid , seperti ; Masjid Agung di Damaskus , Masjid Ibnu Tulun di Kairo , dan juga Masjid Agung ( sekarang Katedral ) di Cordoba . Selain itu seni arsitektur islam juga dapat di lihat dari jenis bangunan lain seperti ; Masjid Syekh Lutfallah di Isfahan yang di gunakan sebagai madrasah ( sekolah agama ) , atau sebagai tempat peringatan atau monumen seperti ; Dome Of The Rock di Yerussalaem dan Taj Mahal dari Agra .

Seperti para raja pada umumnya , islam juga memiliki bangunan istana yang megah seperti ; Alhambra di Granada - Spanyol , atau Istana Topkapi di Istanbul - Turki . Bangunan tersebut di dirikan dengan menggunakan bahan lokal dan juga desain yang cocok dengan iklim dan geografis dari daerah tersebut . Sebagai contoh misalnya ; di daerah mediterania lebih identik dengan pemasangan struktur dari batu atau beton yang di finish dengan ornamen mosaik warna - warni .

Sedangkan bangunan di daerah timur lebih menonjolkan lengkungan , kubah , atau batu bata ekspose maupun di akhiri dengan plaster . Seiring perkembangan dan waktu , ide - ide artistik dan teknik arsitektur islam memiliki ciri khas dan berbagai kelebihan tersendiri .

Dari semua hal tersebut ada beberapa element yang khas di miliki pada desain arsitektur islam . Simak sedikit uraian di bawah ;

Desain Kubah

Sebuah elemen yang hampir terdapat pada bangunan bernafaskan islam adalah kubah dengan bentuk melingkar , Langit - langit berkubah bisanya membatasi bangunan berbentuk persegi . Pada umumnya kubah bagian luar di desain polos dengan finish ornamen dari bahan keramik atau batu marmer . Sedangkan untuk langit - langit kubah pada interiornya lebih mewah dengan berbagai hiasan mosaik , berbagai kaligrafi 3 dimensi , atau bahkan stalaktit atau biasa di sebut dengan muqarnas .

Desain Kubah pertama kali di bangun adalah pada Dome Of The Rock pada tahun 691 di Yerussalem . Dari bangunan tersebut kemudian menjadi inspirai selanjutnya untuk pembangunan - pembangunan gedung bernafaskan islam .  




Menara

Bangunan Menara seperti ini berada di luar masjid dan berdiri menjulang dengan ketinggian tertentu . Menara - menara tersebut memproyeksikan dari mana para muazin mengumandangkan azan atau panggilan waktu shalat . Sementara mengenai bentuk desain , gaya , dan jumlah dari menara tersebut berbeda di setiap daerah , ada yang cuma satu menara bahkan ada yang lebih dari empat menara .

Bangunan menara tersebut di pelopori oleh masjid - masjid dari daerah turki yang identik dengan beberapa menara yang membumbung tinggi . 


Lengkungan

Desain lengkungan pertama kali di populerkan pada masa yunani dan romawi , Yang kemudian mendorong para arsitektur muslim untuk memasukan unsur tersebut ke dalam desain mereka . Mulai dari lengkungan berbentuk tapal kuda , lengkungan melintang , lengkungan meruncing , hingga lengkungan multi-foil .

Di masukannya lengkungan sebagai motif arsitektur islam merupakan hal yang sangat baik dalam segi fungsional dan dekoratif . Selain itu , lengkungan menunjukan kejayaan muslim dalam bidang geometri dan hukum keseimbangan statis , yang menggambarkan di mana kekuatan yang di berikan pada setiap objek tersebut adalah seimbang . Lengkungan juga melambangkan bentuk bulat dari alam semesta bagi para mualaf .


Pola Geometris

Penggunaan gambar manusia dan hewan pada setruktur muslim tidak di ijinkan . Oleh karenanya para desainer muslim berlomba - lomba untuk menciptakan perpaduan warna dan juga pola geometrik yang rumit sebagai dekorasi interior bangunan islami . Pola - pola tersebut kemudian di sebuat Arabesque .

Pola tersebut mewakili sifat tak terbatas dan penciptaan ekspansif serta mengekspresikan spiritual islam tanpa penggambarab bentuk mahluk hidup . Selain itu berbagai kaligrafi islam sering menghiasi dinding , langit - langit , dan kolom - kolom dunia muslim . Sementara dominasi warna biru menggambarkan perlindungan .    

Sebenarnya masih banyak element yang menjadi ciri khas dalm dunia arsitektur islam . Pada sedikit uraian di atas , kami hanya memberikan beberapa element utama yang sering terdapat pada bangunan muslim .

Semoga bermanfaat bagi anda , dan Terima Kasih ....


No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...