Rumah Adat Nuwo Sesat


Gambar di atas merupakan salah satu rumah adat dari indonesia , ialah Nuwo Sesat dari Lampung . Sebuah rumah adat yang sangat indah dan unik terpampang dari tampak depan rumah tersebut .

Ciri - Ciri Fisik

Ciri khas yang di miliki rumah tersebut adalah pada konstruksinya yang berbentuk panggung dan di sangga oleh tiang - tinag besar yang kokoh . Bahan yang di gunakan sebagian besar dari kayu namun dengan kualitas yang tinggi . Karena propinsi lampung termasuk daerah yang rawan dengan gempa , desain tersebut akan sangat cocok dan lebih kuat menahan gempa .

Ciri khas lainya adalah terdapat ijak geladak ( balkon ) yang di lengkapi dengan rurung agung ( atap / kanopi ) pada bagian depan utama rumah tersebut ( lihat gambar di atas ) .  

Desain Arsitektur

Di lihat dari sudut pandang arsitektur , Rumah adat nuwo sesat memiliki desain arsitektur dan ornamen yang unik dan menawan . Kendahan dari ornamen yang menonjol terdapat pada rurung agung ( atap ) yang di hiasi dengan payung berwarna - warni . Semua warna tersebut mewakili tingkat masyarakat tradisional lampung .
  • Warna putih melambangkan tingkat marga .
  • Warna kuning melambangkan tingkat kampung .
  • Warna Merah melambangkan  tingkat suku . 
Jadi semua warna pada simbol tersebut menunjukan perbedaan status sosial , marga , dan suku . Namun begitu masyarakat tradisional di daerah tersebut tetap menjaga perpaduan dan saling menghormati antara satu dan lainnya .

Ornamen 

Terdapat berbagai makna filosofi yang terdapat pada rumah adat nuwo sesat ini , di antaranya bentuk ornamen dari aksara kuno lampung yang terdapat pada rumah adat tersebut . Selain itu railing tangga  pada rumah adat tersebut menggunakan ukiran yang indah dan halus sebagai dekorasi yang menakjubkan . 

Untuk lebih jelas mengenai rumah adat tersebut , anda bisa mendatangi daerah di mana rumah adat nuwo sesat berada , yaitu propinsi lampung .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...