Konsep Rumah Tropis

konsep rumah tropis
Indonesia merupakan negara yang dilalui garis khatulistiwa, sehingga memiliki iklim tropis dengan sinar matahari yang melimpah dan curah hujan yang sepanjang tahun . Oleh karena itu, ada 3 hal penting yang harus anda perhatikan dalam perencanaan (desain) rumah di negara yang beriklim tropis ini, yaitu : suhu , curah hujan , dan tingkat kelembapan yang tinggi.

Arsitektur bergaya tropis adalah model bangunan yang memiliki nilai estetika khas nuansa tropis yang ramah lingkungan, memiliki keabadian baik dari segi desain dan seni, serta segi fungsi, kebutuhan , iklim , dan lingkungan sekitar . Rumah tropis hadir sebagai rumah yang nyaman dihuni, tampilan desain menarik, dan tanggap terhadap iklim tropis. Biasanya rumah dengan gaya tropis dirancang dengan mempertimbangkan dan memanfaatkan secara optimal sumber daya alami cahaya dan udara ke dalam rumah.
 
rumah tropis

Jadi pada dasarnya rumah tropis adalah suatu bentuk penyesuian terhadap efek yang di timbulkan oleh iklim tropis yang terjadi sepanjang tahun . Konsep rumah tropis biasanya identik dengan adanya taman tropis seperti:bakung , dinding air , palem , dadap , dan jenis tanaman perdu lainnya sebagai penyejuk karena cuaca iklim tropis yang panas .

rumah tropis

Yang harus anda perhatikan dalam merencanakan konsep rumah tropis adalah harus adanya sirkulasi udara dan cahaya yang masuk secara maksimal . Karena ada sisi positif dan negatif terhadap dampak dari sinar matahari tersebut . Oleh karena konsep rumah tropis harus di ciptakan banyak bukaan - bukaan yang berupa jendela atau yang lainnya .

rumah tropis

Pada jaman sekarang ini rumah modern telah di desain sedemikian rupa untuk menciptakan rumah tropis , seperti penggunaan dak beton , kaca - kaca berukuran besar dan sebagainya . Mengenai desain dari rumah tropis itu sendiri , Rumah Idamanku telah mempersiapkan beberapa contoh untuk anda jadikan acuan untuk menciptakan sebuah hunian yang nyaman di daerah tropis .

Nah, berikut adalah beberapa contoh dari desain rumah tropis :


rumah tropis

rumah tropis

rumah tropis

rumah tropis

rumah tropis

rumah tropis

Dengan menghadirkan konsep rumah tropis sebagai rumah idaman anda berarti anda sekaligus membantu mencegah global warming yang sangat mengancam kelangsungan hidup di bumi.


No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...