Jenis - Jenis Basement Pada Bangunan

Tentu anda semua sudah sering mendengar atau bahkan telah paham dan akrab dengan kata " basement " . Ya .. adalah satu ruangan yang berada di bawah tanah secara keseluruhan atau sebagian. Lebih tepatnya lagi adalah ruangan yang berada di bawah lantai dasar rumah anda .Mungkin anda pernah menjumpai tempat tersebut pada pusat perbelanjaan yang serig di gunakan sebagai area parkir. 

Pada sebuah rumah , sekarang juga banyak yang mengaplikasikan basement sebagai pelengkap untuk hunian mereka . Banyak yang di gunakan sebagai gudang atau tempat penyimpanan barang . Namun seiring perkembangan teknologi yang juga karena tekanan lahan yang sempit , banyak yang menggunakan basement sebagai ruangan tambahan .

Lalu mengapa harus basement jika anda bisa membangun sebuah rumah dengan jumlah lantai sesuai kebutuhan anda . Hal ini di karenakan ada beberapa daerah yang mengatur ketingginan dan jumlah lantai untuk bangunan rumah . Untuk mengatasi hal tersebut maka harus di ciptakan basement untuk menambah ruangan .

Sebelum anda mewujudkan adanya basement pada rumah anda , ada baiknya anda mengenal jenis - jenis basement untuk menambah pengetahuan anda .

- Basement Walk Out 


Dengan melihat gambar di atas pastinya anda semua tahu , bahwa walk out basement adalah ruangan pada sebuah rumah yang terletak di atas lahan yang landai . Hal ini memungkinkan bagi penghuni rumah untuk mengakses ruangan tersebut secara langsung dari luar rumah . Basement seperti ini biasa di gunakan sebagai garasi namun juga banyak yang di gunakan untuk menambah kamar .

- Basement Look Out


Posisi basement yang satu ini di bagian paling dasar rumah anda dengan di kelilingi dinding yang kokoh hingga lantai dasar rumah anda . Jadi bisa di katakan look out basement adalah ruangan yang sebagian berada di bawah tananh . Jadi akan memungkinkan bagi semua orang yang berada dalam ruangan tersebut melihat pemandangan luar rumah melalui jendela - jendela yang di ciptakan .

- Basement Walk Up


Basement yang satu ini merupakan jenis basement yang memiliki akses masuk khusus ke ruagan tersebut dengan menggunakan pintu atau tangga . Kekurangan dari basement jenis ini adalah tangga atau pintu pada area tersebut akan mudah lembab dan licin karena tergenang air . Jadi perhatian khusus harus anda berikan pada akses masuk di sini .

- Cellar


Biasanya basement jenis ini sering di aplikasikan pada rumah di daerah yang memiliki empat musim . Di karenakan lebih sesuai dengan fungsi utamanya untuk menyimpan makanan atau minuman pada waktu musim dingin atau penghujan .

Cellar harus memiliki temperatur yang konsisten sepanjang tahun mengingat fungsi utamanya tersebut untuk menjaga kesehatan dan makanan dan minuman tersebut tersimpan selalu dalam keadaan steril .

Selain ke empat jenis basement di atas , ada juga jenis basement rangkak . Namun jens yang satu ini tidak di fungsikan sebagai ruangan tambahan karena hanya bisa di lalui dengan merangkak . Biasanya ini berupa lorong atau goa yang sebagai jalan tersembunyi di bawah rumah . Untuk membuat jenis ini anda harus memperhatikan tekanan air dan tanah pada area tersebut .

Semoaga sedikit uraian tentang Basement di atas bisa bermanfaat bagi anda . Jangan lupa selalu ikuti update dari Rumah Idamanku untuk mewujudkan hunian yang nyaman .

Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...