Rumah Baileo - Maluku


Rumah Baileo - Maluku
Baileo merupakan Rumah Adat propinsi maluku sebagai representasi kebudayaan maluku yang berfungsi sebagai tempat kegiatan penting yang di buat oleh warga setempat , baik itu acara adat ataupun acara kemasyarakatan.

Baileo sendiri memiliki arti balai , dan Rumah Adat Baileo di rancang sendiri oleh kepala adatnya.Di buat dengan menggunakan bahan yang kuat dan di hiasi banyak ornamen , Rumah Baileo juga sering di jadikan sebagai tempat penyimpanan benda pusaka yang di anggap suci dan keramat.

Desain Arsitektur

-Rumah baileo merupakan rumah panggung dan posisi lantai berada di atas tanah . Rumah Baileo tidak berdinding dengan alasan sesuai keyakinan warga setempat bahwa roh roh nenek moyang bisa bebas keluar masuk rumah baileo.

Rumah Baileo - Maluku

Lihat Juga : Tongkonan toraja yang mengagumkan

-Pada Rumah Baileo ada batu pamali yang berada tepat di depan pintu utama.Batu pamali di gunakan sebagai tampat sesaji.

Rumah Baileo - Maluku

-Tiang Rumah Baileo ada 9 yang berada di depan dan belakang dan ada 5 yang berada di sisi kanan dan kiri yang merupakan lambang siwa lima.

Rumah Baileo - Maluku


No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...