Vertical Garden


vertical garden


Vertical Garden / Taman Vertical.. 
Taman merupakan salah satu unsur yang dapat mempercantik rumah idaman anda.Kalau anda mempunyai lahan yang luas pasti tidak akan kesulitan untuk mewujudkan sebuah taman cantik dalam hunian anda.

Tapi lain halnya bagi mereka denga lahan yang terbatas pasti akan merasa sulit untuk mewujudkan sebuah taman walaupun dengan ukuran yang kecil . Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir karena ada solusi untuk mewujudkan taman di rumah idaman anda . Solusinya adalah vertical garden / taman tegak .Vertical garden adalah taman tegak bisa anda aplikasikan pada dinding pagar rumah anda baik itu belakang atupun depan rumah anda .

Vertical garden merupakan perluasan dari vertikultur yang sudah marak di terapkan di indonesia dengan menanam sayuran pada media tanam atau dalam sebuah wadah / pot yang di tata secara vertical . Namun seiring perkembangan vertical garden ini di buat dengan tanaman hias yang cantik yang di sertai dengan penataan desain yang cantik dan indah serta menyesuaikan dengan bentuk ruangan . Namun pembuatan vertical garden sekarang masih tergolong mahal di pasaran , bahkan beberapa perusahaan jasa pembuatan vertical garden mematok harga yang tinggi hingga jutaan rupiah per meter persegi . Dengan harga yang melambung tersebut banyak dari kalangan mastarakat yang ciut hatinya bahkan menyebabkan tidak jadinya untuk mewujudkan vertical garden pada hunian mereka . 

Mahalnya biaya untuk mewujudkan vertical garden tentu tidak lepas dari barang - barang yang bersifat modul . Hal tersebut di karenakan barang - barang tersebut masih di dapatkan dengan cara import . Memang semua barang tersebut akan lebih mempermudah anda menciptakan vertical garden yang cantik pada hunian anda .


vertical garden


Contoh pembuatan vertical garden dengan menggunakan barang import yang bersifat modul tadi seperti gambar di bawah .Memang sebuah sistim yang cantik dan terlihat indah , namun dengan biaya yang mahal tentu akan sedikit manambah pengeluaran anda tentunya .

vertical garden

Namun anda tidak perlu berkecil hati , di sini Rumah Idamanku akan memberikan sistim lain yang jauh lebih hemat dan terjangkau serta tak kalah cantik dengan bahan yang mahal . Sistim yang paling indah dan mudah di aplikasikan adalah dengan sistim kantong . Anda dapat membuat kantong dari lembaran geotekstil atau bahan screen . Kelebihan dari bahan tersebut adalah mampu menyimpan media tanam dan juga penyimpanan air yang cukup . Sebanarnya ada bahan lain yang dapat anda pergunakan yaitu dengan botol bekas , namun hasilnya akan terlihat kurang maksimal .

Bahan tersebut kemudian anda jahit , bisa menggunakan mesin jahit untuk bahan yang tebal ( bahan jins , karung goni , dsb ) atau bisa juga menggunakan jahitan manual untuk bahan yang lebih tipis . Namun sebaiknya anda menggunakan sistim jahit manual , karena anda bisa menggunakan tali senar atau tali pancing yang tentunya akan lebih kuat .

Vertical GardenVertical GardenVertical Garden
Setelah anda mengetahui sistim dan bahan yang baik untuk menciptakan vertical garden dengan biaya yang murah dan terjangkau , langkah selanjutnya adalah tahapan apa saja yang harus di lakukan untuk mewujudkan sistim tersebut .  
  1. Hitung luas dinding yang akan di tutup dengan vertical garden , semakin luas volume maka kontruksi juga harus semakin kuat .
  2. Sambung kerangka tempat wadah yang telah anda buat pada dinding , usahakan menempel erat pada beton bertulang untuk hasil maksimal .
  3. Susun kantong - kantong yang telah anda buat dengan jarak tertentu sesuai dengan tanaman yang akan anda gunakan .
  4. jahit dengan erat setiap pertemuan dan sambungan kantong hingga membentuk kantong yang tak terpisahkan . 
  5. Masukan pipa / selang sebagai irigasi tetes yang terikat kuat dalam kantong .
  6. Masukan media tanam ke dalam kantong yang telah siap . 
  7. Masukan tanaman yang telah anda pilih ( sesuai selera anda tentunya ) . Lihat jenis tanaman untuk vertical garden
  8. Beri pupuk yang baik dan cukup .
  9. Atur sistim irigasi secara otomatis maupun manual . 
  10. Vertical garden tidak akan terwujud kalau anda membaca tanpa mencoba .
Hal terakhir yang perlu anda ketahui tentunya desain dari vertical garden tersebut . Bentuk dan desain dapat dengan mudah anda dapatkan di internet . terima kasih anda telah menyimah sedikit ulasan dari Rumah Idamanku , Semoga bermanfaat ..

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...