Rumah Adat di Indonesia

   Indonesia adalah negeri yang terdiri dari beripu pulau dan propinsi yang kaya akan budaya. Akan tetapi walau terdiri dari banyaknya propinsi Indonesia tetap sebagai satu kesatuan yang utuh.Salah satu kekayaan budaya indonesia adalah Rumah Adat.Tiap propinsi di indonesia mempunyai rumah adat masing-masing yang sangat unik dan menarik .

   Tiap-tiap Rumah adat di indonesia memang jarang di jumpai di kota-kota besar,Namun di setiap daerahnya masing-masing pasti akan akan kita jumpai kalau kita berkunjung di wilayah nusantara . Salah tempat untuk melihat contoh rumah adat di indonesia adalah TMII(Taman Mini Indonesia Indah) di jakarta.

   Kalau anda tidak sempat ke TMII berikut contoh gambar rumah adat di Indonesia:

Rumah Gadang - Sumatera Barat

Rumah Gadang
Rumah ini merupakan rumah panggung dengan bentuk atap yang unik . Rumah adat ini di bangun secara gotong - royong baik untuk rumah tinggal maupun di gunakan sebagai tempat untuk kepentingan umum . Jumlah ruang dalam rumah ini biasanya berjumlah ganjil .

Rumah Melayu Salaso Jatuh Kembar - Riau

Rumah Melayu Salaso Jatuh Kembar
Ciri khas yang terdapat pada rumah adat ini adalah ; berbentuk rumah panggung , dan di dominasi bentuk wajik atau segitiga pada setiap ornamen baik interior maupun eksteriornya . Selain itu juga kaligrafi arab yang mendominasi sebagai dekorasi pada dinding rumah .

Rumah Balai Batak Toba - Sumatera Utara

Rumah Balai Batak toba
Sering di sebut juga dengan sebutan Rumah Bolon yang berarti besar . Ciri khas pada rumah ini ; Berbentuk rumah panggung yang di kolong rumah biasanya di jadikan tempat hewan peliharaan . Jumlah tangga di depan rumah ganjil , pintu masuk rumah agak rendah , dan di atas pintu terdapat gorga ( sebuah lukisan berwarna hitam , merah , dan putih ) .

Rumah Panggung - Propinsi Jambi

Rumah Panggung
Merupakan rumah panggung yang di sebut dengan "kajang Leko" yang merupakan satu bentuk implementasi dari seni , budaya , dan keyakinan warga jambi yang di siratkan mulai dari desain bangunan , tata ruang , dan juga dekorasi . Biasanya rumah adat ini berukuran 12 x 9 meter .

Rumah Limas - Sumatera Selatan
 
Rumah Limas
Merupakan bentuk rumah bertingkat - tingkat yang melambangkan filosofi budaya dan di sebut "bengkilas" . Luas rumah biasanya 400-1000m2 dan di gunakan untuk acara adat . Rumah Limas juga merupakan simbol dari lima tahap kehidupan yaitu ; usia , jenis , bakat , pangkat , dan martabat yang di sebut dengan "kekijing" , selain itu juga menandakan garis keturunan asli warga setempat .

Rumah Nuwou Sesat - Lampung

Rumah Nuwo Sesat
Ciri khas pada rumah adat ini adalah terdiri dari tiga bagian yaitu ; Nuwou sebagai tempat tinggal , Sesat merupakan bagian dalam rumahyang di pergunakan untuk beribadah , dan ada ruangan untuk menyimpan benda - benda pusaka yang di sebut pamanohan . 

Rumah Kesepuhan - Jawa Barat 

Rumah Kesepuhan
Banyak sekali rumah adat khas jawa barat yang dapat di lihat dari bentuk atapnya . untuk itu anda bisa searching untuk info lengkapnya .

Rumah Joglo - Jawa dan Yogyakarta

Rumah Joglo
Ada beberapa jenis rumah joglo yang terdapat di pulau jawa seperti ; jawa tengah , jawa timur , dan yogyakarta . Secara garis besar semua jenis rumah adat tersebut hampir mirip , hanya saja pada daerah masing - masing menggunakan unsur ornamen sesuai adat yang berlaku di daerah tersebut .

Gapura Candi Bentar - Bali

Gapura Candi Bentar
Rumah adat ini merupakan sebuah bangunan biasa namun terdapat dua buah gapura tanpa atap sebagai pintu masuk yang merupakan bangunan yang serupa dan sebangun . Bangunan ini terpisah secara total dan hanya di hubungkan oleh anak tangga yang berada di bawah gapura tersebut .

Rumah Dalam Loka - Propinsi NTB

Rumah Dalam Loka Samawa
Merupakan istana tempat tinggal raja yang berada di daerah sumbawa - NTB . Ciri khas dari rumah adat ini adalah terdapat 2 buah bangunan kembar yang di topang oleh 98 tiang dari kayu jati dan satu buah tiang guru . Jadi secara keseluruhan ada 99 buah tiang yang melambangkan asma'ul husna . 

Rumah Mosalaki - Propinsi NTT

Rumah Sao Ata Mosa Lakitana
Ciri khas pada rumah adat ini dapat di lihat dari bentuk atap dan juga bahan yang di gunakan sebagai atap adalah dari ilalang . Berbentuk rumah panggung yang di bawahnya terdapat balai panjang untuk menerima tamu . Selain itu , pada tiang rumah adat ini berada di atas batu jadi tidak di tanam / masuk ke dalam tanah .

Rumah Panjang - Kalimantan Barat

Rumah Panjang
Ciri khas pada rumah adat ini adalah pada panjangnya yang bisa mencapai ratusan meter . terbuat dari kayu dengan jumlah ruangan sekitar 50 ruangan . Pada umumnya rumah panjang ini di gunakan sebagai tempat tinggal beberapa keluarga dan juga untuk menghindari serangan binatang buas .

Rumah Lamin - Kalimantan Timur

Rumah Lamin
Ciri khas yang terdapat pada rumah adat ini adalah terbuat dari bahan kayu serta adanya ukiran atau gambar yang memiliki makna khusus bagi masyarakat kalimantan timur . Selain itu warna yang di pergunakan juga memiliki arti tersendiri , dan warna yang mendominasi adalah warna ; kuning dan hitam yang melambangkan kemakmuran

Rumah Baanjung - Kalimantan Tengah

Rumah Banjar
Ciri khas pada rumah adat ini adalah bentuk beranjung atau terdapat sayap yang menjorok ke kanan dan kiri bangunan induk . Pada umumnya rumah baanjung ini memiliki dua sayap , namun ada juga yang hanya memiliki satu sayap di kanan atau di kiri saja .

Rumah Bolang Mongondow - Sulawesi Utara

Rumah Bolaang Mongondow
Ciri khas pada rumah adat ini adalah berbentuk rumah panggung dengan model atap memanjang ke belakang . Selain itu juga terdapat dua buah tangga di depan rumah yang menurut kepercayaan warga setempat untuk menghalau kekuatan jahat yang masuk ke dalam rumah .

Rumah Besar - Sulawesi Tengah

Souraja/Rumah Raja
Di sebut juga dengan nama " Souraja" yang merupakan tempat tinggal turun temurun bagi keluarga bangsawan . Terdiri dari tiga ruangan yaitu ; Lonta karawana ( ruang depan ) , Lonta Tata Ugana ( ruang tengah ) , dan Lonta Rorana ( ruang belakang ) . Semua ruangan tersebut mempunyai fungsi sesuai dengan adat yang berlaku di daerah tersebut .

Rumah Laikas - Sulawesi Tenggara

Rumah Laikas
Rumah adat ini terdiri dari tiga lantai ; lantai pertama untuk tempat tinggal raja , lantai kedua untuk tempat tinggal keluarga , dan lantai ke tiga untuk tempat beribadah . Di samping lantai dua terdapat "bane" ( ruangan untuk menenun kain ) .

Rumah Tongkonan - Toraj - Sulawesi Selatan

Tongkonan Toraja
Rumah adat suku toraja ini tergolong sangat unik denga bentuk yang langsung dapat di kenali dari bentuk atapnya . Dengan desain atap melengkung menyerupai sebuah kapal atau perahu membuat rumah adat ini sangat unik . 

Rumah Baileo - Maluku

Rumah Baileo
Merupakan rumah aadat maluku yang di rancang khusus oleh ketua adatnya sendiri . Rumah ini di jadikan tempat penyimpanan benda pusaka , upacara adat , dan juga sebagai tempat bermusyawarah bagi warga .

Rumah Honai - Papua

Rumah Honai
Ciri khas pada rumah adat ini terlihat dari bentuk yang melingkar dengan atap berbentuk kerucut dari bahan jerami / ilalang . Rumah honai tidak memiliki jendela supaya dapat menahan udara dingin dari pegunungan papua .

Rumah Doloupa - Propinsi Gorontalo

Rumah Doloupa
Berbentuk rumah panggung dengan atap yang indah di hiasi dengan beberapa pilar dari kayu . Rumah doloupa ini di jadikan sebagai tempat musyawarah bagi warga dolohupa . Di dalam rumah adat ini juga terdapat berbagai perlengkapan untuk upacara adat ,seperti perkawinan dll.

Rumah Kebaya - Betawi - Jakarta 

Rumah Adat Betawi
Mengapa rumah ini di sebut rumah kebaya ? Karena bentuk atapnya menyerupai seperti bentuk pelana yang di lipat . Apabila di lihat dari samping maka akan terlihat seperti lipatan kebay .

Rumoh Aceh - Nangroe Aceh Darussalam

Rumoh Aceh
Berbentuk rumah panggung dan terbuat dari bahan kayu yang berkualitas . Ada beberapa jenis Rumoh aceh, yaitu yang terdiri atas tiga bagian dengan di sangga 16 tiang , lima ruang dengan 24 tiang , dan ada jenis rumoh aceh besar dengan 80 tiang .

Rumah Bubungan Lima - Bengkulu

Rumah Bubungan Lima
Rumah panggung yang di sangga oleh beberapa tiang penopang . Rumah adat ini bukan hanya di gunakan sebagai rumah tinggal , namun juga sebagai tempat untuk melaksanakan upacara adat masyarakat bengkulu . 


Sangat cantik dan unik bukan? Mungkin gambar rumah adat di atas bisa menjadi inspirasi untuk anda untuk mendesain rumah idaman anda dengan perpaduan etnik dan modern .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...