Belajar 3-D Tingkat 4

                                                              Tampilan Perspektif                

Dengan Auto Cad anda dapat memperlihatkan objek dengan cara yang berbeda selain dengan tampilan 2-D . Dengan 3-D anda dapat menampilkan sudut pandang perspektif pada satu objek .

Anda dapat melakukannya secara cepat dengan opsi menu pull-down . Pilih View > 3-D Viewpoint ( Kemudian pilih salah satu dari empat pilihan isometrik ) .

Anda dapat melihat gambar di bawah ini untuk melihat ke empat perbedaan tersebut .
pilihan isometrik

Ketika melakukan gambar dasar, itu adalah ide yang baik untuk menggunakan hanya satu tampilan. Ini akan membuat anda berorientasi jauh lebih mudah. Hal ini paling umum untuk menggunakan tampilan Southwest, karena hal ini membuat X positif dan sumbu Y dalam posisi logis.

Akan ada saat-saat ketika anda mungkin perlu untuk melihat ke sisi lain dari objek. Kemudian anda dapat dengan mudah menggunakan pandangan lain yang telah ditetapkan untuk melihat model anda. Anda juga dapat memiliki lebih dari satu tampilan pada layar anda pada suatu waktu.

Untuk melakukan hal tersebut gunakan Tile viewport pada opsi menu view pull-down . Tekan New Viewport dan pilih beberapa layout .Anda bisa melakukan konfigurasi viewport dan simpan dengan nickname sesuka anda . Anda bisa melihat gambar di atas sebagai contoh konfigurasi viewport preset.

Dengan melihat gambar di atas anda bisa memilih opsi 2-D atau 3-D , dan mengubah tampilan dengan memilih pada salah satu viewport dan memeilih salah satu pandangan dalam droplist tersebut.

Berikut beberapa catatan umum tentang view dan viewport.

- Anda dapat memiliki viewport yang baik dalam model space ( tiled ) atau  paper space ( Floating ) .
- Mereka dapat memiliki rasio zoom yang berbeda .
- Jika anda membutuhkan tampilan dengan beberapa objek , menyimpannya menggunakan view .
- Ketika menyimpan pandangan / view berikan deskripsi .
- Mengawasi ikon UCS di sudut layar atau viewport .
- Jika monitor anda lebih keci , maka semakin sulit menampilkan tile viewport
- Bila anda memiliki satu viewport , klik pada menu yang anda inginkan .

Untuk berlatih melihat gambar 3D, membuka up file sampel 3-D meja dan kursi. Ubah ke layout viewport yang berbeda seperti yang ditunjukkan di atas. Cobalah beberapa tampilan Isometric berbeda. Tergantung pada ukuran monitor anda, hal itu mungkin tidak praktis untuk menggunakan beberapa viewports. Pada akhirnya itu adalah masalah preferensi pribadi untuk memutuskan pengaturan menggambar yang nyaman .

Ubah kembali ke 1 viewport (View> Set Viewports> Single) dan beralih ke tampilan SW Isometric.

http://desain-rumah-idamanku.blogspot.com/

Pandangan Perspektif / Perspective views

Menu lain yang akan memberi anda kontrol yang lebih besar pada tampilan objek anda adalah DVIEW (Dynamic View) . Ini juga akan memungkinkan anda untuk menampilkan pandangan perspektif pada objek anda .

Dasar dari Pandangan Perspektif adalah sebuag kamera virtual dan sebuah target . Bayangkan posisi anda sebagai kamera dan arah dari penglihatan anda sebagai target .Sebagai contoh Meja dan Kursi perspektif . Pertama tentukan dulu titik untuk kamera anda .

Menarik garis dari tengah bagian bawah 6 'di sumbu X negatif. . Sekarang menggambar garis 5'6 "lurus ke atas (@ 0,0,5 '6) - dan akhirnya menarik garis ke tengah ujung meja . Seharusnya terlihat seperti ini:

Perspective views

Sekarang jalankan perintah Dview. Anda akan diminta untuk memilih objek. Anda dapat memilih semuanya, atau untuk tujuan pengaturan poin, anda bisa hanya memilih garis karena membuat perintah cepat dalam gambar besar.
- Pilih baris paling atas ke tengah meja. <ENTER>
- Pilih opsi Poin dengan mengetikkan PO <ENTER>
- Sekarang Anda harus memilih Target - memilih endpoint kanan baris (menggunakan Osnaps)
- Selanjutnya pilih Kamera - memilih titik akhir kiri baris.
Ini akan terlihat seperti garis menghilang, tetapi anda sekarang melihat lurus ke bawah itu.
Tekan <ENTER> untuk mengakhiri perintah.

Mulai perintah DVIEW lagi dan memilih semua objek. Dalam gambar yang lebih besar, pilih objek yang terjauh dengan luasan gambarnya (ini akan menghemat waktu dan membiarkan anda tahu batas pandang anda) dan benda yang sangat penting untuk tampilan anda. Apa ini berarti bahwa jika anda menggunakan perintah pada gambar yang sangat besar, perintah DVIEW dapat rawa bawah (memperlambat) sistem anda untuk merangkak. Dengan memilih hanya yang di luar batas dari gambar anda, Anda masih akan dapat menggunakan perintah dengan cepat dan efisien.

Kali ini, pilih opsi Jarak dengan menekan D <ENTER>. Opsi ini secara efektif memperbesar dan keluar sementara dalam perspektif pandangan dinamis. Pindahkan slider di atas sampai tepat dari '1 x 'dan kemudian klik kiri dengan mouse anda. Perhatikan bahwa komputer lebih lambat akan memakan waktu lebih lama untuk menumbuhkan gambar untuk anda. Anda juga dapat memasukkan jarak secara manual pada baris perintah - mencoba ini juga. Setiap model 3D akan memerlukan pengaturan yang berbeda untuk mendapatkan tampilan yang Anda inginkan.

Perspective views


Sementara masih dalam perintah Dview, ketik PA untuk opsi Pan dan memindahkan meja dan kursi naik sedikit di area gambar sehingga mereka berpusat.

Dan terakhir, ketik H untuk opsi hide untuk tampilan yang lebih realistis. dan kemudian tekan <ENTER>.

Anda akan melihat bahwa perintah tertentu tidak berfungsi sementara dalam pandangan perspektif. Misalnya, Anda tidak dapat memperbesar atau menggeser cara biasa. Saya sarankan agar anda tidak mengedit gambar anda dalam tampilan ini.

Untuk melestarikan pandangan ini bahwa anda bekerja sangat keras untuk mencapai, ketik V (untuk tampilan) dan pilih tombol New dan memberikan pandangan anda nama. Sekarang ketika anda harus kembali ke tampilan ini anda hanya ketik V lagi, pilih nama tampilan anda , tekan tombol Set Current dan tekan OK.

Set Current

Jika anda menggunakan perintah ini pada gambar yang lebih besar, seperti rumah atau bangunan, proses yang sama digunakan, tetapi anda harus membuat lokasi kamera menjadi lebih jauh dari objek yang ingin anda lihat. Ketika berlatih, simpan pandangan sehingga anda dapat kembali kepada mereka jika diperlukan .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...