Auto Cad Lanjutan 8

                                            Parametric Contraints / Pembatas Parametrik

Parametric Contraints memungkinkan anda membuat suatu objek sesuai dengan cara yang anda inginkan.Misal anda ingin membuat garis untuk tetap vertikal setiap saat , anda bisa menggunakan contraints untuk melakukannya.Atau anda membuat dua lingkaran dengan diameter yang sama . ataupun membuat lingkaran baut untuk tetap berdiameter 1/2" . Jangan khawatir dengan kendala / contraints tersebut. Berikut beberapa contoh yang akan membantu membuat gambar anda lebih baik.

Contraints dapat di bagi menjadi dua kelompok yang berada di parametric tool :

1.Dimensional Contraints


Dapat di gunakan untuk membatasi objek berdasarkan panjang / radius objek.

2.Geometric Contraints


Dapat di gunakan untuk membatasi onjek berdasarkan sifat geometris , vertical , Horisontal , dll.


Dimensional Contraints

Dimensional Contraints berbeda dengan sesuau yang anda kerjakan.Misal anda ingin membuat garis vertical dengan ukuran 10" , dan ingin tetap seperti itu sebelum anda mengubahnya.

Menggambar garis miring acak di layar , pilih pada ikon contraints kemudian pilih dua titik pada garis.

Perhatikan bahwa bahkan jika Osnaps anda off, Anda hanya dapat memilih titik akhir dan titik tengah . Setelah memilih 2 poin, kini anda dapat menentukan panjang yang anda inginkan pada jarak antara titik-titik tersebut berada.

Dengan Contraints masih disorot, masukkan nomor. d3 dalam contoh ini mengacu pada kendala dimensi ke-3 dalam gambar. Jika anda menambahkan kendala dari ujung ke tengah, menambah dari ujung ke ujung (atau sebaliknya). Perhatikan bahwa contraints akan menjadi dua kali lipat yang pertama. Jika anda mengubah satu, yang lain akan berubah.

Geometric Contraints

Mari kita mulai dengan yang mudah. Menggambar 2 garis acak tanpa Ortho on.

Klik pada ikon Paralel Contraints dan kemudian pilih salah satu line dan kemudian yang lain. Baris kedua sekarang harus sejajar dengan yang pertama.

Perintah : _GeomConstraint
Masukkan jenis kendala
[Horizontal / Vertikal / tegak lurus / paralel / Tangent / halus / Coincident / konsentris
/ Kesegarisan / Symmetric / Equal / Fix] <Symmetric>: _Parallel
Pilih objek pertama: line> pertama <select
Pilih objek kedua: <select line> kedua


Sudut baris pertama akan menjadi kendala dimasukkan pada baris kedua. Sekarang jika anda mencoba bergerak salah satu jalur di sekitar, Anda akan menemukan bahwa keduanya akan tetap paralel. Jika anda memilih salah satu, yang lain akan disorot. Anda juga sekarang memiliki indikator pembatas sebelah objek.


Sebagian besar Geometric Contraints bekerja dengan cara yang sama. Memilih salah satu objek untuk menciptakan contraint dan kemudian pilih lain untuk mencocokkan. Anda hanya dapat membatasi 2 objek pada satu waktu, tetapi anda dapat menggunakan beberapa kendala untuk membatasi beberapa objek. Jika Anda menyalin salah satu objek dibatasi, kendala tidak menyalin dengan itu.

Cobalah sekelompok Geometric Contraints sebelum pindah ke Dimensional Contraints . Perhatikan bagaimana prosedurnya hampir sama. Lihat apa yang terjadi ketika Anda menambahkan kendala baru ke obyek yang sudah memiliki kendala.

Menggunakan Keduanya

Anda akan melihat di panel geometric Contraints, ada satu untuk sama. ini dapat digunakan untuk membuat benda-benda dengan ukuran yang sama. Dalam contoh ini, menggambar lingkaran 2 ukuran yang berbeda. Buatlah satu Dimensional Contraints untuk diameter. sekarang menggunakan Setara Contraints untuk membuat yang lain sama.

Bayangkan menggunakan ini ketika anda sedang merancang bagian dengan lubang yang akan dibor. Jika bagian yang belum selesai belum, ukuran lubang bisa berubah. Menggunakan Setara kendala akan memungkinkan untuk mengubah satu dan membuat orang lain sama pada waktu yang sama.

Tutorial ini menunjukkan anda dasar-dasar bekerja dengan Pembatas parametrik. Adalah mudah digunakan, mudah untuk menghapus jika anda tidak membutuhkan mereka lagi, dan mereka dapat menghemat waktu. Praktek dengan mereka. Pergi beberapa latihan sebelumnya yang menggunakan pembatas.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...