Belajar 3-D Tingkat 17

                                               Dasar Lighting dan Rendering di Auto Cad

Jika anda telah berhasil dan mahir sampai dalam tahap ini , anda seharusnya sudah bisa menggambar model tampak yang layak dengan Auto Cad . Selanjutnya pada halaman ini anda akan belajar mengenai rendering yang lebih baik . Sekali lagi lihat gambar yang telah anda simpan pada Belajar 3-D Tingkat 16 maka anda akan melihat background awan , serta bayangan dan telihat begitu nyata .

Di sini anda harus bisa membuat model , pandangan perspektif , penambahan materials , mapping , kemudian melihat hasil pada viewport . Langkah selanjutnya adalah Lighting dan Rendering yang lebih baik .


Pembahasan kali ini akan menggunakan rumah sederhana sebagai contoh . Jika anda tidak mempunyai nya , anda bisa mendownload file dan juga tekstur yang akan di gunakan . ]

File : File name 
Building drawing File / File Gambar : Building / Bangunan .dwg.
Roof Materials / Bahan Atap : Grey Roof Slate / Genteng Abu - Abu .jpg
Grass Materials / Bahan Rumput : Grass / Rumput.jpg
Wall Materials / Bahan Dinding : Stucco White / Plaster , Aci putih.jpg
Door Material / Bahan Pintu : Door / Pintu.jpg
Sky Background : Sky.jpg

Di bawah merupakan gambar yang telah di atur dengan gaya visual untuk lebih realistik dengan penambahan bahan material namun tanpa mapping .


Jika anda perhatikan hasil render pertama di atas masih sangat kasar . Sekarang anda akan melakukan mapping agar gambar di atas menjadi lebih realistis .


Gambar di atas menjadi lebih baik , namun belum sempurna . Sekarang anda akan menambahkan background pada objek tersebut . Terlebih dulu anda harus melakukan tampilan baru , Atur  pandangan perspektif  yang mirip dengan gambar di atas ( ingat Belajar 3-D Tingkat 4 ) dan beri nama menggunkan perintah View .

Masuk pada pengaturan perspektif view dengan klik View , pada pengaturan umum anda akan melihat background , pilih background tersebut dan satu image . Hal ini mengesampingkan pengaturan backgroud lain yang digunakan dalam tampilan lain .


Cari sky.jpg dan pilih pada dialog berikutnya, kemudian pilih "Adjust Image" .



Ini akan memberi anda dialog berikutnya yang memungkinkan untuk skala gambar pada background . Hal ini mirip dengan pengaturan desktop pada latar belakang Windows anda. Pilih stretch dalam contoh ini.


Tekan OK dan Apply dan OK untuk kembali ke layar gambar. Jika semuanya berjalan lancar, maka harus terlihat seperti ini:



Terlihat lebih baik , namun itu bukan bckground yang terbaik tapi setidaknya anda telah mengetahui konsepnya . Jadi sekarang anda memiliki model, materials , mapping dan background . Yang tersisa adalah beberapa cahaya / Lighting dan bayangan / Shadow . Ada tiga jenis Lighting di Auto Cad: Point, Spotlight dan Distance . Kami akan menunjukkan bagaimana masing-masing dibuat dan disesuaikan .

Salah satu bentuk Distance adalah sinar matahari .Untuk melakukannya, ketik Sun Properties atau (menu: Render> Sun dan location). Ini akan memberi anda palet ini:

Palet di atas memungkinkan anda untuk mengontrol Matahari , kedengarannya seperti orang yang sangat kuat . Pertama, anda harus mengaktifkan Matahari . Kemudian pilih waktu dan hari kadang-kadang anda suka (di siang hari). Selanjutnya , pilih pada "Launch Geografis Location" yang  ditampilkan di kiri. Ini akan membuka dialog yang akan memungkinkan anda untuk memilih kota terdekat anda atau koordinat anda yang tepat .

Ketika anda mengaturnya, Anda akan melihat hasilnya dalam area gambar anda. Jika tampak terlalu terang, Anda juga dapat menyesuaikan intensitas Matahari . Coba pengaturan yang berbeda sampai anda mendapatkan tampilan yang anda sukai .

Untuk melakukan rendering , ketik Render. anda harus mendapatkan sesuatu seperti ini:


Sekarang anda telah melihat cara kerjanya, anda dapat mencoba pengaturan yang berbeda. Sebelumnya pada hari itu harus menghasilkan bayangan lebih lama dari pada tengah hari.

Anda juga dapat mengontrol matahari dari perintah Ribbon .


Tombol kiri untuk Sun Status akan mengatur matahari On atau Off (Lihat pada gambar di atas). Ini adalah cara cepat untuk bekerja dengan matahari. Anda juga dapat mengetikkan SUNSTATUS dan memberikan variabel 1 (On) atau Nol (off).

Spotlight

Jenis berikutnya untuk menambahkan cahaya adalah spotlight. Kami akan menambahkan lampu keamanan di atas pintu untuk malam hari. Pertama, anda ingin mengubah background dari gambar langit untuk malam hari. Alih-alih menggunakan gambar lain, pilih opsi gradien dalam View Manager> Option Background. Cobalah untuk mendapatkan gradien hitam ke biru gelap.






Jika anda melakukan render sekarang, Anda akan mendapatkan Background senja yang bagus dan pencahayaan generik.


Untuk sesuatu yang sedikit lebih dramatis, saatnya untuk menambahkan lampu sorot. Hal ini akan ditempatkan di bawah puncak atap dan titik lurus ke bawah.

Carilah Tool Panel Lights pada Render Ribbon:

Ini cukup mudah - cukup klik pada tombol dan anda akan memiliki pilihan di mana anda ingin cahaya anda dan mana arah yang anda inginkan. Dalam contoh ini, pilih titik akhir (Osnaps) di bawah puncak atap dan menunjuk lurus ke bawah ke tanah (orto).


Setelah cahaya anda ditempatkan, tekan <enter>. Sekarang pilih cahaya dan anda akan melihat penyebaran default dari balok yang cahaya yang akan dilemparkan. (Anda mungkin ingin beralih ke tampilan SW ISO anda terlebih dahulu).

Memancar dari cahaya adalah dua kerucut. Yang luar adalah untuk falloff, yang dalam adalah untuk hot spot. Pikirkan tentang bagaimana senter bekerja. Anda memiliki balok intens di tengah, kemudian menghilang ke samping. Dengan mengklik pada bagian bawah kerucut, Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan mudah.



Membuat beberapa penyesuaian dan kemudian lakukan rendering . Hasilnya akan cukup keren...



Point Light

Pilihan lain cahaya adalah Point Light . Pikirkan ini bola lampu yang anda memiliki di lampu baca. Point Light  memancarkan cahaya ke segala arah secara merata (tidak seperti sorotan directional). Dalam contoh ini, kita akan menambahkan cahaya titik di dalam gedung dan membiarkan cahaya yang bersinar keluar jendela.

Dari alat panel cahaya yang sama yang anda gunakan untuk menempatkan sorotan, pilih Point Light dan tempatkan di dalam bangunan di ruang yang lebih besar. Periksa dari tampilan lain untuk memastikan bahwa anda meletakkannya dengan benar. Anda mungkin menemukan bahwa anda perlu untuk memindahkannya. Setelah anda menemukan tempatnya , lakukan rendering .

Anda mungkin akan menemukan bahwa cahaya tidak terlalu terang. Bahkan perlu lebih cerah untuk menunjukkan melalui jendela. Klik pada Point Light Glyph dan tekan CTRL + 1 untuk membuka pallete properties .


Pada gambar di atas, Anda dapat melihat kami telah mengubah faktor Intensitas untuk 6 , ini seharusnya membuat cahaya cukup terang untuk dilihat. Ubah pengaturan ini dalam gambar anda dan coba membuat yang lain.

Di bawah ini adalah apa yang telah kami rubah sedikit pandangan (dengan 3DO) untuk menampilkan bayangan di tanah di mana cahaya dari jendela yang keluar .


Sekarang anda memiliki melihat gambar yang lebih layak, Anda dapat mencoba beberapa pengaturan lainnya. coba meningkatkan atau menurunkan intensitas faktor Spotlight. Coba tambahkan cahaya di dalam titik lain . Lepaskan pintu interior untuk mendapatkan cahaya ke dalam ruangan kecil. Coba tambahkan lampu jalan untuk menerangi bagian luar bangunan sedikit. Tambahkan lampu Jarak ke samping dan mencoba intensitas yang berbeda. Kami tidak menunjukkan cara untuk menambahkan cahaya Jarak, tapi kami percaya bahwa anda bisa sekarang (lampu jarak adalah yang paling mudah).

Untuk melihat berapa banyak lampu yang ada dalam gambar anda dan mengaksesnya dengan cepat untuk mengubah pengaturan, klik di sudut kanan bawah Lights tool panel.

Gambar lampu untuk Safety Light dan tempatkan spot light di mana bola harus di tepatkan . Tambahkan beberapa panel jendela untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih dramatis . Yang paling penting dengan pencahayaan adalah untuk bereksperimen. Coba lokasi yang berbeda dan pengaturan. Sekarang anda tahu dasar-dasar, itu tergantung anda untuk mengeksplorasi .

Render Setting

Sekarang ketika anda membuat gambar akhir, ada banyak pilihan yang tersedia untuk anda. Sebagian besar tergantung pada penggunaan akhir dari rendering. Untuk menyesuaikan pengaturan ini, ketik RPREF (Render> Lanjutan Render Settings ...) untuk mendapatkan palet ini penuh pilihan .


Untuk mendapatkan kualitas yang baik render seperti di atas, atur pengaturan atas untuk presentasi. Ini akan mengatur default ke pengaturan terbaik. Pastikan bahwa anda memiliki materials dan shadow . Render ke jendela dan pilih ukuran yang anda inginkan. Setelah anda memiliki pengaturan yang anda inginkan, Render lagi dan melihat hasil anda. Jika anda menyukai apa yang anda lakukan, Anda dapat menyimpan file gambar dari render window .


Itulah dasar-dasar rendering, praktek dengan pengaturan yang berbeda dan bahkan percobaan dengan cahaya.

Sekali lagi, Anda telah belajar beberapa alat mudah yang akan memungkinkan untuk menghasilkan render yang baik dari sebuah objek. Tentu saja ada banyak variasi dan banyak detail pada saat presentasi perusahaan yang lebih besar, tetapi hanya membutuhkan waktu, praktek dan pengalaman.

Untuk prakteknya, banyak orang akan mengukur rumah mereka dan model itu dan kemudian membuat itu. Ini adalah latihan yang bagus. Juga, di sini Rumah Idamanku adalah blog yang baik yang menyediakan beberapa latihan 3D yang lebih maju.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...