Belajar 3-D Tingkat 10

                                                                Satu Bentuk Sederhana

Kali ini kita akan membahas tentang Box | Sphere | Cylinder | Cone | Wedge | Torus | Pyramid | Polysolid . Mulai sekarang anda akan beralih ke ruang kerja permodelan 3-D , Lihat ikon pada kanan bawah layar Auto Cad anda :


Apa yang di maksud dengan bentuk sederhana adalah ' blok bangunan ' yang dapat anda gunakan untuk bekerja pada 3-D . Di samping extruded dan revolved Auto Cad memiliki beberapa bentuk dasar perintah 3-D yang dapat anda gunakan . Dari sebuah bentuk yang sederhana anda dapat membangun model 3-D anda . Dalam banyak kasus, Anda mendapatkan hasil yang sama dari menggambar lingkaran dan persegi panjang dan kemudian ekstrusi mereka, tetapi melakukannya satu perintah umumnya lebih cepat. Menggunakan ini dengan operasi Boolean dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menarik dalam 3D. Ada delapan bentuk sederhana yang berbeda yang dapat anda pilih dari dan berada di Home> Modeling Tool Panel ( ketika di ruang kerja 3D ).

Bentuk                 : Kotak
Perintah               : Box
Icon                     : 
Keterangan          : Membuat sebuah kotak padat setelah anda memberikan 2 sudut dan ketinggian yang berlawanan .


Bentuk                  :  Bola
Perintah                :  Sphere / SPH
Icon                      :
Keterangan           :  Menciptakan sebuah bola dengan titik pusat dan jari - jari .


Bentuk                  :  Silinder / Tabung
Perintah                :  Cylinder / CYL
Icon                      : 
Keterangan           :  Membuat silinder yang tinggi dengan titik pusat dan jari - jari .


Bentuk                  :  Kerucut
Perintah                :  Cone
Icon                      : 
Keterangan           :  Membuat sebuah kerucut yang runcing .


Bentuk                 :  Segi Tiga
Perintah               :  Wedge / WED
Icon                     : 
Keterangan          :  Membuat irisan segitiga dari dua poin yang berlawanan .


Bentuk                :  Donat
Perintah              :  Torus / TOR
Icon                    :  
Keterangan         :  Membuat bentuk donat berdasarkan titik tengah dan jari - jari .


Bentuk                : Piramida
Perintah              : Pyramid / PYR
Icon                    :
Keterangan         :  Membuat bentuk piramida  .


Bentuk                :   Polysolid
Perintah              :    PSOLID
Icon                    : 
Keterangan        :   Menggambar benda padat seperti anda menarik garis dengan polyline .



Anda dapat menggunakan primitive / bentuk sederhana baik mulai membangun model, atau bahkan bisa menjadi objek sendiri. Banyak dari perintah ini mirip dengan perintah 2D, kecuali dengan tambahan koordinat di sumbu Z. Berikut adalah ringkasan dari pekerjaan dengan perintah ini .


Pikirkan sebuah kotak sebagai persegi panjang yang diekstrusi. Memiliki lebar, tinggi dan kedalaman . Hal ini dibuat dengan membentuk sudut awal dan kemudian membangun tikungan kedua dengan memberikan koordinat relatif . Lihat contoh di bawah :


Perintah : BOX 
Specify Corner of Box or ( Center ) : 2,3,4
Specify Corner or ( Cube / Length ) :  @ 5,7,10 

Perintah di atas akan membuat sebuah kotak dengan lebar sumbu X :5 , Panjang sumbu Y : 7 , Serta kedalaman pada sumbu Z ; 10 dengan salah satu sudut yang terletak di 2,3,4 .

Berikut adalah cara lain menggambar kotak yang sama :

Perintah : BOX
Specify Corner of Box or ( center ) : 2,3,4 .
Specify Corner or ( Cube / Length ) : 5,7 .
Specify Height ; 10

Dengan menggunakan metode ini, Anda membangun tikungan pertama seperti sebelumnya, tetapi hanya memasukkan X dan Y koordinat sudut yang berlawanan. AutoCAD kemudian akan meminta untuk ketinggian .



Berikut cara lain untuk menggambar kotak dengan menetapkan titik pusat kotak :

Perintah : BOX
Specify Corner of Box ( center ) : 0 , 0 , 0 : C
Center of Box : 0,0,0 : ( enter ) or ( Pilih Titik / Point ) 
Specify Corner or ( Cube / Length ) : @ 2,3,4 . 

Cara di atas akan membuat sebuah kotak 4 x 6 x 8 pada titik pusat 0,0,0 . Cara lain untuk membuat kotak adalah :

Perintah : BOX 
Specify Corner of Box or ( center ) 0,0,0 : Pilih Point .
Specify Corner or ( Cube / Length ) : C
Length : 4

Hala ini menarik sebuah kubus dengan semua pihak sama dengan 4 unit berbasis off pada titik di ambil . Cara terakhir menggambar kubus memungkinkan anda untuk memasukkan Panjang, Lebar dan Tinggi sebagai jarak yang terpisah, dan tidak didasarkan pada titik koordinat .

Perintah : BOX
Center / Corner of Box :0,0,0 ; Cube , Length , Other Corner : L 
Length :  5 pada sumbu X
Width :  4 pada sumbu Y
Height :  6 pada sumbu Y

Tentu saja anda juga dapat menggambar kotak dengan memilih dua sudut yang berlawanan dengan mouse anda. Hal ini berguna untuk mengisi di daerah dan bisa sangat cepat. Pastikan untuk menggunakan Osnaps Anda .

SPHERE



Sphere adalah satu bentuk yang menyerupai sebuah lingkup ( bola- bola ) . Hal ini sangat mirip dengan menggambar lingkaran , namun anda memiliki radius untuk hal tersebut . Berikut dua metode untuk menggambar sphere

Perintah : Sphere
Specify Center Point or ( 3p / 2p / Ttr ) : <Pick Point>
Specify Radius or (Diameter ) <2.3756> : 6 (enter )

Perintah : Sphere
Specify Center Point or ( 3p / 2p / Ttr ) : <Pick Point>
Specify Raduis of Sphere or ( Diameter ) : D
Specify Diameter : 12

Kedua metode di atas akan memberikan hasil yang sama . Anda juga memiliki pilihan untuk memilih 3 poin , 2 poin , atau menggunakan garis singgung dan radius ( Ttr ) . 

CYLINDER


Cylinder terlihat seperti sebuah lingkaran yang di ektrusi . Untuk membuatnya sangat mirip dengan menciptakan lingkaran , namun ada perbedaan yang terlihat adanya kedalaman . Kedua contoh berikut akan membuat silinder yang sama .

Perintah : Cylinder 
Current Wire Frame Density : Isoline  = 4
Specify Center Point for base or cylinder or ( Elliptical )  <0,0,0> : Pick Point 
Diameter / <Radius > : 2.5
Center of other end / < Height > : 1.2

Perintah : Cylinder
Current Wire frame Density : Isoline = 4
Specify Center Point for base or cylinder or ( Elliptical )  < 0,0,0 > : Pick Point
Specify Radius for Base of cylinder or ( Diameter ) : D
Diameter : 5
Specify Height of cylinder or ( center of other end ) : 1.2

CONE / KERUCUT


Menggambar Kerucut mirip dengan membuat silinder . Kecuali jika objek mengecil kebawah ( kebalikan dari gambar di atas ) .

Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>:
Specify radius for base of cone or [Diameter]: 4
Specify height of cone or [Apex]: 8


Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>:
Specify radius for base of cone or [Diameter]: D
Specify diameter for base of cone: 8
Apex / <Height>: 8


Cara lain untuk menggambar sebuah kerucut adalah memasukkan di titik pusat, jari-jari (atau diameter) dan kemudian membangun di mana anda ingin puncak (titik kerucut) . Anda dapat mengetik di titik koordinat atau memilih titik dengan kursor anda .


Perintah : Cone
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center point for base of cone or [Elliptical] <0,0,0>: <PICK>
Specify radius for base of cone or [Diameter]: 5
Specify height of cone or [Apex]: A
Specify apex point: @ 5,5,6


WEDGE / BAJI


Salah satu bentuk sederhana yang cukup rumit adalah wedge ( Baji / Irisan ) .Anda harus berhati - hati dalam mengkoordinasi , Anda bisa menempatkan wedge pada tempat yang anda inginkan , jika tidak sesuai , anda bisa memutar untuk merubah objek tersebut .

Perintah : Wedge
Specify first corner of wedge or [Center] <0,0,0>: <PICK>
Specify corner or [Cube / Length]: @ 5,2,4


TORUS / Bentuk DONAT 


Torus.. Satu bentuk yang menyerupai donat atau ban dalam . Ketika menggambarnya anda harus memasukan titk pusat , radius ke titik pusat tabung dan jari - jari tabung tersebut .

Perintah : Torus
Current wire frame density: isolines = 4
Specify center of torus <0,0,0>:
Specify radius of torus or [Diameter]: 3
Specify radius of tube or [Diameter] :. 25


Diagram di atas menunjukan diameter yang di hasilkan dari masukan di atas . Tanda pusat merupakan tanda yang di ambil dari pusat torus .

PYRAMID


Perintah : PYR ( Piramida 5 sisi )
Specify center point of base or [Edge / Sides]:
Specify base radius or [circumscribed] <4.5655>: C
Specify base radius or [Inscribed] <4.5655>: I
Specify base radius or [circumscribed] <4.5655>: 4
Specify height or [2Point / Axis endpoint / Top radius] <10.0108>: 9


Pada contoh di atas , anda menunjukan bagaimana beralih antara incribed atau circumcribed sebagai pilihan perubahan yang tergantung pada perubahan yang di pilih . Cobalah membuat contoh piramida dengan menggunakan berbagai metode .

POLYSOLID



Ini adalah satu perintah dalam Auto Cad yang di rilis pada tahun 2007 . Polysolid yang akan memungkinkan anda untuk menggambar benda padat dengan mendefinisikan tinggi dan lebar. Anda mungkin berpikir perintah ini ditujukan untuk para arsitek, yang akan menikmati kemampuan untuk dengan cepat menarik dinding solid .

Perintah:PSOLID/POLYSOLID Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: H
Specify height <96.0000>: 96
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: W
Specify width <6.0000>: 6
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: J
Enter justification [Left / Center / Right] <center>: L
Specify start point or [Object / Height / Width / Justify] <Object>: <Pick 1st point>


REVIEW

Seperti disebutkan dalam pelajaran sebelumnya, Solid biasanya cara untuk pergi dengan 3D CAD. Tergantung pada bidang sesuai dengan pilihan anda, Anda dapat menggunakan 3D Meshes di Drafting Sipil, Isometric di HVAC, padatan dalam mekanik, dll
Kami sarankan membiasakan diri dengan solids jika anda melakukan apapun drafting mekanis atau penyusunan arsitektur jika anda menggunakan perangkat lunak basis AutoCAD. Bila menggunakan solids , Anda biasanya akan mengambil bentuk dan mengusir itu - kemudian menggunakan perintah boolean dan lain-lain untuk mengeditnya. Berikut ini adalah bangunan dasar yang dengan cepat ditarik menggunakan berbagai padatan primitif.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...