Belajar 3-D Tingkat 12

                                                          Mengubah Dari WCS ke UCS

Saat bekerja pada 3-D , kadang - kadang anda perlu mengubah sesuatu yang anda gambar . Misal anda perlu menambahkan detail pada satu sisi dinding . Hal ini akan seperti mengambil kertas di lantai ( WCS ) kemudian merekatkan pada dinding ( UCS ) .

WCS adalah World Co-ordinate System , Ini adalah cara bahwa sumbu standar X , Y dan Z diarahkan ketika anda memulai gambar baru (X ke kanan, Y mengarah ke atas dan Z menunjuk ke arah anda). Sedangkan UCS adalah User Co-ordinate System . Ini adalah 'pengalihan' dari WCS berdasarkan parameter yang ditetapkan oleh pengguna AutoCad .

Ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut , di sini anda akan mencoba hal tersbut :


Gambar di atas merupakan contoh dari bentuk WCS dengan salah satu sudut terletak pada titik 0,0,0 . Sedangkan pada gambar di bawah merupakan contoh dari bentuk UCS baru berdasarkan sisi objek , Sehingga memungkinkan anda untuk menggambar pada sisi bangunan . Perhatikan arah sumbu X , Y , Z sekarang . 


Perhatikan bahwa sumbu X positif sekarang menunjuk pada sepanjang sisi struktur . Berikut adalah bagaimana hal tersebut dapat berubah . Anda pertama memilih opsi 3 poin dengan mengetik 3 pada prompt. Selanjutnya anda harus memilih tiga poin untuk menentukan objek. Titik pertama adalah asal baru. Titik kedua adalah di mana anda ingin sumbu X positif untuk diposisikan. Titik terakhir adalah untuk sumbu Y positif . 

Perintah : UCS
Current ucs name: * NO NAME *
Enter an option [New / Move / orthoGraphic / Prev / Restore / Save / Del / Apply /? / World]
<World>: 3
Specify new origin point <0,0,0>: <P1>
Specify point on positive portion of X-axis <1.0000,7.0000,0.0000>: <P2>
Specify point on positive-Y portion of the UCS XY plane
<1.0000,7.0000,0.0000>: <P3>



Itu adalah 3 poin pilihat pada perintah UCS dan salah satu hal yang paling berguna . Karena anda mengontrol dengan tepat di mana bidang gambar baru anda akan di tempatkan . Anda juga harus berhati - hati ketika memilih 3 poin atau bidang anda akan bergeser serta mangakibatkan masalah baru . Kami merekomendasikan untuk menggunakan metode tersebut untuk sebagian pekerjaan menggunakan perintah UCS . Setidaknya anda akan cukup nyaman dengan metode tersebut sebelum beralih pada metode yang lain .   

Catatan : Segera tekan enter untuk memasukan perintah UCS dan kembali ke WCS secara default .

Berikut adalah pilihan lain dari perintah UCS :

Origin :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: O
Origin point <0,0,0>: <Pick a Point>


Pilihan tersebut akan memindahkan UCS berdasarkan titik asal yang baru di pilih . Hal tersebut tidak akan menggeser bidang gambar anda sama sekali karena anda hanya memilih satu titik .

Sumbu Z : 

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: ZA
Origin point <0,0,0>: <Pick a Point>
Point on positive portion of Z-axis <-8.0000,0.0000,1.0000>: <Pick a Point>


Pilihan ini memungkinkan anda untuk memilih dua poin. Pertama anda memilih asal baru, maka anda memilih titik untuk sumbu Z positif . Pastikan anda mengetik ZA untuk memilih opsi ini .

Object :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: OB
Select object to align UCS: <Select An Object>


Dengan menggunakan metode ini , anda harus memilih pada objek 2-D yang terletak pada bidang gambar tertentu . Ini akan sulit karena anda harus menyadari bagaimana sumbu X dan Y positif akan berakhir .

View :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: V


Dengan memilih opsi view , Auto Cad akan secara otomatis me-reset UCS agar sesuai dengan tampilan anda saat ini . Namun akan tetap menampilkan bentuk aslinya pada letak sebelumnya .

X / Y / Z : 

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: X
Rotation about the X axis angle <0>: -90


Dengan memilih opsi X , Y atau Z , anda harus terlebih dulu memilih titik pada sepanjang sumbu yang anda pilih kemudian memberikan sudut rotasi berdasarkan aturan yang telah di sebutkan sebelumnya . Contoh di atas menunjukan pada anda bagaimana memutar UCS 90 derajat sekitar sumbu X positif .

Previous :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: P


Opsi di atas akan mengembalikan anda ke pengaturan terakhir yang anda miliki pada UCS . Anda akan banyak menggunakan nya pada 3-D . Anda mungkin perlu mengubah UCS anda untuk menarik satu objek kemudian kembali pada apa yang anda punya yang telah di tetapkan sebelumnya .

Restore / Save / Del 

Pilihan berikutnya di gunakan dalam hubunganya satu sama lain . Anda akan memiliki banyak pilihan untuk menyimpan UCS dengan nama tertentu . Anda juga bisa mengembalikan kembali dengan nama UCS atau bahkan menghapusnya jika tidak ingin menggunakan lagi . Berikut contoh dari opsi tersebut :

Command: UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: S
? / Desired UCS name: view1
Command: UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: R
? / Name of UCS to restore: view1
Command: UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World> :?
UCS name (s) to list <*>:
Current UCS: view1
Saved coordinate systems:
view1
Origin = <0.0000,0.0000,0.0000>, X Axis = <1.0000,0.0000,0.0000>
Y Axis = <0.0000,1.0000,0.0000>, Z Axis = <0.0000,0.0000,1.0000>
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: D
UCS name (s) to delete <none>: view1
Deleted 1 UCS name.


Di atas adalah tampilan dengan nama View 1 telah di Save / simpan , restore / pulihkan , listed / terdaftar , dan kemudian delete / di hapus .

Dynamic UCS

Pilihan lain untuk mencoba adalah dengan dynamic UCS , namun ini kurang cocok bagi pengguna baru . Lihat ke bawah pada status bar , anda memiliki ikon yang akan mengatur aktif atau non aktif .

Dengan dynamic UCS di aktifkan , anda dapat dengan mudah menarik sesuatu pada permukaan yang anda inginkan . Jika anda memiliki dasar bangunan di bagian atas halaman , Anda dapat menggambar persegi panjang atau kotak di atap tanpa menetapkan UCS baru. Kuncinya adalah untuk melihat dan melihat wajah mana yang disorot saat anda memindahkan kursor di layar.

Dalam gambar di bawah, Anda dapat melihat bagaimana ini bekerja. Sisi kiri menunjukkan wajah 'atap' disorot dan kursor telah berubah untuk mencerminkan UCS baru. Kanan menunjukkan bagaimana ini terlihat ketika muka sisi kanan aktif. Tidak perubahan kursor berwarna sedangkan UCS Icon tetap sama



Sedikit Tambahan Tentang UCS
  • Hati-hati ketika memilih UCS. Lihatlah ke ikon UCS dan melihat bahwa itu sesuai dengan cara yang anda inginkan. Mencari garis vertikal harus sejajar sepanjang bidang vertikal. Sebagian besar waktu kami akan menggunakan 3 Titik opsi UCS dan kemudian Sebelumnya untuk kembali dan kemudian kembali ke pilihan 3 titik yang berbeda dan sebagainya. 3 Titik memberi kami banyak fleksibilitas tanpa harus berpikir tentang hal ini terlalu banyak (dan berkonsentrasi pada bagaimana ksmi akan menggambar proyek .                                        
  • Selalu menyadari di mana UCS anda berada. Pastikan bahwa X positif adalah di mana Anda berharap untuk menjadi.

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...