Tips Membangun Rumah Pada Tanah Miring

  
mendirikan rumah pada tanah miring

   Membangun Rumah Pada Bidang Tanah Yang Miring.Indonesia merupakan salah satu wilayah yang mempunyai daerah pegunungan atau perbukitan,bahkan di area perkotaan besar seperti bogor,depok,bandung,dan masih banyak lagi.Dan yang tidak bisa di hindari bagi warga yang tinggal di daerah pegunungan atau perbukitan tersebut adalah keadaan tanah yang cenderung mempunyai bidang yang miring.

   Pada permukaan bidang yang miring tersebut apabila anda ingin mendirikan sebuah bangunan ataupun rumah idaman bagi anda sekeluarga,anda tidak perlu khawatir dengan bentuk tanah anda.Bahkan dengan permukaan tanah yang miring anda mendapatkan beberapa keuntungan antara lain:

1.Rumah akan terlihat unik.

   Rumah yang berada di lokasi tanah yang miring akan terlihat unik karena pasti berbeda dengan model rumah datar. Bahkan terkesan seperti bangunan vila.

2.Mampu meningkatkan citra pemilik rumah.

   Rumah yang berdiri di atas lahan miring bisa dipastikan dibangun oleh orang yang memiliki jiwa muda dan ide yang lebih cemerlang, karena dituntut harus mampu memanfaatkan bidang-bidang yang terbatas agar berfungsi maksimal.

3.Nilai investasi tinggi.

   Jika rumah sudah jadi dan memiliki unsur seni dan bagus, pasti nilai investasinya tak kalah dengan rumah datar. Rumah di atas tanah miring jelas akan menciptakan struktur ruangan yang tidak biasa, artinya pasti terdapat model tangga, ruangan, garasi, taman, kusen yang berbeda dibanding rumah biasa.

 Dan masih banyak lagi keuntungan yang anda dapatkan dengan memiliki rumah di atas lahan yang miring. 

Yang harus anda perhatikan dalam mendirikan rumah di atas bidang yang miring adalah:

1.Kondisi tanah yang labil.

  Tanah miring cenderung kurang stabil dibandingkan tanah datar. Bila tidak paham dengan pengerjaan tanah miring, tanah jenis ini akan rawan longsor. Untuk itu, Anda harus membuat sistem drainase yang baik. Selain itu, perkuat tanah dengan menanam bambu, pohon mangga, atau pohon beringin.

2.Pencahayaan.

   Masalah penting lainnya adalah aspek penerangan, pencahayaan, dan sirkulasi udara. Diharapkan, semua ruangan yang ada baik indoor maupun outdoor. memiliki pencahayaan yang cukup pada siang hari. Lampu-lampu selain untuk penerangan, juga dimanfaatkan sebagai hiasan yang menarik dan bahkan memberi kesan elegan. 

 Selamat berkreasi di atas tanah miring untuk menciptakan rumah idaman anda.
 

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...