Furniture Kayu Jati

furniture kayu jati          
            
Kayu jati merupakan salah satu kayu terbaik yang pernah ada,itu dikarenakan kayu jati sangat keras dan tahan terhadap cuaca , dengan syarat kayu jati tersebut benar-benar sudah berumur dan kering . Banyak sekali furniture yang terbuat dari kayu jati , mulai dari kursi , tempat tidur , meja makan dan lain sebagainya...

Kayu jati memang tergolong kayu yang mahal harganya , akan tetapi bagi para pecinta kayu jati mereka tidak mempermasalahkan soal harga karena nilai kepuasan yang mereka dapatkan . Furniture yang terbuat dari bahan kayu jati sampai saat ini masih unggul di bandingkan jenis kayu yang lainnya . Apalagi jika anda menggunakan kayu jati yang telah lulus seleksi sebagai furniture dalam hunian anda , sudah pasti kualitas yang anda dapatkan lebih terjamin . 

Namun karena harganya yang relatif tinggi dan nilai estetika yang tinggi menjadikan kayu jati banyak di palsukan . Hal ini dalam artian menciptakan tampilan kayu yang bukan jati di ubah menjadi seperti kayu jati . Untuk itu anda harus berhati - hati dalam memilih jenis kayu jati yang berkualitas , jangan sampai anda menjadi korban oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memberikan produk kayu jati imitasi kepada anda . 

Untuk lebih memudahkan bagi anda , berikut kami berikan uraian ciri - ciri fisik pada kayu jati dengan kualitas yang baik ; 
  • Usia Kayu ; Kayu jati dengan usia yang benar - benar tua akan  menjadikan kayu memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat bagus . Untuk mengetahui usia kayu jati , anda bisa lakukan dengan cara melihat lingkatan urat kayu yang masih gelondongan . Satu lingkaran urat kayu jati sama dengan 10 tahun . Namun sayang semakin tua umur kayu jati , maka urat tersebut semakin tidak nampak . 
  •  Warna Kayu ; Seperti telah di jelaskan di atas bahwa kayu jati yang baik adalah yang berumur tua . Begitu juga halnya dengan warna kayu jati , Semakin tua kayu jati maka akan semakin hitam warnanya . Di sini anda berhati - hati jangan sampai tertipu dengan warna hitam yang menggunakan bahan pewarna . Namun warna hitam tersebut lebih cenderung cerah dan bukan hitam legam .  
  • Serat Kayu ; Ingat bahwa semakin tua kayu jati , selain semakin hitam warnanya , juga akan menjadikan serat kayu tersebut nyaris hilang . Jadi pilihlah kayu jati dengan serat yang samar atau bahkan tanpa serat . 
  • Mata Kayu ; Kayu jati yang baik adalah yang tidak ada tanda mata melingkae pada kayu . Karena dengan adanya tanda tersebut , berarti kayu belum cukup umur yang menjadikannya kurang baik . 
Itulah ciri -ciri fisik yang dapat anda teliti sebelum anda memutuskan untuk membeli furniture dari bahan kayu jati . Untuk itu lakukan pendekatan dengan industri mebel yang anda percaya .  

Jika anda telah memiliki furniture dari bahan jati , lalu bagaiman anda hrus melakukan perawatan terhadap jenis kayu yang tergolong mahal tersebut ? Ikuti beberapa tips di bawah ;

- Bakar 5 biji kemiri hingga keluar minyaknya , setelah itu bungkus kemiri dengan kain kasa dan hancurkan dengan cara di tumbuk . Gosoklah furniture anda dengan menggunakan kemiri yang telah anda bungkus tersebut , lalu lihat hasilnya .  
 
- Untuk membersihkan furniture dari kayu jati anda dari bekas telapak tangan yang kotor , gunakan tepung sagu atau tepung kanji . Caranya taburkan tepung tersebut ke seluruh bagian furniture , kemudian bersihkan hingga mengkilap .

- Bekas air teh yang telah basi juga bisa anda gunakan untuk membersihkan furniture anda yang kotor.

- Larutan Air Cuka ; Basahi spon atau lap anda dengan menggunakan larutan tersebut lalu oleskan pada furniture yang terkena noda .

- Untuk noda yang sedikit membandel anda bisa menggunakan pasta gigi atau washing soda yang bisa anda dapatkan di toko - toko kimia . Oleskan bahan tersebut lalu bersihkan dengan kain lap yang bersih .

- Jika furniture anda terkena noda yang meninggalkan bekas putih , anda bisa menggunakan minyak goreng untuk membersihkannya .

- Bagaimana jika furniture anda terkena lelehan lilin ? tentu akan membuat furniture anda kurang indah . Namun jangan khawatir , untuk mengatasinya anda bisa menggunakan hair dryer yang sudah dalam keadaan panas lalu arahkan ke tempat lelehan lilin tersebut . Jangan lupa langsung membersihkan lilin yang telah meleleh kembali tersebut .

Setelah anda mengetahui ciri dan cara merawat kayu jati yang baik . Selanjutnya adalah seperti apakah keindahan yang di hasilkan bahan jati tersebut untuk furniture sebuah rumah ? Berikut beberapa xontoh yang menarik ; 

furniture kayu jati


furniture kayu jati


furniture kayu jati


furniture kayu jati


Cantik-cantik bukan ? semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda , untuk mewujudkannya anda bisa ke mebel furniture langganan anda agar furniture berbahan kayu jati dapat menjadi isi dari rumah idaman anda .

No comments:

Post a Comment

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berkomentar yang sopan dan jangan melakukan spam.Hargailah karya orang lain dengan tidak melakukan copas . Terima Kasih...